Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini akan membekali mahasiswa dalam memahami secara meluas dan mendalam tentang hakikat ilmu pendidikan di tingkat anak usia dini berdasarkan ruang lingkup sistem pendidikan. Mahasiswa diharapkan kompeten dalam menguasai: (1) wawasan tentang filosofi ilmu pendidikan anak usia dini, (2) konsep, model, prinsip dan prosedur pendidikan anak usia dini, (3) filosofis dan teoritis mengenai pendidikan anak usia dini pada aspek ontologi, epistemologi dan aksiologi pendidikan dasar dalam lingkup belajar-mengajar mikro dan makro dalam aneka pandangan filsafat pendidikan, serta (4) mampu mengidentifikasi permasalahan pendidikan anak usia dini dalam konteks analitik praksis pendidikan anak usia dini, dan (5) mampu mengidentifikasi sistem filsafat pendidikan Indonesia dari pemikiran tokoh-tokoh yang berpengaruh terhadap pendidikan di Indonesia seperti Ki Hadjar Dewantara, KH Hasyim Asyari, Ahmad Dahlan, Kartini, dll. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student centered learning yang dilaksanakan dalam bentuk kajian teori/konsep, penelitian dan seminar, analisis artikel jurnal mutakhir, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah.
CPMK
- Menganalisis konsep dasar filsafat ilmu dan implikasinya terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dengan pemikiran logis dan kritis.
- Mengembangkan argumen sistematis dan kreatif dalam mengevaluasi perdebatan filosofis utama yang relevan dengan bidang keahliannya.
- Menerapkan prinsip-prinsip filsafat ilmu dalam merancang penelitian yang memenuhi standar kompetensi kerja dan relevan dengan bidang keahliannya
- Menyusun dan mengkomunikasikan refleksi filosofis mengenai isu-isu keilmuan secara logis dan sistematis, sesuai dengan standar akademik yang berlaku.
- Menerapkan pendekatan kolaboratif dalam kajian-kajian filsafat ilmu, baik dalam lingkungan akademik maupun profesional.
- Mengintegrasikan pemahaman filsafat ilmu dengan praktik kolaborasi multidisipliner untuk memecahkan masalah kompleks di bidang keilmuan.