CPL-7 Mampu berbahasa Jepang secara reseptif dan produktif dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan
CPL-11 Menguasai konsep dasar kebahasaan, pembelajaran bahasa, keterampilan berbahasa, penelitian bahasa dan pendidikan bahasa Jepang.
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memahami struktur kalimat, kosakata, serta tata bahasa tingkat menengah dalam konteks bacaan dan percakapan berdasarkan materi Bab 1–6 buku Minna no Nihongo Chūkyū I.
CPMK-2 Mahasiswa mampu menganalisis dan memecahkan masalah dalam konteks sosial, akademis, dan profesional melalui diskusi kasus yang bersumber dari topik-topik Bab 1–6 Minna no Nihongo Chūkyū I, dengan menggunakan bahasa Jepang yang sesuai secara gramatikal dan kontekstual.
CPMK-3 Mampu membuat karangan tema terkait dengan runtut dan utuh
CPMK-4 CPMK 1 Mahasiswa mampu memahami isi, struktur, dan makna teks lisan dan tulisan berbahasa Jepang tingkat menengah dalam konteks kehidupan sehari-hari dan akademik dengan mengidentifikasi kosakata, pola kalimat, dan nuansa makna dari Bab 1–6. CPL yang mendasari: CPL 7 (reseptif), CPL 11 (konsep dasar kebahasaan) Indikator: Mahasiswa mampu menjelaskan kembali isi teks secara lisan dan tertulis. Mahasiswa mampu mengidentifikasi penggunaan struktur tata bahasa dalam konteks.
CPMK-5 ✅ CPMK 2 Mahasiswa mampu menerapkan kosakata dan struktur tata bahasa menengah dari Bab 1–6 dalam menyusun teks dan percakapan bahasa Jepang yang relevan dengan situasi keseharian, akademis, dan pekerjaan, melalui analisis kasus. CPL yang mendasari: CPL 7 (produktif), CPL 11 (keterampilan berbahasa) Indikator: Mahasiswa mampu membuat narasi atau dialog berdasarkan studi kasus. Mahasiswa mampu menggunakan tata bahasa dan ungkapan secara tepat sesuai konteks.
CPMK-6 ✅ CPMK 3 Mahasiswa mampu menganalisis permasalahan nyata dalam konteks sosial, akademik, atau profesional yang berkaitan dengan tema dalam Bab 1–6, serta menyusun solusi atau respon dalam bentuk presentasi dan tulisan berbahasa Jepang tingkat menengah. CPL yang mendasari: CPL 7 (reseptif & produktif), CPL 11 (keterampilan berbahasa dan analisis bahasa) Indikator: Mahasiswa mampu membuat laporan/respon tertulis terhadap studi kasus dengan bahasa yang sesuai. Mahasiswa mampu mempresentasikan hasil analisis dengan menggunakan ungkapan dan struktur bahasa yang akurat.