Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S3 Pendidikan Jasmani Unesa
Study Program | : | |
Establishment Date | : | 15 Desember 2021 |
Study Program Coordinator | : | HERYANTO NUR MUHAMMAD |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Jasmani
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi pendidikan doktor yang berkarakter tangguh,adaptif, dan inovatif dalam analisis Pendidikan Jasmani dengan penciri inovasi pembelajaran dan Pendidikan jasmani adaptif di tingkat nasional yang bereputasi internasional dengan berbasis IPTEK pada tahun 2029"Misi
- Melaksanakan pendidikan inovatif dan adaptif dalam bidang Pendidikan Jasmani dengan mengutamakan pada kemampuan berpikir kritis yang konstruktif dan progresif serta menjunjung tinggi kejujuran dan etika akademik.
- Melaksanakan riset dan publikasi bidang Pendidikan jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisplin, dan transdisiplin ilmu serta mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional.
- Berkontribusi pada penyelesaian masalah Pendidikan jasmani diranah publik berdasarkan kaidah ilmiah, ilmu pengetahuan, dan teknologi serta praktik melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
- Mengimplementasikan hasil penelitian melalui kerjasama untuk meningkatkan mutu akademik dalam bidang Pendidikan jasmani dengan berbagai instansi baik di dalam maupun di luar negeri.
Tujuan
Menghasilkan lulusan yang memiliki karakter Tangguh, adaptif, dan inovatif serta berwawasan edupreneurship yang memiliki kompetensi sebagai pendidik, peneliti dan praktisi dalam bidang Pendidikan Jasmani dengan penciri inovasi pembelajaran dan Pendidikan jasmani adaptif yang mampu bersaing di tingkat nasional dan bereputasi internasionalNilai_dasar
- Keilmuan (Ilmu Pengetahuan) Filosofi Ilmu Pendidikan Jasmani: Pemahaman mendalam terhadap filsafat, teori, dan paradigma keilmuan pendidikan jasmani. Integrasi Multidisiplin: Mampu mengintegrasikan ilmu keolahragaan, pedagogi, psikologi olahraga, kesehatan, dan sosiologi dalam konteks pendidikan jasmani. Penguasaan Metodologi Penelitian: Menguasai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif untuk mengembangkan ilmu pendidikan jasmani secara inovatif.
- Profesionalisme Kepemimpinan Akademik dan Praktis: Menjadi pemimpin dalam pengembangan kurikulum, pembelajaran, dan pelatihan dalam bidang pendidikan jasmani. Etika Profesi: Menjunjung tinggi kode etik keilmuan dan profesi, serta menjamin keadilan, integritas, dan tanggung jawab sosial. Kemampuan Inovatif: Mampu menciptakan solusi baru terhadap permasalahan pendidikan jasmani melalui riset dan pengembangan.
- Kemanusiaan dan Karakter Humanistik: Mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan dalam praktik pendidikan jasmani, seperti inklusivitas, penghargaan terhadap keberagaman, dan empati. Pembentukan Karakter: Mendorong pembentukan karakter siswa/mahasiswa melalui aktivitas jasmani dan olahraga yang mendidik.
- Kontribusi terhadap Pengembangan Ilmu dan Masyarakat Kontribusi Ilmiah: Hasil penelitian diharapkan memberikan sumbangsih nyata terhadap pengembangan ilmu pendidikan jasmani baik di tingkat nasional maupun internasional. Pemberdayaan Masyarakat: Pendidikan jasmani sebagai sarana peningkatan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat.
Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang Pendidikan Jasmani secara professional.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-7 | Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang Pendidikan Jasmani yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-8 | Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-9 | Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-10 | Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
- ● Tenaga pendidik yang memiliki kompetensi mengajar jenjang pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi (S1, S2, dan S3) dalam bidang Pendidikan Jasmani;
Tenaga pendidik yang memiliki kompetensi mengajar jenjang pendidikan dasar, menengah dan pendidikan tinggi (S1, S2, dan S3) dalam bidang Pendidikan Jasmani;
- ● Peneliti dalam bidang Pendidikan jasmani yang memiliki kompetensi sebagai analis Pendidikan jasmani (Physical Education Analyst)
● Peneliti dalam bidang Pendidikan jasmani yang memiliki kompetensi sebagai analis Pendidikan jasmani (Physical Education Analyst)
- Praktisi yang memiliki kompetensi dalam pengambilan keputusan dalam bidang Pendidikan jasmani.
