•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Matematika Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Matematika
Tanggal Berdiri  :  11 Juli 1996
Koordinator Program Studi  :  Dr. Endah Budi Rahaju, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
  1. Unggul dalam kependidikan matematika, kukuh dalam keilmuan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Perluasan visi: a. Unggul dalam inovasi di bidang pendidikan matematika. b. Kukuh tidak hanya dalam bidang matematika serta aplikasinya, juga mampu untuk memperkuat Pendidikan matematika (mandat yang diperluas). c. Unggul dalam kopetisi global. d. Lulusan unggul yang berwawasan lingkungan dan berjiwa kewirausahaan.
  2. Pada tahun 2035, menjadi program studi sarjana pendidikan matematika yang terkemuka, unggul dalam pendidikan matematika, kuat dalam bidang matematika, dan bercirikan matematika realistik.
  3. Mengembangkan prodi pendidikan matematika berbasis konteks yang tangguh, adaptif, inovatif, dan kolaboratif, berwawasan edu-ecopreneurship serta memperoleh rekognisi internasional

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan matematika yang inovatif dan berbasis penelitian untuk menghasilkan lulusan yang berwawasan lingkungan, berjiwa kewirausahaan, dan memiliki daya saing global.
  2. Melakukan penelitian di bidang matematika untuk memperkuat ilmu pengetahuan yang diakui secara nasional dan internasional serta memperkuat pendidikan matematika.
  3. Membangun pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penelitian untuk mendukung kesejahteraan masyarakat.
  4. Membangun jaringan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan untuk meningkatkan kualitas dan citra program studi matematika.
  5. Menyelenggarakan tata kelola yang otonom, kredibel, adil, akuntabel, dan transparan untuk penjaminan mutu dan peningkatan kualitas di program studi matematika.

Tujuan
  1. Mampu menguasai pengetahuan di bidang matematika dan pendidikan matematika, keterampilan, dan aplikasinya dalam memecahkan masalah di bidang pekerjaan yang mendukung karir professional.
  2. Bertanggung jawab untuk memahami dan menerapkan etika professional dalam tugas dan pekerjaan.
  3. Mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dalam aktivitas professional di level lokal, nasional, dan internasional.
  4. Mampu meningkatkan pengembangan diri yang berkelanjutan (baik formal maupun informal) dan secara kreatif, untuk menjadi panutan dalam profesi yang terkait.

Nilai_dasar
Iman, cerdas, mandiri, jujur, peduli, tangguh (Idaman Jelita)
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Memiliki pengetahuan dasar matematika untuk memecahkan masalah matematika dan terapannya dalam pendidikan

CPL-6 Menguasai prinsip-prinsip pengetahuan matematika untuk mendukung kemampuan berpikir matematis dalam memecahan masalah matematis

CPL-7 Menguasai pengetahuan pedagogik dalam pengajaran dan evaluasi sesuai perkembangan kurikulum transformatif dan perkembangan teknologi berorientasi pendidikan matematika realistik dan edupreneur-leadership

CPL-8 Mendemostrasikan keterampilan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran matematika berwawasan pendidikan realistik berbasis teknologi yang adaptif dan inovatif

CPL-9 Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan penelitian pendidikan matematika

CPL-10 Mengambil keputusan berbasis data dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawab mahasiswa dan mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan

CPL-11 Mengkomunikasikan ide dan hasil penelitian secara rasional, efektif, dan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Matematika

    Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif berdasarkan permasalahan kontekstual, dengan memanfaatkan teknologi terkini dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Asisten Peneliti Pendidikan Matematika

    Bidang pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menerjemahkan ide penelitian, melaksanakannya, dan membuat laporan penelitian pendidikan matematika yang didampingi oleh para ahli, serta mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Edupreneur

    Bidang karir ini membutuhkan kemampuan dalam menggunakan ilmu matematika atau pengetahuan pendidikan matematika untuk mengembangkan kewirausahaan berdasarkan analisis yang memadai dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.

  • Penulis Pendidikan Matematika

    Pekerjaan ini membutuhkan kemampuan dalam menulis ide atau solusi atas permasalahan yang berkaitan dengan fenomena pendidikan matematika yang layak untuk dipublikasikan, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan.


