CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-8 Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik
CPL-11 Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji
CPL-12 Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner
CPL-14 Menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya
CPL-15 Menguasai kebijakan dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra
CPMK
CPMK-1 Memanfaatkan ipteks untuk merencanakan dan melaksanakan pembelajaran bahasa dan sastra sesuai dengan didaktika dan metode bidang pendidikan bahasa dan sastra serta berbasis riset bidang kebahasaan dan kesastraan; dan terampil mengelola dan mengembangkan riset bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan
CPMK-2 Menguasai konsep teoretis kebahasaan dan kesastraan dan penerapannya dalam pembelajaran bahasa dan sastra; dan menguasai konsep pengembangan kurikulum pendidikan bahasa dan sastra serta perangkatnya
CPMK-3 Mengambil keputusan strategis dalam konteks penyelesaian masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan dengan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian ilmiah terhadap informasi dan data dan mampu meningkatkan kapasitas menjadi pebelajar mandiri bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan