•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Interaksi Manusia dan Komputer

Program Studi S1 Teknik Informatika UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer membahas tentang prinsip-prinsip dasar interaksi antara manusia dan komputer. Mahasiswa akan mempelajari konsep-konsep desain antarmuka, evaluasi pengguna, serta faktor-faktor psikologis yang memengaruhi interaksi pengguna dengan sistem komputer. Mata kuliah ini juga menekankan pentingnya user experience (UX) dan usability dalam pengembangan produk teknologi informasi. Tujuan dari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu merancang antarmuka yang mudah digunakan, efisien, dan memperhatikan kebutuhan pengguna sehingga dapat meningkatkan kualitas interaksi antara manusia dan komputer.

CPMK

  • Mahasiswa mampu memahami konsep dasar interaksi manusia dan komputer serta prinsip-prinsip usability dan user experience.
  • Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan pengguna melalui metode evaluasi dan observasi yang sesuai.
  • Mahasiswa mampu membuat rancangan antarmuka pengguna sesuai dengan prosedur dan prinsip desain yang benar.
  • Mahasiswa mampu membuat dokumentasi rancangan antarmuka pengguna secara sistematis dan jelas.
  • Mahasiswa mampu mengintegrasikan aspek psikologis, ergonomi, serta faktor manusia dalam pengembangan antarmuka.
  • Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil perancangan antarmuka dengan menggunakan media dan teknik komunikasi yang tepat.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Pengertian, ruang lingkup, dan tujuan IMK serta urgensinya dalam pengembangan TI
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Prinsip-prinsip antarmuka dalam interaksi manusia dan komputer
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis faktor kognitif manusia yang memengaruhi desain antarmuka
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Perangkat interaktif dan menilai relevansinya terhadap kebutuhan pengguna
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Membedakan ragam dialog/interaksi serta konteks penggunaannya
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Mendesain elemen dasar GUI sesuai prinsip desain antarmuka
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Dan menerapkan prinsip ergonomi dalam desain antarmuka
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    Membuat prototipe sederhana dan mempresentasikan rancangan antarmuka awal
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Tahapan design thinking dan menerapkannya pada studi kasus
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Melakukan identifikasi kebutuhan serta membuat profil pengguna
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Menyusun skenario penggunaan dan memetakan analisis tugas
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Membuat user flow dan user journey untuk menggambarkan alur interaksi pengguna
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Prototipe antarmuka sesuai kebutuhan dan prinsip desain
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Melaksanakan uji coba antarmuka dengan melibatkan pengguna
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Menyusun dokumentasi rancangan dan hasil evaluasi dalam bentuk case study sistematis
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Mempresentasikan produk aplikasi hasil rancangan antarmuka secara profesional
    • Date  19 Desember 2024

Dosen

ADITYA PRAPANCA
ADITYA PRAPANCA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

RIFQI ABDILLAH
RIFQI ABDILLAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Teknik Informatika
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10