Deskripsi Mata Kuliah
Kursus ini akan membahas secara mendalam: Konsep dasar pendidikan inklusif; Filsafat, prinsip dasar, dan peraturan; Keragaman PDBK (karakteristik) (Undang-Undang No. 8 tentang Disabilitas Fisik, Mental, dan Intelektual); Kebijakan implementasi pendidikan inklusif di Indonesia (peraturan, pedoman); Konsep dan implementasi pendidikan inklusif di Indonesia (yang mencakup Sistem Penerimaan Siswa, Identifikasi dan Penilaian, Adaptasi Kurikulum, Persiapan Alat Pembelajaran, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian); Manajemen pendidikan inklusif (8 prinsip pendidikan dasar); Sistem Pendukung untuk Penyediaan Pendidikan Inklusif; Aksesibilitas dan Teknologi Bantu.
Diskusi implementasi Pendidikan inklusif ditujukan untuk semua siswa di semua tingkatan, jenis, dan unit pendidikan melalui pendekatan paradigma sosial GDPK dengan mengintegrasikan nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia.
CPMK
- Menganalisis sains dan teknologi sebagai alat untuk memperoleh informasi pendidikan yang inklusif dan menyampaikannya (C4)
- Evaluasi konsep pendidikan inklusif, serta masalah prosedural dalam implementasi dan penyelesaiannya (C5)
- Evaluasi pemahaman siswa dengan kebutuhan khusus berdasarkan analisis informasi dan data penilaian untuk memberikan solusi alternatif terhadap masalah pembelajaran di sekolah (C5)
- Menciptakan tanggung jawab atas kinerja pembelajaran yang dilaksanakan (C6)