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S1 Pendidikan Matematika

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420203080 KALKULUS I 3.00
8420203087 KIMIA DASAR 3.00
1000002177 BAHASA INGGRIS 2.00
8420203106 MATEMATIKA DASAR 3.00
8420203035 BIOLOGI DASAR 3.00
8420203156 PENGANTAR DASAR MATEMATIKA 3.00
8420203059 FISIKA DASAR I 3.00
8420204170 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK 4.00
8420203058 FISIKA DASAR 3.00
1000002003 BAHASA INDONESIA 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00 ✔
8420203125 METODE STATISTIK 3.00
8420203064 GEOMETRI 3.00
8420203024 BAHASA INGGRIS II 3.00
8420202220 TEORI BILANGAN 2.00
8420203081 KALKULUS II 3.00
8420203219 TEORI BELAJAR 3.00
8420202015 APLIKASI KOMPUTER 2.00
8420203028 BAHASA INGGRIS UTK.PEMB. MATEMATIKA 3.00
8420203084 KALKULUS INTEGRAL 3.00
1000003040 PSIKOLOGI PENDIDIKAN 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420202077 ISD 2.00
8420202197 SEJARAH MATEMATIKA 2.00
8420203066 GEOMETRI ANALITIKA 3.00
8420204085 KALKULUS PEUBAH BANYAK 4.00
8420203107 MATEMATIKA DISKRIT 3.00
8420203009 ALJABAR LINIER ELEMENTER 3.00
8420204130 MKPBM I 4.00
8420203152 PEMROGRAMAN VISUAL 3.00
8420203112 MATEMATIKA SEKOLAH I 3.00
8420203100 LANDASAN PENDIDIKAN 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420203114 MATEMATIKA SEKOLAH II 3.00
8420204016 ASESMEN 4.00
8420203183 PROGRAM LINIER 3.00
8420204131 MKPBM II 4.00
8420203123 METODE NUMERIK 3.00
8420203013 ANALISIS REAL I 3.00
8420203144 PEMBELAJARAN INOVATIF I 3.00
8420202047 E-LEARNING 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420203108 MATEMATIKA KEJURUAN 3.00
8420203010 ALJBAR ABSTRAK I 3.00
8420202187 PSIKOLOGI PEMBELJ. MATEMATIKA 2.00
8420204132 MKPBM III 4.00
8420203146 PEMBELAJARAN INOVATIF II 3.00
8420202098 KURIKULUM MATEMATIKA SEKOLAH 2.00
8420203208 STATISTIKA MATEMATIK I 3.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420203005 ALJABAR ABSTRAK II 3.00
8420202180 PPL I 2.00
8420203175 PERSAMAAN DIFERENSIAL BIASA 3.00
8420202200 SEMINAR PENDIDIKAN MATEMATIKA 2.00
8420203155 PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA 3.00
8420203067 GEOMETRI TRANSFORMASI 3.00
8420202057 FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA 2.00
8420203185 PROGRAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN 3.00
90220303 TEACHING ASSISTANSHIP 3.00
8420202161 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBEL.I 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420203201 SISTEM GEOMETRI 3.00
8420202181 PPL II 2.00
8420203149 PEMODELAN MATEMATIKA 3.00
8420202162 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBEL.II 2.00
8420203096 KULIAH KERJA NYATA 3.00
8420206202 SKRIPSI 6.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8420203207 STATISTIKA MATEMATIKA II 3.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya

Di Program Studi S1 Pendidikan Matematika, evaluasi kurikulum berjalan (ongoing curriculum) dilaksanakan secara berkala sebagai upaya memastikan kesesuaian antara capaian pembelajaran dengan dinamika kebutuhan pendidikan dan perkembangan keilmuan. Evaluasi tahunan ini difokuskan untuk mengidentifikasi tantangan implementasi kurikulum, seperti kendala teknis dalam penjadwalan mata kuliah, kesenjangan antara teori dan praktik, atau respons terhadap perkembangan metodologi pembelajaran matematika terkini. Mekanisme evaluasi dilakukan melalui forum lokakarya kurikulum yang melibatkan dosen, mahasiswa, alumni, serta mitra stakeholders seperti sekolah mitra, dinas pendidikan, dan asosiasi profesi (misalnya, Indonesian Mathematics Education Society/IMES).

