Mata kuliah ini membahas tentang gangguan di tahap perkembangan anak dan remaja yang dibahas menurut DSM 5 dan DSM 5 Revisi meliputi gangguan neurokognisi, gangguan emosi-perilaku, gangguan
CPMK
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Kontrak belajar Memahami Gangguan perkembangan anak dan remaja
Date 2 September 2025
Pertemuan 2
Teori Perkembangan Psikoseksual dan Psikososil
Date 9 September 2025
Pertemuan 3
Teori Perkembangan Kognitif dan Bahasa
Date 16 September 2025
Pertemuan 4
Teori Behavioral, Etologi dan Ekologi
Date 23 September 2025
Pertemuan 5
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kognitif masa embrio dan gangguan perkembangan
Date 30 September 2025
Pertemuan 6
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif, dan sosial emosional pada masa bayi dan gangguan perkembangan
Date 7 Oktober 2025
Pertemuan 7
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa usia dini dan gangguan perkembangan
Date 14 Oktober 2025
Pertemuan 8
Konsep tugas dan tahapan aspek emosional & sosial AUD dan gangguan perkembangan
Date 21 Oktober 2025
Pertemuan 9
UTS
Date 28 Oktober 2025
Pertemuan 10
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik dan emosional masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 4 November 2025
Pertemuan 11
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan kognitif dan sosial masa usia anak sekolah dan gangguan perkembangan
Date 11 November 2025
Pertemuan 12
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 18 November 2025
Pertemuan 13
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan fisik, kogntif masa remaja dan gangguan perkembangan
Date 25 November 2025
Pertemuan 14
Konsep, tugas dan tahapan perkembangan sosial emosional masa remaja dan gangguan perkembangan
Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, paradigma, metode-metode, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis dalam penelitian kualitatif. Mata kuliah ini juga membahas tentang bagaimana merumuskan
Mata kuliah ini mempelajari teori, konsep, dan penerapan psikologi organisasi dalam konteks sekolah sebagai organisasi pendidikan. Fokus pembelajaran meliputi aspek individu, dan organisasi dalam lingkungan
Mata kuliah ini membahas tentang gender dan permasalahannya, konstruksi gender dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, teori-teori pembentukan identitas gender, perspektif perbedaan gender, gender dan pendidikan, gender