Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman dan keterampilan dalam merancang strategi pembelajaran yang inklusif dan dapat diakses oleh semua peserta didik, tanpa terkecuali. Fokus utama dari mata kuliah ini adalah pada pengembangan desain pembelajaran berbasis prinsip Universal Design for Learning (UDL), yang bertujuan untuk memastikan keberagaman siswa, baik yang memiliki kebutuhan khusus maupun yang tidak, dapat memperoleh pengalaman belajar yang optimal. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa program Doktor (S3) Pendidikan Inklusi akan mempelajari teori dan praktik terkait penerapan UDL dalam berbagai konteks pendidikan. Mahasiswa akan dibekali dengan kemampuan untuk merancang kurikulum, materi ajar, serta evaluasi pembelajaran yang adaptif, fleksibel, dan responsif terhadap perbedaan gaya belajar dan kemampuan peserta didik. Selain itu, mata kuliah ini juga akan membahas bagaimana mengintegrasikan teknologi dan sumber daya pendidikan yang dapat mendukung pencapaian tujuan pembelajaran bagi siswa dengan berbagai latar belakang, termasuk mereka yang memiliki disabilitas atau kesulitan belajar. Dengan pendekatan ini, mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kebijakan dan praktik yang mendukung kesetaraan akses pendidikan di semua level pendidikan, terutama dalam pendidikan inklusi.