Hasil evaluasi tahunan menjadi dasar penyempurnaan minor kurikulum, seperti penyesuaian silabus, penambahan materi terkini, atau optimalisasi metode pembelajaran. Sementara itu, restrukturisasi kurikulum menyeluruh dilakukan setiap lima tahun dengan mengacu pada siklus standar: (1) studi pendahuluan (analisis kebutuhan, tracer study lulusan, studi banding), (2) perancangan kurikulum baru, (3) pengesahan, (4) uji publik, dan (5) implementasi. Pada tahap studi pendahuluan, data tracer study lulusan S1 dianalisis untuk menilai keterserapan di bidang pendidikan (guru, tutor, atau sektor terkait), kesesuaian kompetensi dengan kebutuhan industri pendidikan, serta masukan untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Kolaborasi dengan asosiasi seperti IMES dan jejaring perguruan tinggi memperkaya proses restrukturisasi melalui pertukaran praktik baik dan standar nasional. Dengan menggabungkan evaluasi rutin tahunan dan siklus restrukturisasi lima tahunan, Prodi S1 Pendidikan Matematika menjamin kurikulumnya tetap adaptif, relevan dengan kebutuhan masyarakat, dan selaras dengan perkembangan ilmu pendidikan matematika secara global.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
Aljabar Linear Elementer 3 30% 60% 10% 100 %
Sejarah Matematika 2 100% 100 %
Matematika Sekolah 3 45.45% 9.09% 27.27% 18.18% 99.99 %
Dasar-Dasar Matematika 3 40% 60% 100 %
Kalkulus Integral 4 35.29% 29.41% 35.29% 99.99 %
Geometri 3 53.85% 46.15% 100 %
Teori Bilangan Elementer 2 20% 33.33% 46.67% 100 %
Penulisan Karya Ilmiah 2 40% 20% 20% 20% 100 %
Konservasi Sumber Daya Alam 2 33.33% 66.67% 100 %
Riset Operasi 2 50% 50% 100 %
Matematika Diskrit 2 50% 50% 100 %
Pemodelan Matematika 2 50% 50% 100 %
Aljabar Abstrak 2 24% 36% 40% 100 %
Kalkulus Diferensial 3 57.14% 42.86% 100 %
Analisis Real 3 42.86% 28.57% 28.57% 100 %
Geometri Transformasi 2 50% 50% 100 %
Geometri Analitik 2 20% 80% 100 %
PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK 2 40% 20% 40% 100 %
Media Pembelajaran 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Pembelajaran Inovatif 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Perencanaan Pembelajaran 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Statistika 2 75% 25% 100 %
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2 50% 25% 25% 100 %
Kurikulum Sekolah 2 40% 20% 20% 20% 100 %
Pemrograman Visual 2 50% 25% 25% 100 %
Skripsi 6 30% 20% 20% 10% 10% 10% 100 %
Kewirausahaan 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Pembelajaran Mikro 2 21.43% 28.57% 28.57% 21.43% 100 %
METODOLOGI PENELITIAN 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
KALKULUS PEUBAH BANYAK 3 42.86% 57.14% 100 %
Penalaran dan Pembuktian 2 28.57% 64.29% 7.14% 100 %
Kalkulus Integral 3 100% 100 %
Teori Belajar 2 50% 50% 100 %
Pemecahan Masalah 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Kalkulus Diferensial 4 72.73% 27.27% 100 %
Filsafat Pendidikan Matematika 2 16.67% 25% 16.67% 41.67% 100 %
Dasar Kependidikan 2 100% 100 %
Pendidikan STEM 2 66.67% 33.33% 100 %
Persamaan Diferensial Biasa 3 50% 50% 100 %
Pemrograman Visual 3 50% 25% 25% 100 %
Konsep Dasar IPA 2 37.5% 37.5% 25% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Surabaya

Pengembangan kurikulum Program Sarjana (S1) Pendidikan Matematika didasarkan pada lima landasan utama: filosofis, sosiologis, psikologis, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta yuridis. Berikut penjelasannya dalam konteks jenjang sarjana:

