Mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai berbagai metode penelitian yang digunakan dalam bidang komunikasi. Mahasiswa akan mempelajari langkah-langkah dalam melakukan penelitian komunikasi, mulai dari perumusan masalah, pengumpulan data, analisis data, hingga penyusunan laporan penelitian. Mata kuliah ini juga akan membahas keterkaitan antara metode penelitian komunikasi dengan teori-teori komunikasi yang ada, sehingga mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan dalam melakukan penelitian yang berkualitas. Dengan mengikuti mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa dapat menjadi peneliti yang mampu menghasilkan kontribusi ilmiah yang bermanfaat dalam bidang komunikasi.
CPMK
Mahasiswa dapat mengidentifikasi berbagai metode penelitian dalam komunikasi serta memahami kegunaan dan konteks penggunaannya
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar dan teori yang mendukung metode penelitian komunikasi
Mahasiswa dapat merancang dan menyusun proposal penelitian komunikasi yang etis dan sesuai dengan standar akademik
Mahasiswa dapat menerapkan teknik pengumpulan data yang sesuai untuk menjawab pertanyaan penelitian
Mahasiswa dapat menganalisis data menggunakan metode yang relevan dan menginterpretasikan hasilnya dalam konteks teori komunikasi
Mahasiswa dapat mengkritisi studi penelitian yang ada dengan menggunakan prinsip-prinsip penelitian ilmiah
Mahasiswa dapat mengaplikasikan hasil penelitian untuk memberikan rekomendasi yang mendukung penelitian
Mahasiswa dapat mengingat dan menggunakan istilah-istilah kunci dalam metode penelitian komunikasi
Mahasiswa dapat menghargai pentingnya integritas akademik dan etika dalam penelitian komunikasi
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Maksud dan tujuan mata kuliah mahasiswa menyepakati kontrak belajar
Date 3 Februari 2025
Pertemuan 2
Paradigma positivistik, konstruktivist, dan kritis
Date 10 Februari 2025
Pertemuan 3
Peta teori komunikasi
Date 17 Februari 2025
Pertemuan 4
Konsep, perbedaan, contoh metode penelitian kuantitatif dan kualitatif
Date 24 Februari 2025
Pertemuan 5
Tahap penelitian komunikasi
Date 3 Maret 2025
Pertemuan 6
Model dan contoh penelitian komunikasi dengan Fenomenologi
Date 10 Maret 2025
Pertemuan 7
Model dan contoh penelitian komunikasi dengan Fenomenologi
Date 17 Maret 2025
Pertemuan 8
UTS
Date 24 Maret 2025
Pertemuan 9
Model dan contoh penelitian komunikasi dengan analisis semiotika roland barthes
Date 31 Maret 2025
Pertemuan 10
Model dan contoh penelitian komunikasi dengan analisis framing
Date 7 April 2025
Pertemuan 11
Model dan contoh penelitian komunikasi dengan analisis wacana
Date 14 April 2025
Pertemuan 12
Model dan contoh penelitian komunikasi dengan Receptions Analisis
Date 21 April 2025
Pertemuan 13
Model dan contoh penelitian komunikasi dengan Jaringan Dan Audit Komunikasi
Date 28 April 2025
Pertemuan 14
Model dan contoh penelitian komunikasi dengan sosial media analitik
Kajian tentang dimensi-dimensipolitik, pemerintahan, kekuasaan, kewenangan, legitimasi, negara, bangsa,integrasi politik, ideologi, partai politik, perwakilan kepentingan danpolitik, keputusan politik, konflik politik, perilaku politik, sistem politik(demokrasi, totaliter,
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang terkait dengan ketimpangan wilayah, baik perkotaan dan pedesaan, jawa dan luar jawa, maupun kawasan-kawasan yang memiliki dimensi komprehensif