Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep mendasar dalam psikologi pendidikan, meliputi perkembangan peserta didik, karakteristik pelajar dengan kebutuhan khusus, serta faktor-faktor yang memengaruhi proses belajar. Mahasiswa juga akan mempelajari peran diversitas sosiokultural dalam dunia pendidikan, serta bagaimana pendekatan behavioral, kognitif sosial, dan pemrosesan informasi dapat digunakan untuk memahami perilaku belajar.
Pembelajaran dirancang agar mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan permasalahan nyata di lingkungan pendidikan melalui pengkajian kasus. Melalui studi berbagai situasi dan skenario pembelajaran, mahasiswa diharapkan dapat mengintegrasikan teori dengan praktik, sehingga mampu merumuskan strategi pembelajaran yang efektif dan adaptif sesuai konteks peserta didik yang beragam.
CPMK
- Menguasai konsep dasar psikologi pendidikan, perkembangan peserta didik, teori belajar, dan aspek kepribadian yang memengaruhi proses belajar, serta aspek manajemen kelas non-formal yang memengaruhi proses belajar, dan manajemen kelas non-formal (C2).
- Mampu menganalisis konsep dan teori dalam bidang psikologi pendidikan yang relevan untuk menyelesaikan kasus-kasus kesulitan belajar dalam konteks pendidikan non-formal (A3).
- Bertanggung jawab atas kinerja belajar individu dan kelompok, dengan menunjukkan keterlibatan aktif dalam melaksanakan tugas dan peran yang diberikan baik secara individu maupun dalam kelompok selama proses belajar (A5).
- Siap dalam memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran yang didukung oleh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mendukung implementasi pembelajaran (P2).