1. Landasan Filosofis

Kurikulum S1 Pendidikan Matematika mengadopsi prinsip Outcome-Based Education (OBE) yang berfokus pada pencapaian kompetensi lulusan sebagai guru matematika yang profesional. Aliran filosofis postmodern, konstruktivisme, dan progresivisme menjadi dasar untuk membangun kurikulum yang responsif terhadap kebutuhan individu dan konteks sosial. Konstruktivisme menekankan bahwa pengetahuan matematika dibangun melalui interaksi aktif siswa dengan lingkungan, sementara progresivisme menekankan pendidikan sebagai pelayanan untuk memenuhi kebutuhan pembelajar. Hal ini tercermin dalam desain pembelajaran berbasis proyek, studi kasus, dan aktivitas kolaboratif yang mendorong mahasiswa S1 menjadi guru yang adaptif, kreatif, dan berorientasi pada pemecahan masalah nyata di kelas.

2. Landasan Sosiologis

Kurikulum S1 Pendidikan Matematika dirancang untuk menjawab tantangan sosiologis dalam pendidikan, seperti kesenjangan kualitas pembelajaran di berbagai daerah dan kebutuhan akan guru matematika yang memahami dinamika sosial siswa. Teori fungsionalisme struktural diintegrasikan untuk memastikan peran guru dalam menjaga stabilitas sistem pendidikan, sementara teori interaksi simbolik dan fenomenologi mendorong mahasiswa S1 memahami perspektif siswa dari latar belakang budaya beragam. Kolaborasi dengan sekolah mitra, dinas pendidikan, dan asosiasi (misalnya, Indonesian Mathematics Education Society/ IMES) menjadi bagian integral untuk memastikan kurikulum selaras dengan kebutuhan masyarakat dan praktik terbaik di lapangan.

3. Landasan Psikologis

Psikologi kognitif dan sosio-kultural menjadi dasar pengembangan strategi pembelajaran di S1 Pendidikan Matematika. Teori Vygotsky tentang zona perkembangan proksimal diterapkan dalam desain pembelajaran kooperatif, sementara konstruktivisme Piaget diwujudkan melalui aktivitas eksperimen matematika dan refleksi kritis. Embodied cognition diintegrasikan dengan penggunaan alat peraga konkret untuk membantu mahasiswa memahami konsep abstrak matematika. Pendekatan ini tidak hanya mempersiapkan calon guru dalam metode pembelajaran, tetapi juga melatih kemampuan mereka untuk merancang pembelajaran inklusif yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa.

4. Landasan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Kurikulum S1 Pendidikan Matematika mengadopsi pandangan matematika sebagai aktivitas manusia yang dinamis, bukan sekadar kumpulan prosedur statis. Integrasi teknologi digital seperti simulasi GeoGebra, platform pembelajaran berbasis AI, dan model STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics) digunakan untuk melatih calon guru dalam mengajarkan matematika yang relevan dengan era Society 5.0. Mahasiswa juga diperkenalkan dengan konsep metaverse untuk eksplorasi virtual dalam pembelajaran geometri atau statistika, serta penggunaan big data untuk analisis kebutuhan pembelajaran siswa. Fokusnya adalah membentuk guru yang mampu memanfaatkan teknologi sebagai media dan sumber belajar, bukan hanya sebagai alat tambahan.

5. Landasan Yuridis

Pengembangan kurikulum S1 Pendidikan Matematika mengacu pada regulasi nasional dan institusional, antara lain:

UU No. 20/2003 tentang Sisdiknas dan UU No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen sebagai dasar pembentukan kompetensi keguruan.

Peraturan Pemerintah No. 4/2014 dan KKNI (Permendikbud No. 73/2013) untuk menjamin kesetaraan kualitas lulusan dengan standar nasional.

Permendikbudristek No. 53/2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi sebagai acuan evaluasi kurikulum.

Renstra Universitas Negeri Surabaya 2020-2025 dan Renstra FMIPA 2024-2029 yang menekankan penguatan kompetensi guru matematika berbasis riset dan teknologi.