CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Mampu mengembangkan sistem penilaian, instrumen penilaian, penelitian, evaluasi, serta mengembangkan psikometrika komputasi (pengukuran psikologis, algoritma dan model statistik, analisis big data psikologis, tes adaptif komputerisasi, CAT)
CPL-7 Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner.
CPL-8 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dalam bidang penelitian dan evaluasi pendidikan yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
CPMK
CPMK-1 Menerapkan prinsip-prinsip metodologi penelitian dalam merancang studi empiris di bidang pendidikan (C3)
CPMK-2 Menganalisis berbagai pendekatan asesmen dan evaluasi untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan masing-masing metode (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi kualitas instrumen penelitian dan asesmen berdasarkan prinsip validitas dan reliabilitas (C5)
CPMK-4 Menciptakan desain penelitian inovatif yang mengintegrasikan pendekatan interdisipliner dalam evaluasi pendidikan (C6)
CPMK-5 Menerapkan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif dalam mengolah hasil penelitian pendidikan (C3)
CPMK-6 Menganalisis hasil evaluasi program pendidikan untuk mengidentifikasi pola dan tren keberhasilan (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi etika penelitian dan standar profesional dalam pelaksanaan asesmen pendidikan (C5)
CPMK-8 Menciptakan model evaluasi komprehensif yang memadukan berbagai metode pengukuran psikologis (C6)
CPMK-9 Menerapkan prinsip psikometrika komputasi dalam pengembangan instrumen asesmen adaptif (C3)
CPMK-10 Menganalisis big data pendidikan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penentu keberhasilan pembelajaran (C4)