Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pedagogik Transformatif pada jenjang S2 Program Studi Pendidikan IPS membekali mahasiswa dengan pemahaman mendalam tentang pendekatan pedagogik yang berorientasi pada perubahan sosial dan pemberdayaan. Isi perkuliahan mencakup teori-teori kritis pendidikan, pedagogi kritis, pendidikan pembebasan, serta integrasi nilai-nilai keadilan sosial, kesetaraan, dan keberlanjutan dalam praktik pembelajaran IPS. Tujuannya adalah mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi model pembelajaran transformatif yang responsif terhadap konteks sosial, budaya, dan politik. Ruang lingkup mata kuliah meliputi analisis isu-isu kontemporer dalam pendidikan IPS, pengembangan kurikulum transformatif, strategi pembelajaran partisipatif, serta refleksi kritis terhadap peran pendidikan dalam mentransformasi masyarakat.
CPMK
- Mahasiswa mampu menganalisis secara kritis teori-teori kritis pendidikan, pedagogi kritis, dan pendidikan pembebasan serta relevansinya dalam pembelajaran IPS.
- Mahasiswa mampu mengintegrasikan nilai-nilai keadilan sosial, kesetaraan, demokrasi, dan keberlanjutan ke dalam perancangan kurikulum serta praktik pembelajaran IPS yang transformatif.
- Mahasiswa mampu merancang dan menerapkan strategi pembelajaran partisipatif yang berorientasi pada pemberdayaan dan penguatan kesadaran kritis peserta didik.
- Mahasiswa mampu melakukan refleksi kritis terhadap praktik pendidikan serta mengevaluasi peran pedagogi transformatif dalam mentransformasi masyarakat.