Praktisi yang memiliki kompetensi dalam pengambilan keputusan dalam bidang Pendidikan jasmani.
Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum OBE S3 Pendidikan Jasmani
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8500102014
DESIGN AND EVALUATION OF PHYSICAL EDUCATION LEARNING
3.00
8500102011
ANALYSIS OF PHYSICAL EDUCATION CURRICULUM DEVELOPMENT
2.00
8510403023
PHILOSOPHY OF PHYSICAL EDUCATION
3.00
8510404024
QUALITATIVE AND QUANTITATIVE RESEARCH METHODOLOGY
4.00
8500102012
PHYSICAL EDUCATION PEDAGOGY
2.00
8500103017
DEVELOPMENT OF PHYSICAL EDUCATION LEARNING MODELS
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8500102008
LATEST JOURNAL ARTICLE ANALYSIS
2.00
8510402021
PHYSICAL EDUCATION LEARNING EVALUATION ANALYSIS
2.00
8500103010
ANALYSIS OF PHYSICAL EDUCATION LEARNING INNOVATION
3.00
8500103016
ANALYSIS OF PHYSICAL EDUCATION TESTS AND MEASUREMENTS
3.00
8500103009
LEARNING ANALYSIS OF ADAPTIVE PHYSICAL EDUCATION
3.00
8510403022
RESEARCH INSTRUMENT DEVELOPMENT
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8500103020
ANALYSIS OF INCLUSIVE EDUCATION
3.00
8510408025
PROPOSAL
8.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8500102014 | DESIGN AND EVALUATION OF PHYSICAL EDUCATION LEARNING | 3.00 | |
8500102011 | ANALYSIS OF PHYSICAL EDUCATION CURRICULUM DEVELOPMENT | 2.00 | |
8510403023 | PHILOSOPHY OF PHYSICAL EDUCATION | 3.00 | |
8510404024 | QUALITATIVE AND QUANTITATIVE RESEARCH METHODOLOGY | 4.00 | |
8500102012 | PHYSICAL EDUCATION PEDAGOGY | 2.00 | |
8500103017 | DEVELOPMENT OF PHYSICAL EDUCATION LEARNING MODELS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8500102008 | LATEST JOURNAL ARTICLE ANALYSIS | 2.00 | |
8510402021 | PHYSICAL EDUCATION LEARNING EVALUATION ANALYSIS | 2.00 | |
8500103010 | ANALYSIS OF PHYSICAL EDUCATION LEARNING INNOVATION | 3.00 | |
8500103016 | ANALYSIS OF PHYSICAL EDUCATION TESTS AND MEASUREMENTS | 3.00 | |
8500103009 | LEARNING ANALYSIS OF ADAPTIVE PHYSICAL EDUCATION | 3.00 | |
8510403022 | RESEARCH INSTRUMENT DEVELOPMENT | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8500103020 | ANALYSIS OF INCLUSIVE EDUCATION | 3.00 | |
8510408025 | PROPOSAL | 8.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
- Asesmen Lapangan (Akreditasi)
Program S3 Pendidikan Jasmani pernah mengadakan sanctioning dan uji publik pada 27 Agustus 2024, yang melibatkan stakeholder dan dipimpin oleh Koordinator Program Studi Dr. Heryanto Nur Muhammad. Tujuannya untuk memaparkan dan mengevaluasi kurikulum bersama pihak eksternal dan internal. - Tahapan Pengembangan Kurikulum
- Sesuai pedoman Unesa, evaluasi kurikulum mencakup:
- Studi pendahuluan : analisis kebutuhan, studi kelayakan, serta studi banding dengan program sejenis.
- Evaluasi internal : kajian terhadap relevansi dan efektivitas kurikulum yang berjalan.
