Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Filsafat Pendidikan membahas landasan filosofis pendidikan dengan fokus pada penerapannya dalam konteks teknologi pendidikan. Isi mata kuliah mencakup kajian tentang aliran-aliran filsafat pendidikan (seperti perennialisme, esensialisme, progresivisme, rekonstruksionisme), konsep pengetahuan, nilai, dan etika dalam pendidikan, serta relevansinya dengan pengembangan dan penerapan teknologi pendidikan. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu menganalisis masalah-masalah pendidikan secara filosofis, memahami hubungan antara filsafat dengan praktik teknologi pendidikan, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis terhadap isu-isu kontemporer dalam pendidikan berbasis teknologi. Ruang lingkup pembahasan meliputi hakikat pendidikan, tujuan pendidikan, peran teknologi dalam transformasi pendidikan, serta tinjauan filosofis terhadap kebijakan dan praktik teknologi pendidikan.
CPMK
- Mahasiswa mampu mewujudkan karakter
- Mahasiswa menguasai konsep, struktur dan materi pada keilmuan teknologi pendidikan sebagai Pengembang Teknologi Pembelajaran, Analis Pendidikan dan Pelatihan, dan Guru Multimedia/Animasi/Broadcast menurut tokoh pendidikan di Indonesia dan pengembangan filsafat.
- Mahasiswa mampu memecahkan masalah pendidikan berdasarkan metode studi kasus (case method) atau pembelajaran kelompok berbasis proyek (team based project) dalam bidang teknologi Pendidikan, dengan mengedepankan literasi digital melalui keilmuan filsafat pendidikan.
- Mahasiswa mampu memanfaatkan teknologi dan informasi dalam pemecahan masalah bidang teknologi pendidikan dan Pendidikan inklusi berbasis teknologi digital dan kearifan lokal melalui keilmuan filsafat pendidikan.