Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya Unesa
Program Studi | : | S2 Pendidikan Seni Budaya |
Tanggal Berdiri | : | 13 Maret 2009 |
Koordinator Program Studi | : | Prof. Dr. Anik Juwariyah, M.Si. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Program Studi Magister Pendidikan Seni Berbasis Budaya Nusantara yang Mengutamakan Mutu, Inovasi, dan Kukuh dalam Keilmuan.Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan seni yang inovatif berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan, Nusantara, dan nilai-nilai budaya Jawa Timur
- Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan seni berbasis Budaya Nusantara, khususnya Jawa Timur yang inovatif.
- Menyebarluaskan pemikiran dan produk penelitian yang inovatif berbasis Budaya Nusantara, khususnya Jawa Timur yang inovatif
Tujuan
- Memiliki inovasi tinggi dalam pembelajaran seni berdasarkan nilai-nilai kemanusiaan dan nilai-nilai budaya nusantara khususnya Jawa Timur.
- Berkompeten dalam penelitian pendidikan seni yang inovatif serta mempublikasikannya.
- Mampu mengembangkan inovasi pendidikan seni sesuai dengan perkembangan zaman
- Mampu sebagai penggerak seni dalam berbagai bidang pekerjaan seni.
Capaian Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-5 | Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner .
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu menghasilkan produk-produk inovasi pembelajaran seni (model pembelajaran, media pembelajaran, bahan ajar dan pedoman evaluasi).
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Mampu menganalisis teori-teori filsafat ilmu, Filsafat Pendidikan Seni dan Filsafat seni budaya.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Mampu menganaslis teori pendidikn seni, teori seni dan budaya Nusantara khususnya Jawa Timur.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Mampu menganalisis seni budaya nusantara sebagai muatan nilai Pendidikan multikultural
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-10 | Mampu mengembangkan desain, teknologi dan multimedia pembelajaran seni yang inovatif.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum S2 Pendidikan Seni Budaya
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM 2021 S2 PENDIDIKAN SENI BUDAYA
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8810902834
DESAIN DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SENI
2.00
8810902013
FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN SENI
2.00
8810903828
KAJIAN INTER/MULTIDISIPLINER SENI BUDAYA NUSANTARA
3.00
8810902024
KURIKULUM PENDIDIKAN SENI
2.00
8810903825
METODOLOGI PENELITIAN
3.00
8810902039
PSIKOLOGI PENDIDIKAN SENI
2.00
8810902826
TEORI PENDIDIKAN SENI
2.00
8810902814
MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SENI
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8810902830
ESTETIKA SENI NUSANTARA
2.00
8810903831
KAJIAN INTER/MULTIDISIPLINER SENI BUDAYA JAWA TIMUR
3.00
8810902028
MANAJEMEN PENDIDIKAN SENI
2.00
8810902829
PENDIDIKAN KREATIVITAS
2.00
8810902833
METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN
2.00
8810902832
METODOLOGI PENELITIAN SENI
2.00
8810902035
PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
2.00
8810902813
SEJARAH PENDIDIKAN SENI
2.00
8810902815
SOSIOLOGI PENDIDIKAN SENI
2.00
8810902821
STUDI LAPANGAN
2.00
Semester ke 3
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 3 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Magang (2 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8810902820
PROPOSAL PENELITIAN
2.00
8810902823
PUBLIKASI
2.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8810902810
STUDI LAPANGAN (INTERSHIP)
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8810906812
TESIS (THESIS)
6.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8810902834 | DESAIN DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN SENI | 2.00 | |
8810902013 | FILSAFAT ILMU PENDIDIKAN SENI | 2.00 | |
8810903828 | KAJIAN INTER/MULTIDISIPLINER SENI BUDAYA NUSANTARA | 3.00 | |
8810902024 | KURIKULUM PENDIDIKAN SENI | 2.00 | |
8810903825 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
8810902039 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN SENI | 2.00 | |
8810902826 | TEORI PENDIDIKAN SENI | 2.00 | |
8810902814 | MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SENI | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8810902830 | ESTETIKA SENI NUSANTARA | 2.00 | |
8810903831 | KAJIAN INTER/MULTIDISIPLINER SENI BUDAYA JAWA TIMUR | 3.00 | |
8810902028 | MANAJEMEN PENDIDIKAN SENI | 2.00 | |
8810902829 | PENDIDIKAN KREATIVITAS | 2.00 | |
8810902833 | METODOLOGI PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN | 2.00 | |
8810902832 | METODOLOGI PENELITIAN SENI | 2.00 | |
8810902035 | PEMBELAJARAN SENI BUDAYA | 2.00 | |
8810902813 | SEJARAH PENDIDIKAN SENI | 2.00 | |
8810902815 | SOSIOLOGI PENDIDIKAN SENI | 2.00 | |
8810902821 | STUDI LAPANGAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8810902820 | PROPOSAL PENELITIAN | 2.00 | |
8810902823 | PUBLIKASI | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8810902810 | STUDI LAPANGAN (INTERSHIP) | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8810906812 | TESIS (THESIS) | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum dilakukan oleh tim kurikulum dan prodi, beserta UPM, juga berdasarkan hasil tracer study yang ditangani khusus oleh PIC tracer study. Evaluasi kurikulum dilakukan setiap tahun,
Rekap CPL Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | |||
Studi Lapangan (Intership) | 2 | 38.89% | 16.67% | 22.22% | 22.22% | 100 % | ||||||
Sosiologi Pendidikan Seni | 2 | 26.32% | 26.32% | 26.32% | 21.05% | 100 % | ||||||
