CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
CPL-6 Menguasai konsep teoritis pedagogik sebagai landasan dalam praksis perencanaan, implementasi proses, pelaksanaan penilaian dan evaluasi pembelajaran IPS yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kurikulum sekolah.
CPL-8 Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global.
CPMK
CPMK-1 Menganalisis konsep dasar kurikulum pendidikan sebagai bagian penguasaan pedagogik dengan penuh tanggung jawab, untuk pemecahan masalah, dan menyusunnya dalam perencanaan pembelajaran
CPMK-2 Menganalisis pengembangan kurikulum pendidikan sebagai bagian penguasaan pedagogikdengan penuh tanggung jawab, untuk pemecahan masalah, dan menyusunnya dalam perencanaan pembelajaran
CPMK-3 Model CIPP evaluasi kurikulum pendidikan sebagai bagian penguasaan pedagogik dengan penuh tanggung jawab, untuk pemecahan masalah, dan menyusunnya dalam perencanaan pembelajaran
CPMK-4 Menganalisis sejarah perkembangan kurikulum pendidikan IPS sebagai bagian penguasaan pedagogik dengan penuh tanggung jawab, untuk pemecahan masalah, dan menyusunnya dalam perencanaan pembelajaran
CPMK-5 Menganalisis model integrasi kurikulum pendidikan IPS sebagai bagian penguasaan pedagogik dengan penuh tanggung jawab, untuk pemecahan masalah, dan menyusunnya dalam perencanaan pembelajaran
CPMK-6 Menyusun dokumen kurikulum operasional sekolah sebagai bagian penguasaan pedagogik dengan penuh tanggung jawab, untuk pemecahan masalah, dan menyusunnya dalam perencanaan pembelajaran