•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Instructor
Maretha Dellarosa
 

My Profile

Nama
Maretha Dellarosa, M.A., Ph.D.
NIDN
0030038908
Profile Sinta
Profile PDDIKTI
Profile Google Scholar

Jadwal mengajar periode 2025/2026 Gasal

(15 Reviews)

Pendidikan Steam DI SD | 2022A

  • 16 Lessons

Mata kuliah Pendidikan STEAM ( Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics ) di SD adalah matakuliah yang bertujuan untuk memberikan pemahaman pada mahasiswa tentang salah

(15 Reviews)

Bahasa Inggris | BG060

  • 16 Lessons

Mata kuliah Bahasa Inggris berfokus utama pada pengembangan keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara, dengan penekanan khusus pada penggunaan Bahasa Inggris dalam lingkungan akademik. Mahasiswa

(15 Reviews)

Multiliterasi Global Pendidikan Dasar | 2025A

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membahas tentang konsep multiliterasi dan pentingnya pengembangan kemampuan literasi yang holistik pada anak-anak di tingkat pendidikan dasar. Selain itu, mahasiswa juga akan

(15 Reviews)

Tren Kurikulum Pendidikan Dasar DI Berbagai Negara | 2024E

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk mengkaji kurikulum (khususnya kurikulum jenjang Sekolah Dasar) di berbagai negara di dunia meliputi perspektif perkembangan kurikulum dari tahun ke

(15 Reviews)

Konsep Dasar PKN | 2024H

  • 16 Lessons

Mata kuliah Konsep Dasar PKN membekali mahasiswa dengan pemahaman fundamental tentang Pendidikan Kewarganegaraan sebagai landasan dalam membentuk warga negara yang baik. Mata kuliah ini mencakup

(15 Reviews)

Konsep Dasar PKN | 2024I

  • 16 Lessons

Mata kuliah Konsep Dasar PKN membekali mahasiswa dengan pemahaman fundamental tentang Pendidikan Kewarganegaraan sebagai landasan dalam membentuk warga negara yang baik. Mata kuliah ini mencakup

(15 Reviews)

Konsep Dasar PKN | 2024G

  • 16 Lessons

Mata kuliah Konsep Dasar PKN membekali mahasiswa dengan pemahaman fundamental tentang Pendidikan Kewarganegaraan sebagai landasan dalam membentuk warga negara yang baik. Mata kuliah ini mencakup

(15 Reviews)

Etnopedagogi Berkelanjutan DI Pendidikan Dasar | 2025B

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini mampu menggali, menginteprestasikan, menghubungkan praktik sosial budaya berbasis etnopedagogi yang dihubungkan dengan konteks komunitas berkelanjutan. Aktivitas pada mata kuliah ini dirancang untuk

(15 Reviews)

Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar | 2025C

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membekali mahasiswa memahami berbagai metode penelitian kuantitatif dan kualitatif serta implementasinya di penelitian pendidikan dasar. Perkuliahan dirancang berbasis proyek dan studi kasus

(15 Reviews)

Pendidikan Karakter dan Budipekerti | 2025I

  • 16 Lessons

Mata kuliah Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti mengkaji tentang definisi karakter, faktor-faktor yang membentuk karakter dan fungsi karakter dalam kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga

(15 Reviews)

Pendidikan Karakter | 2025E

  • 16 Lessons

Mata kuliah Pendidikan karakter mengkaji tentang definisi karakter, faktor-faktor yang membentuk karakter dan fungsi karakter dalam kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga membahas bagaimana cara

(15 Reviews)

Pendidikan Karakter dan Budipekerti | 2025M

  • 16 Lessons

Mata kuliah Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti mengkaji tentang definisi karakter, faktor-faktor yang membentuk karakter dan fungsi karakter dalam kehidupan manusia. Mata kuliah ini juga

(15 Reviews)

Etnopedagogi Berkelanjutan DI Pendidikan Dasar | 2025K

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini mampu menggali, menginteprestasikan, menghubungkan praktik sosial budaya berbasis etnopedagogi yang dihubungkan dengan konteks komunitas berkelanjutan. Aktivitas pada mata kuliah ini dirancang untuk

Riwayat mengajar

Periode Kode MK Nama mata kuliah Kelas Perguruan Tinggi
2023/2024 Genap 8620603263 Inovasi Pembelajaran IPS SD 2021B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620603263 Inovasi Pembelajaran IPS SD 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620602213 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2022A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620602213 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2022B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620603211 Metodologi Penelitian 2022E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620603211 Metodologi Penelitian 2022A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8620603211 Metodologi Penelitian 2022B Universitas Negeri Surabaya

Riwayat Publikasi

No Tahun Judul Artikel Publisher
1. 2025 PELATIHAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH INKLUSIF: PELATIHAN MODUL AJAR BERDIFERENSIASI DI SEKOLAH INKLUSIF Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (1), 24-31
2. 2025 ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI CUPAK Lunggi Journal 3 (1), 1-10
3. 2024 PELATIHAN PENYUSUNAN PROGRAM SEKOLAH ANTI BULLYING: PELATIHAN PENYUSUNAN PROGRAM SEKOLAH ANTI BULLYING Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 (2), 87-93
4. 2024 Community Adaptation in Facing Environmental Pollution Challenges in the Industrial Designated Area of Lamongan Regency, East Java, Indonesia Journal of Social Dynamics and Governance 1 (1), 14-24
5. 2024 MONOPOLY GAME TO IMPROVE STUDENTS’LEARNING OUTCOMES International Conference on Teaching and Learning 2, 246-254
6. 2024 Nurturing Young Muslim Students as Part of Minority Group in American Society Muslim Education Review 3 (1), 37-62
7. 2024 Teaching, Learning, and Praxis: A Critical Inquiry on Graduate Student Research Apprenticeship Opportunities in Qualitative Research. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning 18 (1), 7
8. 2022 ePedagogy during Crisis: Teachers’ Practices of Cultural Affirmation within Immigrant Classrooms during the COVID-19 Pandemic The Ohio State University
9. 2022 Conceptualizing Muslim identity in the US, post-9/11 Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 12 (2), 369-392
10. 2021 “Where am I?” A Critical Discourse Analysis of Religious Representation in Indonesia Journal of Education: Studies in Education 9 (6), 17
11. 2020 Does Spirituality Correlate with Students' Empathy During Covid-19 Pandemic? The Case Study of Indonesian Students The International Journal of Counseling and Education 5 (3), 125-135
13. 2016 PELAKSANAAN ANGGARAN DALAM PERSPEKTIF WORKPLACE SPIRITUALITY UNIVERSITAS AIRLANGGA