Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang sifat pendidikan anak usia dini, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip pendidikan anak usia dini, pendekatan dalam pendidikan anak usia dini, pemikiran karakter, teori perkembangan AUD, teori bermain, kecerdasan majemuk, kurikulum pendidikan anak usia dini,
model pembelajaran PAUD, Steam dan Loose Parts, model implementasi pendidikan anak usia dini, serta praktik terbaik dalam implementasi pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Kuliah dilakukan dengan memaparkan teori di kelas dan juga dengan mengamati lembaga pendidikan anak usia dini berkualitas, untuk melihat langsung pengelolaan pendidikan dan penerapan teori dari kursus ini. Indikator keberhasilan dalam kursus ini adalah jika mahasiswa dapat memahami materi yang dipaparkan di kelas dengan baik, mampu menjelaskan teori dan menerapkannya pada tugas yang diberikan, serta mahasiswa dapat menjawab pertanyaan dengan benar mengenai materi terkait teori dan praktik pendidikan anak usia dini.