- Perumusan kurikulum baru, sanctioning0uji publik, dan implementasi kurikulum
3. Workshop dan Diskusi Publik
Uji publik dilakukan dengan mengumpulkan masukan dari stakeholder (dosen, praktisi, pengguna lulusan) untuk memperbaiki dan menyempurnakan kurikulum melalui diskusi terbuka hingga penandatanganan kesepakatan berupa berita acara
Mekanisme Tracer Study
- Tujuan dan Fungsi
Tracer Study Unesa digunakan sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki dan menyesuaikan kurikulum berdasarkan kebutuhan pasar dan relevansi kompetensi lulusan, termasuk data mengenai lapangan kerja, bidang pekerjaan, masa tunggu pekerjaan, dan umpan balik pengguna lulusan. - Sasaran & Metode Pengumpulan Data
- Responden meliputi alumni S3 dan pengguna lulusan (stakeholder).
- Metode survei menggunakan kuesioner online maupun wawancara atau diskusi forum sebagai pendekatan triangulasi data.
3. Prosedur Formal
- Universitas (BAAK) menerbitkan surat pemberitahuan tracer study kepada fakultas.
- Fakultas menugaskan program studi melalui Dekan/Pembantu Dekan I.
- Program studi melaksanakan tracer dan mengumpulkan hasil untuk evaluasi dan rekomendasi perbaikan kurikulum
4. Pelaksanaan Praxis di S3 Pendidikan Dasar (Analog S3 PJ)
Contoh: Program S3 Pendidikan Dasar belum melakukan tracer study karena memerlukan minimal dua tahun setelah alumni lulus, namun telah melakukan tracer mandiri melalui program studi untuk mendapatkan feedback konstruktif meski belum dalam skala besar
Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | |||
Analysis of Physical Education Learning Innovation | 3 | 85.71% | 14.29% | 100 % | ||||||||
Analysis of Motor Learning | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Psychology of Sports and Physical Education | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Design and Evaluation of Physical Education Learning | 3 | 100% | 100 % | |||||||||
Research Results Seminar | 5 | 100% | 100 % | |||||||||
Analysis of Physical Education Tests and Measurements | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Latest Journal Article Analysis | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Disertasi | 9 | 64.29% | 35.71% | 100 % | ||||||||
Publication | 5 | 100% | 100 % | |||||||||
Physical Education Pedagogy | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Analysis of Inclusive Education | 3 | 100% | 100 % | |||||||||
Research Proposal | 3 | 100% | 100 % | |||||||||
Qualitative and Quantitative Research Methodology | 4 | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 10% | 100 % |
Research Instrument Development | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Philosophy of Physical Education | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
1. Kerangka Visi-Misi Program Studi
Landasan desain kurikulum didasarkan pada visi dan misi Program Studi yang menekankan karakter tangguh, adaptif, dan inovatif, serta orientasinya terhadap publikasi ilmiah interdisipliner dan kontribusi nyata kepada masyarakat melalui penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan jasmani
2. Pedoman Akademik Pascasarjana
Desain kurikulum mengikuti Pedoman Akademik S3 yang ditetapkan oleh Pascasarjana Unesa, yang mengatur standar capaian pembelajaran, struktur sks, pemetaan kompetensi, hingga tata kelola pelaksanaan studi doktoral sebagai kerangka umum kurikulum S3
3. Kurikulum Transformasi (2024–2028)
Unesa telah merancang kurikulum transformasi S3 Pendidikan Jasmani 2024–2028, meskipun detail naratif landasan perancangannya bersifat terbatas. Namun, pendekatan transformasional mencerminkan prinsip adaptif, relevansi kontekstual, keterhubungan dengan IPTEK, dan tren global dalam pendidikan jasmani
4. Integrasi Ilmu Keolahragaan
Kurikulum dirancang sebagai bagian dari S3 Ilmu Keolahragaan, sehingga terdapat integrasi disiplin seperti filosofi ilmu, metodologi penelitian lanjutan (kuantitatif & kualitatif), biomekanika, fisiologi, statistik, psikologi olahraga, pedagogi, sosiologi, dan manajemen olahraga — semua sesuai capaian kompetensi lulusan yang ditargetka
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved