Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dasar dan keterampilan praktis dalam desain aset 3D dan animasi menggunakan Blender, pemrograman, serta pengembangan game berbasis Unity. Mahasiswa akan belajar membuat game 3D dan menyelesaikan proyek akhir berupa game berbasis VR yang interaktif. Learning Path Unity akan digunakan sebagai panduan utama dalam materi praktikum dan proyek.
CPMK
Mahasiswa mampu memahami konsep pemrograman game
Menguasai teknik dasar pembuatan aset dan integrasi aset multimedia dalam Game Engine dan memilih tools yang tepat untuk pengembangan Game.
Mahasiswa mampu menerapkan mekanika permainan, pemrograman interaktif, dan animasi dalam Game Engine.
Mahasiswa mampu mengembangkan Game berdasarkan praktik terbaik dan menghasilkan produk game siap guna.
Menyusun laporan & mendemokan proyek game
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Dasar PjBL & SKKNI 172/2024 dalam konteks pengembangan game
Date 2 September 2024
Pertemuan 2
Menyusun ide & alur game dalam bentuk Game Design Document (GDD)
Date 9 September 2024
Pertemuan 3
Merancang requirement teknis & memilih game engine
Date 16 September 2024
Pertemuan 4
Merancang requirement teknis & memilih game engine
Date 23 September 2024
Pertemuan 5
Membangun prototipe gameplay dasar (movement, collision, scoring)
Date 30 September 2024
Pertemuan 6
Membangun prototipe gameplay dasar (movement, collision, scoring)
Date 7 Oktober 2024
Pertemuan 7
Membangun prototipe gameplay dasar (movement, collision, scoring)
Pengenalan pembuatan material konstruksi baja,macam-macam profil baja dalam perdagangan, tegangan yang diijinkan. Perencanaansambungan pada konstruksi baja meliputi sambungan baut, paku keeling, dan las. Kemudiananalisis penampang
Mata kuliah ini membahas tentang prinsip dasar busana/mode di zaman pra sejarah, perkembangan busana/mode kuno (Mesir, Mesopotamia), perkembangan busana klasik (Kreta, Hellas, Etrusia, Romawi), perkembangan
Pengenalandan pemahaman statistik, pengolahan data, distribusi, frekuensi, ukuran gejalapusat, simpagan baku, kurva normal, chi kuadrat, uji t, analisis varians,korelasi, regresi, dan statistik non parametrik.