CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-13 Mampu melakukan analisis pada penelitian dan pengembangan program S2 Pendidikan teknologi kejuruan dengan mengikuti kaidah penulisan ilmiah
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep-konsep dasar dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk memecahkan masalah nyata di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (C3)
CPMK-2 Menganalisis studi kasus dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas berbagai metode dan teknologi dalam pengembangan instrumen pendidikan berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis (C5)
CPMK-4 Menciptakan prototipe instrumen pendidikan yang inovatif sebagai solusi atas permasalahan yang diidentifikasi dalam bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (C6)
CPMK-5 Menerapkan teori dan prinsip pengembangan instrumen pendidikan dalam konteks nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (C3)
CPMK-6 Menganalisis hasil penelitian terkini yang berkaitan dengan teknologi pendidikan untuk mengidentifikasi tren dan celah penelitian (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi keterampilan kepemimpinan dalam mengelola tim yang terlibat dalam pengembangan instrumen pendidikan (C5)
CPMK-8 Menciptakan metodologi penelitian yang sesuai untuk menguji efektivitas instrumen pendidikan yang dikembangkan (C6)
CPMK-9 Menerapkan pendekatan interdisipliner dalam pengembangan instrumen pendidikan untuk mengatasi kompleksitas masalah pendidikan (C3)
CPMK-10 Menganalisis dan mengevaluasi pengaruh teknologi terbaru terhadap pengembangan instrumen pendidikan (C4, C5)