CPL-7 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif sesuai bidang keahliannya dalam melakukan mengkaji problematika masyarakat, perubahan teknologi dan ilmu pengetahuan berikut dampaknya dalam rangka menghasil¬kan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk laporan, artikel, atau skripsi, dan mengunggah¬nya;
CPL-9 Mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga dan masyarakat, masalah-masalah sosial dan perubahan sosial, termasuk masalah-masalah pembangunan pen-didikan dan masyarakat inklusif di dalam masyarakat lokal dengan wawasan global, dan meng¬analisisnya dengan menggunakan konsep, teori dan metodologi penelitian Sosiologi dengan tepat;
CPL-10 Mampu menyajikan dan mengorganisasi alternatif solusi dalam memecahkan masalah-masalah sosial, perubahan sosial, pembangunan, khususnya pendidikan dan masyarakat inklusif, serta pemberdayaan masyarakat.
CPMK
CPMK-1 Mempelajari dampak virtual pada diri individu, masyarakat, dan budaya.
CPMK-2 Mampu menerapkan konsep sosiologi dalam analisis fenomena sosial di ruang virtual untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah sosial (C3)
CPMK-3 Mampu menganalisis perubahan sosial yang terjadi di ruang virtual menggunakan teori dan metodologi sosiologi yang relevan (C4)
CPMK-4 Mampu mengevaluasi dampak teknologi informasi dan komunikasi terhadap dinamika sosial masyarakat dengan pendekatan sosiologis (C5)
CPMK-5 Mampu menciptakan solusi inovatif untuk masalah-masalah sosial yang muncul di ruang virtual berdasarkan analisis sosiologis (C6)
CPMK-6 Mampu menerapkan teori sosiologi untuk mengkaji interaksi sosial dalam komunitas virtual dan dampaknya terhadap identitas sosial (C3)
CPMK-7 Mampu menganalisis peran media sosial dalam pembentukan opini publik dan perubahan sosial dengan menggunakan pendekatan sosiologis (C4)
CPMK-8 Mampu mengevaluasi keefektifan program pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan melalui platform digital (C5)
CPMK-9 Mampu menciptakan metodologi penelitian baru yang sesuai untuk mengkaji fenomena sosial di ruang virtual (C6)
CPMK-10 Mampu menerapkan pendekatan sosiologis untuk mengkaji dan menyelesaikan konflik sosial yang terjadi di ruang virtual (C3)
CPMK-11 Mampu menganalisis pengaruh virtualisasi masyarakat terhadap perubahan nilai dan norma sosial (C4)