•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Kewarganegaraan

Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

One of the manifestations of love for the homeland and nation can be implemented through enthusiastic learning about Pancasila and applying its values into daily life. Through Citizenship Education, it is hoped that a stronger sense of unity, love of the homeland and nation will be created by the youngergeneration and will continue to be ingrained into the next generation. This educational program contains discussions about nationality and citizenship related to the state, democracy, human rights and civilsociety in its implementation of democratic education. The close relationship between love of the homeland and nation accompanied by the spirit of defending the country can be realized by equipping students with material: Citizenship Education in developing graduate and professional abilities, the 1945 Constitution and statutory provisions under the Constitution, Obligations and Rights of Citizens, Indonesian Democracy is based on Pancasila and the 1945 Constitution, Fair law enforcement, Indonesian insight as a collective conception and view of Indonesian nationality, State defense and national resilience for Indonesia in building national commitment.This course is an introduction to the nature of Civics which is continued by discussing national identity; national integration; constitution; obligations and rights of the state and citizens; law enforcement and human rights (HAM); democracy; insight into the archipelago; national resilience; gender; and anti-corruption education (PAK). Lectures are carried out with a case study analysis system, PBL, presentations and discussions, project-based learning (PjBL) assignments and reflections

CPMK

  • Mampu mengaktualisasikan nilai-niai agama, kebangsaan, budaya nasional, serta etika akademik dalam pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang mencerminkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air sebagai bangsa Indonesia dalam konteks nilai dan moral Pancasila, UUD Negara RI Tahun 1945, nilai dan komitmen Bhinneka Tunggal Ika serta Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Mampu menerapkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, serta belajar sepanjang hayat dalam rangka menemukenali dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan kebangsaan dan kewarganegaraan
  • Mampu menguasai konsep teoretis tentang hakikat pendidikan kewarganegaraan, konsep identitas nasional dan nasionalisme, konsep integrasi nasional; konsep konstitusi; konsep kewajiban dan hak negara dan warga negara; konsep penegakan hukum dan hak asasi manusia (HAM); konsep demokrasi; konsep wawasan nusantara dan geopolitik; konsep ketahanan nasional dan geostrategis; konsep gender; korupsi dan pendidikan anti korupsi (PAK) dengan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif sesuai dengan standar kompetensi bidang keahlian yang bersangkutan dalam konteks berbangsa dan bernegara
  • Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui kegiatan pembelajaran berbasis project/produk dengan membangun kolaborasi yang mencerminkan karakter/kepribadian warga negara yang baik (be a good citizen) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Latar belakang diberikan mata kuliah PKn di PT
    • Date  5 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Konsep nasionalisme dan mengimplementasikannya sebagai identitas nasional bangsa Indonesia
    • Date  12 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Konsep integrasi nasional dan implementasinya
    • Date  19 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Konsep konstitusi dan mampu mengidentifikasi konstitusi yang pernah berlaku serta konstitusi yang berlaku saat ini
    • Date  26 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Membandingkan konsep kewajiban dan hak negara dan warga negara dan implementasinya
    • Date  5 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Konsep penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) dan implementasi penegakan hukum dan HAM di Indonesia
    • Date  12 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Konsep penegakan hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) dan implementasi penegakan hukum dan HAM di Indonesia
    • Date  19 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Melaksanakan penilaian formatif dengan disiplin, bertanggungjawab, menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran
    • Date  26 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Merancang desain projek kelompok dan mempresentasikannya dengan kinerja kolaborasi, bermutu, dan terukur
    • Date  2 April 2025

  • Pertemuan 10
    Konsep demokrasi, ciri-ciri demokrasi dan implementasi demokrasi di Indonesia dan beberapa negara
    • Date  9 April 2025

  • Pertemuan 11
    Konsep Wawasan Nusantara dan Geopolitik, serta mampu mengimplementasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
    • Date  16 April 2025

  • Pertemuan 12
    Pengertian Ketahanan Nasional dan Geostrategi serta implementasinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
    • Date  23 April 2025

  • Pertemuan 13
    Konsep gender, seks; serta implementasinya di Indonesia dan beberapa negara
    • Date  30 April 2025

  • Pertemuan 14
    Pengertian korupsi dan Pendidikan Antikorupsi, dan implementasinya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
    • Date  7 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Produk projek kelompok & mempresentasikannya dengan kinerja kolaborasi, bermutu, dan terukur
    • Date  14 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Melaksanakan penilaian sumatif dengan disiplin, bertanggungjawab, menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran
    • Date  21 Mei 2025

Dosen

NUANSA BAYU SEGARA
NUANSA BAYU SEGARA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10