Deskripsi Mata Kuliah
Kajian tentang model-model pembelajaran dengan arahan (direct instruction ), pemerolehan konsep ( concept attainment model ), pembelajaran bermakna ( meaningful learning ), dan diskusi ( discussion model of learning), pembelajaran berorientasi SET, serta strategi-strategi belajar ( learning strategies ). Pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajaran dalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangkan perangkat pembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajaran tertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengan kegiatan diskusi dan refleksi serta magang kognitif pada Sekolah Menengah Atas
CPMK
- Mampu menganalisis peran dan posisi mata pelajaran Sosiologi di SMA.
- Mahasiswa mampu mengkaji dinamika sosial dalam praktik pembelajaran Sosiologi di SMA.
- Mahasiswa mampu rencana rencana pembelajaran, modul pengajaran, dan materi pembelajaran inovatif yang memadukan pengetahuan sosiologi dengan pendekatan pedagogi untuk berbagai lingkungan kelas.