•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pengembangan Pembelajaran Sains Anak Usia Dini

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Sains merupakan bidang yang dijadikan wahana untuk mengembangkan aspek perkembangan kognitif dan berbagai aspek perkembangan lainnya yang terkait dan kegiatan yang hidup dan berada dalam kehidupan sehari-hari. Sains dapat dipandang sebagai materi isi kegiatan pembelajaran pada lembaga pendidikan anak usia dini. Mata kuliah ini memberikan sejumlah kompetensi yang berkaitan dengan kemampuan mahasiswa memahami, menganalisis, menggunakan dan mengembangkan konsep teoritik tentang pendidikan sains pada anak usia dini. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengelaborasi berbagai disain pembelajaran sains anak usia dini dengan menggunakan berbagai jenis serta proses bermain dalam berbagai konteks kehidupan yang nyata, bermakna dan menyenangkan. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, project based learning, Diskusi Grub, dan Simulasi.

CPMK

  • Mahasiswa mampu bertanggung jawab atas pekerjaannya selama mengikuti perkuliahan pembelajaran sains untuk anak usia dini secara jujur, mandiri, dan pantang menyerah dalam pengambilan keputusan yang tepat di bidang Pendidikan Anak Usia Dini yang beretika akademik
  • Mahasiswa mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam perkuliahan pembelajaran sains untuk anak usia dini
  • Mahasiswa menciptakan karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini
  • Mahasiswa mampu menganalisis konsep karya inovatif sesuai kebutuhan global dalam bidang anak usia dini

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Urgensi pendidikan sains
    • Date  28 Agustus 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis makna, tujuan, fungsi pendidikan sains untuk AUD
    • Date  4 September 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis prinsip umum dalam pembelajaran sains AUD
    • Date  11 September 2025

  • Pertemuan 4
    Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten penyelidikan ilmiah anak usia dini (Scientific Inquiry)
    • Date  25 September 2025

  • Pertemuan 5
    Makna, ruang lingkup, dan tujuan konten pendidikan sains dalam konten sains dan teknologi (Science and Technology)
    • Date  2 Oktober 2025

  • Pertemuan 6
    Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains mitigasi bencana
    • Date  9 Oktober 2025

  • Pertemuan 7
    Makna, ruang lingkup dan tujuan konten serta pendidikan sains dalam konten sains mitigasi bencana
    • Date  16 Oktober 2025

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester (UTS)
    • Date  23 Oktober 2025

  • Pertemuan 9
    Pembelajran sains untuk anak dini serta contohnya mencakup; sains biologi, fisika, ilmu bumi, ekologi, dsb.
    • Date  30 Oktober 2025

  • Pertemuan 10
    Pembelajran sains untuk anak dini serta contohnya mencakup; sains biologi, fisika, ilmu bumi, ekologi, dsb.
    • Date  6 November 2025

  • Pertemuan 11
    Merancang , mengaplikasikan dan mengevaluasi suatu kegiatan sains untuk anak
    • Date  13 November 2025

  • Pertemuan 12
    Membuat media pembelajaran terkait dengan rancangan pembelajaran sains yang dibuatnya
    • Date  20 November 2025

  • Pertemuan 13
    Membuat rubrik penilaian pembelajaran sains
    • Date  27 November 2025

  • Pertemuan 14
    Hasil rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD
    • Date  4 Desember 2025

  • Pertemuan 15
    Menganalisis hasil penerapan rancangan pembelajaran sains di lembaga PAUD
    • Date  11 Desember 2025

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  18 Desember 2025

Dosen

AFIFAH RAHMANINGRUM
AFIFAH RAHMANINGRUM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

NOVI ANGGRAENI
NOVI ANGGRAENI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10