Filsafat Ilmu Pendidikan Seni | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Pembelajaran Seni Budaya | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Kurikulum Pendidikan Seni | 2 | 28.57% | 71.43% | 100 % | ||||||||
METODOLOGI PENELITIAN | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Kajian Inter/multidisipliner Seni Budaya Jawa Timur | 3 | 20% | 20% | 60% | 100 % | |||||||
Pendidikan Kreativitas | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Estetika Seni Nusantara | 2 | 25% | 8.33% | 50% | 16.67% | 100 % | ||||||
Kajian Inter/multidisipliner Seni Budaya Nusantara | 3 | 12.5% | 12.5% | 25% | 12.5% | 37.5% | 100 % | |||||
Metodologi Penelitian dan Pengembangan | 2 | 40% | 20% | 26.67% | 13.33% | 100 % | ||||||
Desain dan Teknologi Pembelajaran Seni | 2 | 19.35% | 35.48% | 16.13% | 29.03% | 99.99 % | ||||||
Multimedia Pembelajaran Seni | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Studi Lapangan | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Desain dan Teknologi Pembelajaran Seni Budaya | 2 | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 22.22% | 99.99 % | ||||||
Antropologi Seni | 2 | 21.43% | 28.57% | 28.57% | 21.43% | 100 % | ||||||
Pendidikan Multikultur | 2 | 31.25% | 18.75% | 18.75% | 12.5% | 6.25% | 6.25% | 6.25% | 100 % | |||
Kewirausahaan dan Industri Kreatif | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||
Pembelajaran Inovatif | 2 | 37.5% | 62.5% | 100 % | ||||||||
Kurikulum Pendidikan Seni | 3 | 31.25% | 68.75% | 100 % | ||||||||
Kajian Estetika Seni Budaya Nusantara | 4 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Desain Teknologi Pembelajaran Seni | 4 | 33.33% | 50% | 16.67% | 100 % | |||||||
Kewirausahaan dan Industri Kreatif | 3 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Pendidikan dan Pembelajaran Seni Budaya | 4 | 62.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||||||
Metodologi Penciptaan Seni | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Metodologi Penelitian Pengembangan | 3 | 66.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Sosiologi Pendidikan Seni | 3 | 33.33% | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S2 Pendidikan Seni Budaya
Universitas Negeri Surabaya
- RASIONAL
Kurikulum Prodi Pendidikan Seni Budaya dikembangkan berdasarkan landasan (a) filosofis, (b) sosiologis, (c) psikologis, dan (d) yuridis.
- Landasan filosofis kurikulum ini meliputi (1) filsafat ontologi yaitu filsafat Pancasila sebagai landasan utama, yang memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Filsafat Pancasila memberikan relevansi kurikulum dengan kesadaran identitas bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai pulau, adat istiadat, kebudayaan, agama, dan kepercayaan oleh karena itu Lembaga Pendidikan Pascasarjana Unesa bisa memberikan pelayanan pada seluruh unsur yang dimaksud .
(2) filsafat aksiologi yaitu filsafat pendidikan seni yang mengedepankan aksi atau praktik pendidikan kesenian dalam rangka menguatkan keberadaan peran dan fungsi pembelajar dalam memahami konsep, implementasi serta pengembangan pendidikan seni berbasis budaya, di tengah perkembangan bangsa Indonesia (3) filsafat epistemologi yaitu filsafat yang mengedepankankan cara untuk penelitian, pengkajian, dan penciptaan pendidikan seni. Filsafat ini memberikan landasan yang kuat bahwa pendidikan seni budaya senantiasa dianalisis, dikaji, diteliti, dan diciptakan agar pembelajar dapat mengembangkan, membangun, dan menciptakan inovasi pendidikan dan seni berbasis budaya nusantara khususnya Jawa Timur
2. Landasan sosiologis digunakan untuk menguatkan prodi Pendidikan Seni Budaya sebagai pranata sosial yang penting bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang demokratis melalui pendidikan seni budaya. Secara sosiologis Kurikulum Prodi Pendidikan Seni Budaya ini dirancang untuk mengatasi masalah yang berkaitan rekonstruksi sosial dengan segala persoalan kemasyarakatan yang muncul, termasuk disintegrasi sosial, konflik antar etnis, dan perilaku kekerasan. Di samping itu, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi disparitas sosial ekonomi yang semakin tajam akibat dari perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat. Juga, untuk memperkuat jatidiri dalam era komunikasi tanpa batas, serta tanpa mengisolasikan diri dari percaturan informasi dan komunikasi melalui pendidikan seni dalam konteks budaya.
3. Landasan psikologis digunakan karena peristiwa pendidikan seni adalah rumit dan dinamik, yang diwarnai jaringan psikologis dalam kaitanya usaha pendidik untuk mensuseskan belajar. Tenaga pendidik seni yang professional harus mampu mempertanggung jawabkan keberhasilan dan kegagalan dalam mempengaruhi siwa belajar. Hubungan landasan psikologi dengan kurikulum berkenaan dengan pendekatan, startegi, desain, multi media, model pembelajaran, telaah kurikulum pendidikan seni, pembelajaran seni, teori belajar dan berbagai factor yang mempengaruhinya. Produktivitas pendidikan dicerminkan dalam hasil pembelajaran.
4. Landasan yuridis kurikulum Pendidikan Seni Budaya ini menggunakan perundang-undangan yang berlaku. Undang-Undang Dasar 1945 merupakan landasan yuridis yang menunjukkan bahwa pendidikan memiliki peran penting untuk menjamin terjadinya perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang maju dalam tatanan kehidupan Nasional. UU Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional, UU Pendidikan Tinggi No 19 tahun 2005 digunakan sebagai pedoman dasar mengembangkan kurikulum PBSI agar memiliki kesesuaian dan keterpaduan gerak sebagai bangsa dan Negara Indonesia.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved