•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Evaluasi Belajar dan Pembelajaran

Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran UNESA

 
Card image

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah ini mempelajari tentang 1) jenis penilaian pada pembelajaran dengan menggunakan instrumen tes dan non-tes, 2) menjelaskan tentang penilaian dalam pembelajaran serta hasil belajar, 3) menjelaskan tentang indikator penilaian, rubrik penilaian, konsep dasar penilaian autentik, dan konsep dasar penilaian berbasis kelas, 3) mengembangkan instrumen tes berbasis High Order Thinking Skills (HOTS), 4) menganalisis butir soal menggunakan Classical Test Theory (CTT) dan Item Respond Test (IRT) menggunakan program Excel, software SPSS, dan/atau aplikasi Analisis Butir Soal (Anbuso), 5) menuliskan ketuntasan hasil belajar dalam laporan hasil belajar siswa atau nilai rapor. Perkuliahan ini disajikan dalam bentuk diskusi (penjelasan teori), workshop (pembuatan instrumen), penugasan (uji coba instrumen), dan praktik (pengukuran instrumen).

CPMK

  • Mampu menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dalam menyusun dan menilai hasil belajar secara mandiri.
  • Mampu mengaplikasikan dan menganalisis butir soal baik secara kualitatif maupun kuantitatif dalam program pendidikan administrasi perkantoran.
  • Mampu menentukan keputusan secara tepat dalam menyelesaikan permasalah dengan menyusun soal berbasi HOTS.
  • Mampu memanfaatkan sumber belajar untuk memecahkan permasalahan dalam menganalisis butir soal secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Peranan asesmen dalam pendidikan dan pembelajaran
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Teori dan jenis asesmen untuk mengukur kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik
    • Date  12 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Teori dan jenis asesmen untuk mengukur kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Tes dan Non Tes sebagai Evaluasi Hasil Belajar
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Tes dan Non Tes sebagai Evaluasi Hasil Belajar
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Teknik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Teknik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Pemeriksaan, pemberian skor dan pengolahan tes hasil belajar.
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Classical Test Theory dan Item Response Theory untuk pengukuran hasil uji instrumen tes
    • Date  8 April 2024

  • Pertemuan 11
    Classical Test Theory dan Item Response Theory untuk pengukuran hasil uji instrumen tes
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 12
    Classical Test Theory dan Item Response Theory untuk pengukuran hasil uji instrumen tes
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 13
    Classical Test Theory dan Item Response Theory untuk pengukuran hasil uji instrumen tes
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 14
    Classical Test Theory dan Item Response Theory untuk pengukuran hasil uji instrumen tes
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Teknik menentukan nilai akhir, konversi penilaian, Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan penentuan prestasi belajar
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  20 Mei 2024

Pustaka

Dosen

DURINDA PUSPASARI
DURINDA PUSPASARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

TRIESNINDA PAHLEVI
TRIESNINDA PAHLEVI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10