Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik Unesa
| Program Studi | : | S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik | 
| Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 | 
| Koordinator Program Studi | : | WELLY SURYANDOKO | 
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
Universitas Negeri Surabaya
			Visi
Mengembangkan keilmuan di bidang pendidikan seni drama, tari dan musik yang kolaboratif, inovatif, adaptif dan tangguh berbasis kewirausahaanMisi
- Menyelenggarakan pendidikan seni drama, tari dan musik yang kolaboratif, inovatif, adaptif dan tangguh (berdasarkan kearifan lokal Jawa Timur dan berwawasan global berbasis kewirausahaan
- Menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kolaborasi dalam ilmu pendidikan drama, tari dan musik berdasarkan kearifan lokal Jawa Timur berbasis kewirausahaan
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan hasil inovasi dalam pendidikan drama, tari dan musik yang berbasis kewirausahaan untuk kesejahteraan masyarakat
- Menyelenggarakan kerja sama secara nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan berkolaborasi dalam ilmu pendidikan drama, tari dan musik
Tujuan
- Menghasilkan lulusan pendidikan seni drama, tari dan musik yang kolaboratif, inovatif, adaptif dan tangguh berdasarkan kearifan lokal Jawa Timur dan berwawasan global berbasis kewirausahaan
- Menghasilkan luaran penelitian (artikel, karya seni dan perangkat pembelajaran) dalam ilmu pendidikan drama, tari dan musik berdasarkan kearifan lokal Jawa Timur berbasis kewirausahaan
- Menyebarluaskan hasil inovasi dalam pendidikan drama, tari dan musik yang berbasis kewirausahaan untuk kesejahteraan masyarakat
- Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam ilmu pendidikan drama, tari dan musik
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
Universitas Negeri Surabaya
			Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik 
Universitas Negeri Surabaya
			Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
Universitas Negeri Surabaya
			Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
				Semester ke 1
						
							
				Semester ke 2
						
							
				Semester ke 3
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					8820902002 
					AKUSTIK ORGANOLOGI 
					2.00 
					 
					1000002177 
					BAHASA INGGRIS 
					2.00 
					 
					8820902097 
					HARMONI LANJUTAN 
					2.00 
					 
					8820902181 
					KARAWITAN TARI JAWA TIMUR 
					2.00 
					 
					8820902522 
					MUSIK TERBANG DAN REBANA 
					2.00 
					 
					1000002039 
					PSIKOLOGI PENDIDIKAN 
					2.00 
					 
					8820902467 
					TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH 
					2.00 
					 
					8820903026 
					ASESMEN PROSES DAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA 
					3.00 
					 
					1000002046 
					LITERASI DIGITAL 
					2.00 
					 
					8820902272 
					PENDIDIKAN INKLUSIF 
					2.00 
					 
					8820903278 
					PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SENI BUDAYA 
					3.00 
					 
					8820904364 
					SENI PERAN REALIS 
					4.00 
					 
					8820902379 
					SOSIOLOGI DRAMA 
					2.00 
					 
					8820902393 
					TARI BALI KEBYAR 
					2.00 
					 
					8820902406 
					TARI JAWA TIMUR ETNIS MALANGAN 
					2.00 
					 
					8820902428 
					TARI SUNDA 
					2.00 
					 
					8820902477 
					TEORI KARAWITAN 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 4
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					8820902011 
					ANALISIS DRAMA PANGGUNG 
					2.00 
					 
					8820902018 
					ANSAMBEL SEJENIS 
					2.00 
					 
					8820902196 
					KONTRAPUNG 
					2.00 
					 
					8820902233 
					METODOLOGI PENCIPTAAN SENI PERTUNJUKAN 
					2.00 
					 
					8820902237 
					METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN 
					2.00 
					 
					8820902246 
					MUSIK TARI 
					2.00 
					 
					8820902458 
					TATA TEKNIK PENTAS DAN CAHAYA 
					2.00 
					 
					8820902460 
					TEATER PENDIDIKAN 
					2.00 
					 
					8820902465 
					TEATER TRADISIONAL 
					2.00 
					 
					8820902511 
					VOKAL WAJIB 
					2.00 
					 
					8820902098 
					HARMONI MANUAL 
					2.00 
					 
					8820902104 
					ILMU ANALISIS BENTUK MUSIK 
					2.00 
					 
					8820902194 
					KOMPOSISI TARI 
					2.00 
					 
					8820901525 
					PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN I (PLP I) 
					1.00 
					 
					8820902328 
					PIANO WAJIB 
					2.00 
					 
					8820902353 
					SEMIOTIKA DRAMA/TEATER 
					2.00 
					 
					8820904363 
					SENI PERAN NON REALIS 
					4.00 
					 
					8820902395 
					TARI BALI LEGONG 
					2.00 
					 
					8820902404 
					TARI JAWA TIMUR ETNIS BANYUWANGEN 
					2.00 
					 
					8820902420 
					TARI NUSANTARA 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 5
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					8820902006 
					ANALISIS DRAMA ELEKTRONIK 
					2.00 
					 
					8820902093 
					GITAR WAJIB 
					2.00 
					 
					8820902158 
					KAJIAN SENI PERTUNJUKAN 
					2.00 
					 
					8820902185 
					KETRAMPILAN TEKNIK TARI DASAR TK, SD 
					2.00 
					 
					8820902209 
					KOREOGRAFI (PENDIDIKAN) 
					2.00 
					 
					8820902259 
					ORKESTRASI 
					2.00 
					 
					8820902405 
					TARI JAWA TIMUR ETNIS MADURA 
					2.00 
					 
					8820902457 
					TATA SUARA DAN EFEK 
					2.00 
					 
					8820903476 
					TEORI BELAJAR SENI 
					3.00 
					 
					8820902022 
					ARANSEMEN 
					2.00 
					 
					8820902043 
					DRAMA RADIO DAN TELEVISI 
					2.00 
					 
					8820902069 
					FILSAFAT SENI 
					2.00 
					 
					8820902217 
					KRITIK TARI 
					2.00 
					 
					8820902287 
					PENULISAN NASKAH DRAMA ELEKTRONIK 
					2.00 
					 
					8820902290 
					PENULISAN NASKAH DRAMA PANGGUNG 
					2.00 
					 
					8820904295 
					PENYUTRADARAAN REALIS 
					4.00 
					 
					8820902378 
					SOSIOLOGI ANTROPOLOGI TARI 
					2.00 
					 
					8820902447 
					TATA RIAS & BUSANA TARI 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 6
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					8820902015 
					ANSAMBEL CAMPURAN 
					2.00 
					 
					8820902019 
					ANTROPOLOGI TEATER 
					2.00 
					 
					1000002176 
					KEWIRAUSAHAAN 
					2.00 
					 
					8820902516 
					KKN 
					2.00 
					 
					8820902206 
					KOREOGRAFI (MURNI) 
					2.00 
					 
					8820904225 
					MANAJEMEN PEMENTASAN 
					4.00 
					 
					8820902520 
					MICROTEACHING 
					2.00 
					 
					8820902243 
					MUSIK PENDIDIKAN 
					2.00 
					 
					8820902249 
					NOTASI TARI 
					2.00 
					 
					8820903337 
					PROGRAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN 
					3.00 
					 
					8820902037 
					DIREKSI 
					2.00 
					 
					8820902211 
					KRITIK DRAMA 
					2.00 
					 
					8820903517 
					KULIAH KERJA NYATA (KKN) 
					3.00 
					 
					8820902281 
					PENGETAHUAN TARI LANJUTAN 
					2.00 
					 
					8820904294 
					PENYUTRADARAAN NON REALIS 
					4.00 
					 
					8820902350 
					SEMINAR 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 7
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					8820902031 
					BAHASA JAWA 
					2.00 
					 
					8820902058 
					ESTETIKA SENI MUSIK 
					2.00 
					 
					8820902060 
					ESTETIKA TARI 
					2.00 
					 
					8820902545 
					IMPROVISASI TEATER 
					2.00 
					 
					8820902183 
					KERONCONG 
					2.00 
					 
					8820904191 
					KOMPOSISI MUSIK 
					4.00 
					 
					8820902543 
					KREATIVITAS DASAR TARI 
					2.00 
					 
					8820902223 
					MANAJEMEN KEPELATIHAN 
					2.00 
					 
					8820902547 
					PRAKTEK INSTRUMEN MUSIK DASAR 
					2.00 
					 
					8820902546 
					PRAKTEK SASTRA DRAMA 
					2.00 
					 
					8820902061 
					ETNOKOREOLOGI 
					2.00 
					 
					8820902214 
					KRITIK SENI MUSIK 
					2.00 
					 
					8820903526 
					PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN II (PLP II) 
					3.00 
					 
					8820904521 
					PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) 
					4.00 
					 
					8820902544 
					SENI TEMBANG 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 8
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					1000002047 
					PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN 
					2.00 
					 
					8820906366 
					SKRIPSI/KARYA SENI 
					6.00 
					 								
							
						
						
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 8820902002 | AKUSTIK ORGANOLOGI | 2.00 | |
| 1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
| 8820902097 | HARMONI LANJUTAN | 2.00 | |
| 8820902181 | KARAWITAN TARI JAWA TIMUR | 2.00 | |
| 8820902522 | MUSIK TERBANG DAN REBANA | 2.00 | |
| 1000002039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 | |
| 8820902467 | TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH | 2.00 | |
| 8820903026 | ASESMEN PROSES DAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA | 3.00 | |
| 1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
| 8820902272 | PENDIDIKAN INKLUSIF | 2.00 | |
| 8820903278 | PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SENI BUDAYA | 3.00 | |
| 8820904364 | SENI PERAN REALIS | 4.00 | |
| 8820902379 | SOSIOLOGI DRAMA | 2.00 | |
| 8820902393 | TARI BALI KEBYAR | 2.00 | |
| 8820902406 | TARI JAWA TIMUR ETNIS MALANGAN | 2.00 | |
| 8820902428 | TARI SUNDA | 2.00 | |
| 8820902477 | TEORI KARAWITAN | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 8820902011 | ANALISIS DRAMA PANGGUNG | 2.00 | |
| 8820902018 | ANSAMBEL SEJENIS | 2.00 | |
| 8820902196 | KONTRAPUNG | 2.00 | |
| 8820902233 | METODOLOGI PENCIPTAAN SENI PERTUNJUKAN | 2.00 | |
| 8820902237 | METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN | 2.00 | |
| 8820902246 | MUSIK TARI | 2.00 | |
| 8820902458 | TATA TEKNIK PENTAS DAN CAHAYA | 2.00 | |
| 8820902460 | TEATER PENDIDIKAN | 2.00 | |
| 8820902465 | TEATER TRADISIONAL | 2.00 | |
| 8820902511 | VOKAL WAJIB | 2.00 | |
| 8820902098 | HARMONI MANUAL | 2.00 | |
| 8820902104 | ILMU ANALISIS BENTUK MUSIK | 2.00 | |
| 8820902194 | KOMPOSISI TARI | 2.00 | |
| 8820901525 | PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN I (PLP I) | 1.00 | |
| 8820902328 | PIANO WAJIB | 2.00 | |
| 8820902353 | SEMIOTIKA DRAMA/TEATER | 2.00 | |
| 8820904363 | SENI PERAN NON REALIS | 4.00 | |
| 8820902395 | TARI BALI LEGONG | 2.00 | |
| 8820902404 | TARI JAWA TIMUR ETNIS BANYUWANGEN | 2.00 | |
| 8820902420 | TARI NUSANTARA | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 8820902006 | ANALISIS DRAMA ELEKTRONIK | 2.00 | |
| 8820902093 | GITAR WAJIB | 2.00 | |
| 8820902158 | KAJIAN SENI PERTUNJUKAN | 2.00 | |
| 8820902185 | KETRAMPILAN TEKNIK TARI DASAR TK, SD | 2.00 | |
| 8820902209 | KOREOGRAFI (PENDIDIKAN) | 2.00 | |
| 8820902259 | ORKESTRASI | 2.00 | |
| 8820902405 | TARI JAWA TIMUR ETNIS MADURA | 2.00 | |
| 8820902457 | TATA SUARA DAN EFEK | 2.00 | |
| 8820903476 | TEORI BELAJAR SENI | 3.00 | |
| 8820902022 | ARANSEMEN | 2.00 | |
| 8820902043 | DRAMA RADIO DAN TELEVISI | 2.00 | |
| 8820902069 | FILSAFAT SENI | 2.00 | |
| 8820902217 | KRITIK TARI | 2.00 | |
| 8820902287 | PENULISAN NASKAH DRAMA ELEKTRONIK | 2.00 | |
| 8820902290 | PENULISAN NASKAH DRAMA PANGGUNG | 2.00 | |
| 8820904295 | PENYUTRADARAAN REALIS | 4.00 | |
| 8820902378 | SOSIOLOGI ANTROPOLOGI TARI | 2.00 | |
| 8820902447 | TATA RIAS & BUSANA TARI | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 8820902015 | ANSAMBEL CAMPURAN | 2.00 | |
| 8820902019 | ANTROPOLOGI TEATER | 2.00 | |
| 1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
| 8820902516 | KKN | 2.00 | |
| 8820902206 | KOREOGRAFI (MURNI) | 2.00 | |
| 8820904225 | MANAJEMEN PEMENTASAN | 4.00 | |
| 8820902520 | MICROTEACHING | 2.00 | |
| 8820902243 | MUSIK PENDIDIKAN | 2.00 | |
| 8820902249 | NOTASI TARI | 2.00 | |
| 8820903337 | PROGRAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN | 3.00 | |
| 8820902037 | DIREKSI | 2.00 | |
| 8820902211 | KRITIK DRAMA | 2.00 | |
| 8820903517 | KULIAH KERJA NYATA (KKN) | 3.00 | |
| 8820902281 | PENGETAHUAN TARI LANJUTAN | 2.00 | |
| 8820904294 | PENYUTRADARAAN NON REALIS | 4.00 | |
| 8820902350 | SEMINAR | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 8820902031 | BAHASA JAWA | 2.00 | |
| 8820902058 | ESTETIKA SENI MUSIK | 2.00 | |
| 8820902060 | ESTETIKA TARI | 2.00 | |
| 8820902545 | IMPROVISASI TEATER | 2.00 | |
| 8820902183 | KERONCONG | 2.00 | |
| 8820904191 | KOMPOSISI MUSIK | 4.00 | |
| 8820902543 | KREATIVITAS DASAR TARI | 2.00 | |
| 8820902223 | MANAJEMEN KEPELATIHAN | 2.00 | |
| 8820902547 | PRAKTEK INSTRUMEN MUSIK DASAR | 2.00 | |
| 8820902546 | PRAKTEK SASTRA DRAMA | 2.00 | |
| 8820902061 | ETNOKOREOLOGI | 2.00 | |
| 8820902214 | KRITIK SENI MUSIK | 2.00 | |
| 8820903526 | PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN II (PLP II) | 3.00 | |
| 8820904521 | PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) | 4.00 | |
| 8820902544 | SENI TEMBANG | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
| 8820906366 | SKRIPSI/KARYA SENI | 6.00 | 
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
Universitas Negeri Surabaya
			- Evaluasi Kurikulum
Kurikulum yang diberlakukan tahun 2018-2019 yaitu kurikulum KKNI. Struktur ini meliputi mata kuliah pengembangan kepribadian 10 sks, mata kuliah keilmuan dan ketrampilan 14 sks, mata kuliah perilaku berkarya 20 sks, mata kuliah keahlian 24 sks, mata kuliah pilihan berkarya (drama, tari, musik, masing-masing konsentrasi 60 sks), mata kuliah pilihan 18 sks, mata kuliah kehidupan bermasyarakat 4 sks, sehingga total 150 sks. Masing-masing mahasiswa mengambil sesuai konsentrasi yang diminati sebanyak 150 sks. Berdasarkan masukan/review dari asesor saat akreditasi tahun 2020 struktur kurikulum harus dirampingkan dan dihilangkan konsentrasi pada peminatan, dikarenakan jika mempertahankan konsentrasi, maka total mata kuliah sejumlah 270 sks yang dianggap tidak logis dan menyalahi pedoman Strata 1 yang seharusnya mahasiswa hanya menempuh mata kuliah sebanyak 144 - 150 sks. Berdasarkan hasil tracer studi, guru seni budaya yang dibutuhkan oleh sekolah harus memiliki kompetensi drama, tari, dan musik.
Ketiga kompetensi ini menjadi dasar dirumuskannya kurikulum MBKM yang diberlakukan tahun 2020-2021. Dalam MBKM pada semester lima mahasiswa harus mendapatkan pengalaman kuliah di luar kampus atau di luar prodi sejumlah 20 sks. Selanjutnya untuk memperkuat kompetensi pedagogik mahasiswa harus dibekali dengan Pengenalan Lapangan Persekolahan sebanyak 20 sks. Untuk membekali kompetensi bermasyarakat mahasiswa harus menempuh pengalaman bermasyarakat / Kuliah Kerja Nyata (KKN) sejumlah 20 sks. Restrukturisasi dari kurikulum MBKM ke OBE dilakukan karena harus terukur, maka dilakukanlah percermatan atau breakdown, berfokus pada profil lulusan dan rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan.
| NO. | TAHUN | TOPIK EVALUASI | DISKRIPSI EVALUASI | PEMBERI MASUKAN | 
| 1. | 2020 | Visi Misi Sasaran dan Tujuan | Bisa diperkuat untuk membentuk spesifikasi prodi Tujuan menghasilkan lulusan yang sesuai denganvisi dan misi prodi | Dr. Udi Utomo, M.SI | 
| 2. | 2020 | Capaian Pembelajaran dan bahan kajian 
 | Capaian pembelajaran harus runtut dengan susunan 
 Bahan kajian yangterkait dengan ketrampilan diskripsinya kurang jelas 
 | Dr. Udi Utomo, M.Si | 
| 
 3. 
 | 2021 | List mahasiswa dan alumni | Untuk menentukan Profil Lulusan | Dr. Widowati Budiastuti, M.Si | 
| 4 | 2021 | Penguatan Misi prodi | Terkait dengan penerapan penelitian dan Kerjasama | Dr. Widowati Budiastuti, M.Si | 
| 5 | 2021 | Perumusan mata kuliah dan RPS | 
 | Dr. Widowati Budiastuti, M.Si | 
| 6 | 2021 | Perubahan mata kuliah | 
 | Rapat ProgramStudi 
 | 
| 7 | 2023 | Perubahan mata kuliah | 
 
 | Rapat ProgramStudi 
 | 
- Tracer Study
Pelacakan lulusan di UPPS menggunakan terkoordinir dari Universitas yang tersistem. Pelaksana pelacakan lulusan ini tim tracer study yang terdiri dari dosen-dosen Unesa yang telah terpilih dan ditetapkan oleh pimpinan Unesa. Tim Tracer Study Universitas Negeri Surabaya terbagi menjadi tiga tingkatan yaitu tingkat Universitas, Fakultas, dan Prodi. Semua tim bekerja sesuai dengan tupoksinya, dengan jalur koordinasi Universitas – Fakultas – Prodi dan Prodi – Fakultas – Universitas.
Kegiatan tracer study dilakukan secara reguler setiap tahun dan kegiatan tersebut selalu terdokumentasi dan tersistem. Pelacakan jejak lulusan/alumni Unesa yang dilakukan kepada alumni terhitung 1 tahun setelah lulus dan telah mendapatkan nomor ijazah, selanjutnya hasil penelusuran dilakukan pengisian oleh alumni secara langsung pada sistem TS Unesa secara daring melalui laman http://tracerstudy.unesa.ac.id, serta dilakukan secara berkala. TS dapat digunakan untuk melacak jejak keberadaan dan kondisi alumni pada saat 1 (satu) tahun setelah lulus. TS juga memiliki peran penting untuk menjaring berbagai informasi sebagai bahan evaluasi dan pengembangan perguruan tinggi. Dengan demikian, hasil TS dapat menjadi gambaran eksistensi perguruan tinggi. Data TS digunakan sebagai dasar perbaikan kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran, serta penyesuaian dan peningkatan sistem pembelajaran. Lebih rinci TS Unesa bertujuan untuk menggali informasi: waktu dan proses memperoleh pekerjaan, serta jumlah lamaran yang pernah diajukan; waktu tunggu yang dibutuhkan (sebelum dan sesudah lulus) untuk mendapatkan pekerjaan; kondisi alumni saat ini (bekerja/berwirausaha/ sedang studilanjut); Kesesuaian kompetensi lulusan dengan bidang kerja.
Hasil tracer Study Prodi Pendidikan Sendratasik pada tahun 2022, sebagai berikut.
Tabel 2. Waktu Tunggu Lulusan
| No. | Tahun Lulus | Jumlah Lulusan | Jumlah Lulusan yang Terlacak | Jumlah Lulusan Terlacak dengan Waktu Tunggu Mendapatkan Pekerjaan | ||
| WT < 6 bulan | 6 ≤ WT ≤ 18 bulan | WT > 18 bulan | ||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| 1 | TS-4 | 67 | 65 | 60 | 3 | 2 | 
| 2 | TS-3 | 85 | 82 | 67 | 11 | 4 | 
| 3 | TS-2 | 104 | 98 | 84 | 10 | 4 | 
| Jumlah | NL = 256 | NJ = 245 | WT1 = 211 | WT2 = 24 | WT4 = 10 | |
Keterangan:
NL = Jumlah lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2).
NJ = Jumlah lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2) yang terlacak. WT1 = Jumlah lulusan terlacak dengan waktu tunggu kurang dari 6 bulan.
WT2 = Jumlah lulusan terlacak dengan waktu lebih atau sama dengan 6 bulan dan kurang atau sama dengan 18 bulan.
WT3 = Jumlah lulusan terlacak dengan waktu tunggu lebih dari 18 bulan.
Dalam hal memiliki usaha sendiri, maka waktu tunggu tunggu dihitung sejak ijin usaha diperoleh
Tabel 3. Data kesesuaian/relevansi keahlian dengan bidang kerja lulusan
| No | Tahun Lulus | Jumlah Lulusan | Jumlah Lulusan yang Terlacak | Jumlah lulusan Terlacak dengan Tingkat Kesesuaian Bidang Kerja | ||
| Rendah1) | Sedang2) | Tinggi3) | ||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 
| 1 | TS-4 | 67 | 65 | 5 | 20 | 40 | 
| 2 | TS-3 | 85 | 82 | 5 | 15 | 62 | 
| 3 | TS-2 | 104 | 98 | 7 | 11 | 80 | 
| Jumlah | NL = 256 | NJ = 245 | BS1 = 17 | BS2 = 46 | BS3 = 182 | |
1) Jenis pekerjaan/posisi jabatan dalam pekerjaan tidak sesuai atau kurang sesuai dengan profil lulusan yang direncanakan dalam dokumen kurikulum.
2) Jenis pekerjaan/posisi jabatan dalam pekerjaan cukup sesuai dengan profil
lulusan yang direncanakan dalam dokumen kurikulum.
3) Jenis pekerjaan/posisi jabatan dalam pekerjaan sesuai atau sangat sesuai dengan profil lulusan yang direncanakan dalam dokumen kurikulum.
NL = Jumlah lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2).
NJ = Jumlah lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2) yang terlacak. BS1 = Jumlah lulusan terlacak dengan kesesuaian bidang kerja rendah.
BS2 = Jumlah lulusan terlacak dengan kesesuaian bidang kerja sedang.
BS3 = Jumlah lulusan terlacak dengan kesesuaian bidang kerja tinggi.
Tabel 4 Responden Pengguna Lulusan
| No. | Tahun Lulus | Jumlah Lulusan | Jumlah Responden Pengguna Lulusan | Jumlah Lulusan yang Dinilai oleh Pengguna | 
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 
| 1 | TS-4 | 67 | 60 | 60 | 
| 2 | TS-3 | 85 | 82 | 82 | 
| 3 | TS-2 | 104 | 94 | 94 | 
| Jumlah | NL = 256 | NR = 236 | NJ = 236 | |
Keterangan:
NL = Jumlah lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2).
NR = Jumlah responden pengguna lulusan yang memberikan tanggapan atas studi pelacakan lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2).
NJ = Jumlah lulusan program studi dalam 3 tahun (TS-4 s.d. TS-2) yang dinilai oleh pengguna.
 
Tabel 5 Tingkat Kepuasan Pengguna
| No | Jenis Kemampuan | Tingkat Kepuasan Pengguna (%) | Rencana Tindak Lanjut oleh UPPS/PS | |||
| Sangat Baik | Baik | Cukup | Kurang | |||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 2 | 
| 1 | Etika | 80 | 20 | 0 | 0 | Mengadakan pelatihan dan seminar tentang pendidikan karakter secara berkala. | 
| 2 | Keahlian pada bidang ilmu (kompetensi utama) | 80 | 10 | 10 | 0 | Mengadakan pelatihan dan seminar kependidikan secara berkala. | 
| 3 | Kemampuan berbahasa asing | 50 | 42 | 8 | 0 | Mengadakan pelatihan dan tes kemampuan berbahasa Inggris bersinergi dengan jurusan bahasa Inggris dan Pusat Bahasa Unesa. | 
| 4 | Penggunaan teknologi informasi | 73 | 25 | 2 | 0 | Mengadakan mata kuliah literasi digital. | 
| 5 | Kemampuan berkomunikasi | 80 | 20 | 0 | 0 | Mengadakan kuliah tamu kepewaraan dan kehumasan. | 
| 6 | Kerjasama | 85 | 10 | 5 | 0 | Melibatkan alumni untuk berpartisipasi dalam kegiatan kemahasiswaan (misalnya penyelenggaraan workshop menulis) dan melibatkan alumni dalam penelitian dan PKM. | 
| 7 | Pengembangan diri | 80 | 20 | 0 | 0 | Mengadakan seminar dan pelatihan yang berhubungan dengan even organizer dan juga sanggar-sanggar seni | 
| Jumlah | 528 | 147 | 25 | 0 | ||
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
Universitas Negeri Surabaya
			 | Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | |||
| Analisis Drama Elektronik | 2 | 33.33% | 50% | 16.67% | 100 % | |||||||
| Metodologi Penciptaan Seni Pertunjukan | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||
| Ansambel | 2 | 42.86% | 57.14% | 100 % | ||||||||
| Kritik Drama | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Dasar Kependidikan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Kajian Seni Pertunjukan | 2 | 5.88% | 5.88% | 88.24% | 100 % | |||||||
| Drama Radio dan Televisi | 2 | 7.69% | 19.23% | 19.23% | 11.54% | 7.69% | 15.38% | 19.23% | 99.99 % | |||
| Aransemen | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||
| Pengembangan Perangkat Pembelajaran Seni Budaya | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Media Pembelajaran Seni Budaya | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||
| Manajemen Pementasan | 3 | 30% | 70% | 100 % | ||||||||
| Penulisan Karya Ilmiah | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||
| Tari Bali | 2 | 35.71% | 14.29% | 14.29% | 21.43% | 14.29% | 100 % | |||||
| Kurikulum Sekolah | 2 | 28.57% | 71.43% | 100 % | ||||||||
| Keaktoran | 2 | 14.71% | 14.71% | 14.71% | 14.71% | 14.71% | 14.71% | 11.76% | 100 % | |||
| Kritik Seni Musik | 2 | 8.33% | 33.33% | 25% | 8.33% | 8.33% | 8.33% | 8.33% | 99.98 % | |||
| Tata Suara dan Efek | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
| Dramaturgi | 2 | 62.5% | 37.5% | 100 % | ||||||||
| Teknologi Informasi Komunikasi | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Komposisi Musik | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Keroncong | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Paduan Suara | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | |||||||
| Sosiologi Antropologi Tari | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Tari Jawa Timur Dasar | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Pengetahuan Tari | 2 | 11.11% | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 11.11% | 99.99 % | |||||
| Pengetahuan Musik | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Pendidikan Inklusif | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Etnokoreologi | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | |||||||
| Bahasa Jawa | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||
| Harmoni | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||
| Statistika | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Apresiasi Seni Pertunjukan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Koreografi (Murni) | 2 | 28.57% | 71.43% | 100 % | ||||||||
| Kontrapung | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Perencanaan Pembelajaran | 2 | 23.08% | 30.77% | 23.08% | 23.08% | 100 % | ||||||
| Teori Musik Lanjutan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Tari Surakarta Bentuk | 2 | 11.11% | 33.33% | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||||
| Estetika Tari | 2 | 23.53% | 5.88% | 29.41% | 11.76% | 17.65% | 5.88% | 5.88% | 99.99 % | |||
| Musik Pendidikan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Seminar | 2 | 14.29% | 28.57% | 7.14% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 7.14% | 100 % | |||
| Teater Pendidikan | 2 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % | |||||||
| Teater Tradisional | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
| Pembelajaran Inovatif | 3 | 37.5% | 62.5% | 100 % | ||||||||
| Tari Yogyakarta Putra | 2 | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | ||||
| Metode Penelitian | 3 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
| Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Tari Nusantara | 3 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||
| Tari Surakarta dan Yogyakarta | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
| Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
| TEORI MUSIK | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||
| Praktek Tari Bentuk | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Pembelajaran Seni | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||
| Penyutradaraan | 3 | 37.5% | 37.5% | 25% | 100 % | |||||||
| Drama Elektronik | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||
| Karawitan | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||
| Improvisasi Teater | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Teori Belajar | 2 | 38.1% | 52.38% | 9.52% | 100 % | |||||||
| Keterampilan Mengajar Dan Pembelajaran Mikro | 2 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
| Tari Jawa Timur Lanjutan | 2 | 12.5% | 68.75% | 18.75% | 100 % | |||||||
| Campursari | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||
| Kreativitas Tari | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
| Seni Peran | 3 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||
| Koreografi | 3 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | |||||||
| Karawitan Dan Tembang | 2 | 18.75% | 18.75% | 25% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||
| Penyutradaraan Film Dan Teater | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||
| Kewirausahaan | 2 | 16.67% | 50% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
| Komposisi Tari | 2 | 25% | 37.5% | 37.5% | 100 % | |||||||
| Kritik Tari | 2 | 25% | 25% | 25% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||
| Penulisan Naskah Drama Elektronik | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
| Vokal Wajib | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Harmoni Lanjutan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| KREATIVITAS DASAR TEATER | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
| Direksi | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Analisis Drama Panggung | 2 | 10% | 10% | 10% | 10% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||
| Penulisan Naskah Drama Panggung | 2 | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||
| IBAM | 2 | 16.67% | 50% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
| Filsafat Seni | 2 | 21.43% | 35.71% | 14.29% | 21.43% | 7.14% | 100 % | |||||
| Tari Nusantara | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||
| Praktek Sastra Drama | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Kreativitas Dasar Tari | 2 | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||
| Seni Tembang | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Metodologi Penelitian | 3 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||
| Perencanaan Pembelajaran Seni Budaya | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||
| Evaluasi Pembelajaran Seni Budaya | 2 | 6.25% | 12.5% | 81.25% | 100 % | |||||||
| Sosiologi dan Antropologi Seni | 2 | 25.71% | 25.71% | 22.86% | 25.71% | 99.99 % | ||||||
| Praktek Tari | 2 | 28.57% | 28.57% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||||
| Tata Artistik | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | |||||||
| Penulisan Naskah Drama | 2 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||
| Proposal Skripsi | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Praktek Piano | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||
| Metode Penelitian dan Penciptaan | 3 | 10% | 20% | 10% | 30% | 20% | 10% | 100 % | ||||
| Tari Bali, Surakarta dan Yogyakarta | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Seni Peran Realis | 2 | 9.09% | 45.45% | 45.45% | 99.99 % | |||||||
| Koreografi | 2 | 23.53% | 47.06% | 29.41% | 100 % | |||||||
| Seni Peran Non Realis | 2 | 42.86% | 42.86% | 14.29% | 100 % | |||||||
| Tari Pendidikan | 2 | 40% | 50% | 10% | 100 % | |||||||
| Tari Sunda dan Sumatra (Tari Nusantara) | 2 | 46.67% | 26.67% | 26.67% | 100 % | |||||||
| Teater Digital | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Dasar Praktek Piano | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Dasar Tari Jawa Timur | 2 | 43.48% | 39.13% | 17.39% | 100 % | |||||||
| Dasar Seni Peran Realis | 2 | 57.14% | 42.86% | 100 % | ||||||||
| Dasar Tari Surakarta dan Yogyakarta | 2 | 6.25% | 56.25% | 37.5% | 100 % | |||||||
| Instrumen Pilihan | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Seni Drama, Tari Dan Musik
Universitas Negeri Surabaya
			Universitas Value
Unesa (Universitas Negeri Surabaya) merupakan konversi dari IKIP Surabaya berdasarkan SK Presiden R.I. nomor 93/1999 tertanggal 4 Agustus 1999 mengelola enam fakultas, yaitu (1) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), (2) Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), (3) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengeta- huan Alam (FMIPA), (4) Fakultas Ilmu Sosial (FIS), (5) FakultasTeknik (FT), dan (6) FakultasIlmu Keolahragaan (FIK). Sejak tahun 2006 bertambahsatu fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi sebagai fakultas ketujuh. Dan mulai tahun 2015 terdapat pe- rubahan nama Fakultas Ilmu Sosial (FIS) menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), seiring dengan makin berkem- bangnya ilmu hukum di Fakultas Ilmu Sosial Unesa. Dengan tujuh fakultas tersebut, Unesa diberi kewenangan menye- lenggarakan program kependidikan dan program nonkepen- didikan, dengan tugas utama tetap sebagai LembagaPendidi- kan Tenaga Kependidikan (LPTK).Seiring dengan berbagaicapaian dan makin menguatnya kelembagaan Unesa pasca perluasan mandat,Unesa mempri- oritaskan terbentuknya fakultas baru sebagai konskuensi logis dari makin berkembangnya bidang ilmu dan kebutuhan di masyarakat. Fakultas baru yang segera dibentuk itu memi- liki kewenangan menyelenggarakan program kependidikan dan program nonkependidikan. Pendirian fakultas baru terse- but dimaksudkan untuk melengkapi tujuh fakultas yang telah ada. Selain itu, dimungkinkan pendirianprogram studi baru untuk memenuhikebutuhan pengembangan ilmu dan dunia kerja.
Unesa sebagaisebuah lembaga pendidikan tinggi, juga di- tuntut mampu menjalankan amanat UUD 1945 dalam bidang pendidikan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan akses seluas-luasnya kepada semua warga negara untuk mendapatkan haknya dalam pendidikan, karena pendidikan merupakan hak asasi bagi setiap warga Negara Indonesia. Dengan demikian Unesa dituntut mampu mem- berikanlayanan pendidikan yang berkualitas dan berkeadlian bagi setiap warga Negara. Pemerataan akses dan peningka- tan mutu pendidikan akan membuat warga negara Indonesia memiliki kecakapan hidup (life skills)sehingga mendorong tegaknyapembangunan manusia seutuhnyaserta masyarakat madani dan modern yang dijiwai nilai-nilai Pancasila, seba- gaimana diamanatkan dalam UU No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Berdasarkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2005 ten- tang Guru dan Dosen,dan berbagai produk ketentuan hukum lainnya, Unesa memiliki satu tantangan yanglebih besar sesuai peran utamanya, yakni menghasilkan guru yang berkualitas dan profesional. Mengacupada tantangan dan peran utama tersebut, Unesa selain berperan mengembang- kan program nonkependidikan, juga memposisikan diri dalam mengembanperan utamanya pada tiga hal, yaitu: (1) pence- tak guru profesional; (2) pusat penelitian dan pengembangan pendidikan; dan (3) tempat pelatihan guru profesional. Sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Unesa yang telah memasukiusia 51 tahunmemperli- hatkan indikator
capaian sebagaiberikut; jumlah mahasiswa(=27.460), jumlah dosen berkualifikasi S2/Sp1 (=618), jumlah dosen berkualifikasi S3/Sp2 (=195), jumlah guru besar (=53), rasio mahasiswa under graduate dengan post graduate (=12%), persentase program studi yang terakreditasi B (=79%), jumlah program studi yang menyelenggarakan kelas bertarafinternasional (=4), proporsi dosen melakukan peneli- tian (=86,4%), proporsi dosen melakukan pengabdian kepada masyarakat (=38%), persentase karya ilmiah terpublikasi in- ternasional (=4,7%), jumlah PT mengembangkan kerjasama kelembagaan dalam dan luar negeri (=69). Untuk memberi arah perjalanan ke depan, Unesa perlu menyusun Renstra 2016–2020. Renstra ini disusun berdasar- kan keterkaitannya dengan rencana pengembangan untuk periode sepuluh tahun yang telah disahkan oleh Senat Univer- sitas pada tahun 2005, dan merupakan kelanjutan dari Ren- stra Unesa 2011–2015. Renstra Unesa 2016–2020 memuat komponen, prinsip dasar dan strategi pengembangan Unesa menuju perguruan tinggi yang berfokus pada bidang kepen- didikan dan nonkependidikan yang sesuai kepentingan bangsa dan negara.Renstra Unesa 2016–2020 diharapkan dapat memper- temukantop-down guidance dan bottom-up innovation. Top- down guidancediposisikan sebagai payung kebijakanbagi unit (fakultas, lembaga, biro, dan unit penunjanglainnya) sehingga unit dapat mengimplementasikan diri ke dalam pro- gram kinerja tahunanyang erat relevansinya dengan tang- gung jawab yang diemban dan inovasi pengembangannya. Dengan bertemunya top-down guidance dan bottom-up inno- vation serta upaya mempersempit celah terjadinyaketidak- efisienan dalam implementasinya akan memudahkan semua pihak untuk melakukan pemantauan, dan evaluasi dalam rangka menciptakan suatu institusi yang kukuh, sehat, unggul, dan martabat. Berbagai upaya pembenahan dilaku- kan Unesa untuk menciptakan suatu sistem pendidikan tinggi yang sehat,dalam artian efektif,efisien, transparan, dan akuntabel tetap mengemban amanah sebagai universitas pendidikan (teaching university) dan persiapanmenuju uni- versitas berbasis riset (research university).
Landasan Filosofi
Landasan filosofis Renstra Unesa 2016–2020 adalah Pan- casila dan UUD 1945 yang dituangkan dalam bentuk nilai-nilai utama sehingga dapat dijadikan acuan bagi seluruh civitas akademi Unesa. Nilai-nilai utama tersebutadalah:
- Unggul dalam proses pelaksanaan pendidikan
- Unggul dalam penelitian dan pengabdian
- Unggul dalam lulusan yang berdayasaing
- Unggul dalam bidang keilmuan
- Unggul dalam persaingan global
Landasan Sosiologis
Landasan sosiologis digunakan untuk menguatkan prodi Pendidikan Seni Drama tari dan Musik sebagai pranata sosial yang penting bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang demokratis melalui pendidikan seni. Secara sosiologis Kurikulum Prodi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik ini dirancang untuk mengatasi masalah yang berkaitan rekonstruksi sosial dengan segala persoalan kemasyarakatan yang muncul, termasuk disintegrasi sosial, konflik antar etnis, dan perilaku kekerasan. Di samping itu, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi disparitas sosial ekonomi yang semakin tajam akibat dari perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat. Juga, untuk memperkuat jatidiri dalam era komunikasi tanpa batas, serta tanpa mengisolasikan diri dari percaturan informasi dan komunikasi melalui pendidikan seni dalam konteks budaya. Daya saing yang tinggi dalam dunia kerja saat ini, menuntut penyiapan lulusan pendidikan seni budaya untuk memiliki paradigma kehidupan ke depan yakni enterprenuer. Kurikulum ini juga dikembangkan dengan mempertimbangkan paradigma enterpreunership tersebut.
Landasan Historis
Sejarah prodi pendidikan seni drama tari dan musik diawali tanggal 27 April 1981 dengan SK Rektor IKIP Surabaya,dengan SK tersebutdiminta untuk mempersiapkan pembukaan jurusan seni tari FKSS IKIP Surabaya. Selain itu juga diadakan lokakarya pembuatan kurikulum D1 jurusan seni tari. Lokakarya diikuti oleh Drs.Soenarjo (alm), Drs.S.Ismoentojo (alm), Dra. Tjintariani, Wahjudhi Dwijowinoto, B.A.,A.M.Munardi,B.A (alm).
Pada bulan Juni 1981, calon dosen jurusanseni tari FKSS IKIP Surabayadicangkokkan di ASTI Jogyakarta dan ASKI Surakarta, diikuti oleh Drs.Soenarjo (alm), Drs.S.Ismoentojo (alm), Dra. Tjintariani, Wahjudhi Dwijowinoto, B.A., Drs. Maryunani Poerbaya, Drs. Sukowinarno). Pada bulan ini juga dilakukan tes calon mahasiswa jurusan seni tari di jurusan seni rupa. Pengumuman hasil tes diterima program D1 sebanyak 41 orang.
Pada bulan Agustus1981 pengukuhan mahasiswabaru IKIP Surabayatermasuk mahasiswa D1 jurusan seni tari. Tanggal 18 Agustus 1981 kuliah perdana jurusan seni tari program D1 diikuti 41 orang mahasiswa. Dosen pengajar terdiri dari Drs.Soenarjo (alm), Drs.S.Ismoentojo (alm), Dra. Tjintariani, Wahjudhi Dwijowinoto, B.A.,A.M.Munardi,B.A (alm), Drs. MaryunaniPoerbaya, Drs. Sukowinarno, Tugas Kumorohadi, B.A. Selain awal perkuliahan, pada bulan Agustus ini juga terbit surat tugas Dekan FKSS tentangPenunjukan Ketua Jurusandan Sekretaris, yaitu ketua jurusanDrs.S.Ismoentojo (alm), sekretaris Wahjudhi Dwidjowinoto,B.A.
Pada tanggal 1 Nopember 1981, ada surat pemindahan tugas atas nama Wahjudhi Dwidjowinoto,B.A. dari PPSP (Proyek Perintis Sekolah Pembangunan) IKIP Surabaya ke Jurusan Seni Tari FKSS IKIP Surabaya.
Pada tahun 1982-1985terjadi beberapa hal, yaitu tahun 1982 membukaprogram D2 (D1 dihapus). Tahun 1983 membukaprogram D3 dan D2 tetap berjalan. Program D1, D2 dan D3 merupakan program Ikatan Dinas. Ada inisiatif mendirikan S1 Seni Tari. Pihak yang terlibatdalam penyusunan Drs.Soenarjo (alm), Drs.S.Ismoentojo (alm), Wahjudhi Dwijowinoto, B.A., Drs. Saksono S., Dra. Warih Handayaningrum, Dra. Noordiana dan Dra. R.Yuni Purwanti.
Pada Bulan Juli 1986 sudah mulai menerimaS1 Seni Tari, tetapi masih menyelenggarakan Diploma.Pada masa ini mulai tahun 1981 sampai 1997 tiapupacara Dies dan Wisuda Seni tari selalu menjadi cucuk laku prosesi pimpinan dan senat Institut dilanjutkan pementasan Sendratari.
Pada tahun 1997 nama jurusandiganti Sendratasik, meskipunbelum menerima drama dan musik. Program D2dan D3 ditransfer ke S1. Tahun 1988 dianjurkan semua sudah S1. Prodi Sendratasik menerima dosen drama dan musik serta mengirimkan dosen tugas belajar S2.
Pada bulan Juli 1996 mulai menerima mahasiswa sendratasik. Pada tahun 1999 kampusketintang pindah ke kampus lidah. Gedung pertunjukan selesai dibangun. Di tahun 1999 IKIP Surabaya menjadi Unesa, jurusan sendratasik tetap berada di FPBS yang berubah menjadi FBS.
Mulai tahun 2000pengiriman dosen untuk studi lanjutS2 ditingkatkan. Pada tahun 2005 jumlah dosen yang sudah S2 mencapai 85%. Penerimaan mahasiswa dilakukan melalui 3 jalur, yaitu PMDK. SPMB, dan Non Reguler. Tahun 2005 sistem administrasi ditingkatkan dengan pembuatan data base untuk dosen dan mahasiswa. Tahun 2006 diusulkan jurusan sendratasik untuk menaungi prodi sendratasik. Tugas akhir mahasiswa dapat memilih antara skripsi atau karya seni, yang sebelumnya keduanya harus dilakukan.
Landasan Hukum
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik IndonesiaTahun 2005 Nomor 157, TambahanLembaran Negara RepublikIndonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentangPendidikan Tinggi (LembaranNegara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan PresidenRepublik Indonesia Nomor 8 Tahun2012, Tentang KerangkaKualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, TentangPenerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, TentangStandar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, TentangAkreditasi Program Studidan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
- Peraturan MenteriPendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved



 
 
			 
 
			 
 
			 
 
			