Deskripsi Mata Kuliah
Membahas rumusan capaian pembelajaran; telaah kurikulum dan bahan ajar geografi SMA; faktor yang mempengaruhi pengembangan dan implementasi kurikulum; identifikasi wilayah sumber belajar; urgensi sumber belajar bagi masyarakat; asumsi desain instruksional; desain sistem instruksional; rasionalitas desain instruksional; prinsip sasaran proses pembelajaran
CPMK
- Mampu bertanggung jawab untuk merancang/merencanakan pembelajaran secara mandiri
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri dan bekerja sama untuk menghasilkan perangkat pembelajaran
- Mampu merencanakan pembelajaran Geografi SMA dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang berbasis IPTEKS
- Mampu menganalisis karakteristik materi (content knowledge), merencanakan, mengevaluasi/asesmen, dan menyusun tindak lanjut dalam pembelajaran Geografi yang inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis IPTEKS
- Mampu memahami prinsip sasaran proses pembelajaran. Paham pengembangan bahan ajar berbasis fenomena geosfer Paham pengembangan bahan ajar berbasis potensi dan kearifan lokal