CPL-6 Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang Pendidikan Jasmani dan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
CPL-8 Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang Pendidikan Jasmani yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.
CPL-9 Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam Pendidikan Jasmani pada forum akademik dan public.
CPL-10 Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
CPMK
CPMK-1 Memahami Definisi, Ruang Lingkup, Jenis dan Peran Instrumen Penelitian di bidang Pendidikan Jasmani
CPMK-2 Menguasai Prinsip-Prinsip Asesmen dalam Pengembangan Instrumen baik instrumen tes ataupun non tes baik untuk Kognitif maupun Psikomotor
CPMK-3 Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang Pendidikan Jasmani.
CPMK-4 Menguasai Konsep Validitas Instrumen terkait Validitas Isi, Validitas Konstruk, Validitas Kriteria serta sifat Konkuren dan Prediktif
CPMK-5 Menguasai Konsep Reliabilitas Instrumen Penelitian yang dikembangkan, meliputi berbagai koefisien dan metode estimasi reliabilitas
CPMK-6 Menguasai Jenis-Jenis Skala Pengukuran dan format asesmen yang tepat dalam instrumen penelitian
CPMK-7 Menguasai Konsep Pengukuran dengan Skala Sikap bagian 1, Konstruksi dan aplikasi sea
CPMK-8 Menguasai Pengukuran Skala Sikap Bagian 2: Konsep dan Aplikasi Skala Guttman, Semantic Differential dan Studi Kasus
CPMK-9 Menguasai Pengembangan Instrumen Non Tes: Jenis dan prinsip mendesain kuesioner dan Rating Scale
CPMK-10 Pengembangan Instrumen Tes Bagian 1: Tes Keterampilan Motorik dan Tes Pengetahuan
CPMK-11 Pengembangan Instrumen Tes Bagian 2: Tes Kebugaran Jasmani dan Pengembangan Rubrik Penilaian Kinerja
CPMK-12 Teknik Penulisan Item Instrumen yang benar dan efektif: Bahasa, Bias, Budaya dan Konteks Pendidikan Jasmani
CPMK-13 Menguasai Prosedur menguji Validitas Isi dan Konstruk: Expert judgement, Uji coba, Analisis Faktor (EFA/CFA)
CPMK-14 Menguasai Analisis Butir, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, Analisis pengecoh dengan software statistik
CPMK-15 Uji Coba Instrumen dan Revisi Akhir dari Instrumen yang dikembangkan
CPMK-16 Presentasi dan Evaluasi Proyek Pengembangan Instrumen