Mata kuliah ini membahas tentang gangguan di tahap perkembangan anak dan remaja yang dibahas menurut DSM 5 dan DSM 5 Revisi meliputi gangguan neurokognisi, gangguan emosi-perilaku, gangguan
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Kontrak belajar Memahami Gangguan perkembangan anak dan remaja
Date 6 September 2023
Pertemuan 2
Teori Perkembangan Psikoseksual dan Psikososil
Date 13 September 2023
Pertemuan 3
Teori Perkembangan Kognitif dan Bahasa
Date 20 September 2023
Pertemuan 4
Teori Behavioral, Etologi dan Ekologi
Date 27 September 2023
Pertemuan 5
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kognitif masa embrio dan gangguan perkembangan
Date 4 Oktober 2023
Pertemuan 6
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif, dan sosial emosional pada masa bayi dan gangguan perkembangan
Date 11 Oktober 2023
Pertemuan 7
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa usia dini dan gangguan perkembangan
Date 18 Oktober 2023
Pertemuan 8
Konsep tugas dan tahapan aspek emosional & sosial AUD dan gangguan perkembangan
Date 25 Oktober 2023
Pertemuan 9
UTS
Date 1 November 2023
Pertemuan 10
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik dan emosional masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 8 November 2023
Pertemuan 11
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan kognitif dan sosial masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 15 November 2023
Pertemuan 12
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 22 November 2023
Pertemuan 13
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 29 November 2023
Pertemuan 14
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan sosial emosional masa remaja dan gangguan perkembangan
Kajian tentang teori belajar dan pembelajaran anak tunanetra dalam usia sekolah, pengembangan kurikulum SLB, evaluasi, sarana dan prasarana belajar, strategi belajar mengajar, dan lingkungan belajar
Mahasiswa dapat memahami teori-teori pengembangan kognitif, mampu merancang dan mengaplikasi kegiatan untuk menstimulasi perkembangan kognitif untuk anak usia dini serta dapat mengevaluasi kegiatan yang dirancangnya.
Matakuliah ini mengkaji tentang konsep dasar Manajemen Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), isu strategis guru, isu strategis kepala sekolah dan pengawas, isu strategis tenaga administrasi