CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
CPL-6 Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik yang logis, kritis, sistematis, kreatif dan inovatif dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik.
CPL-7 Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
CPL-12 Menguasai konsep metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya;
CPMK
CPMK-1 Menerapkan metodologi penelitian yang sesuai untuk mengatasi masalah dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra (C3)
CPMK-2 Menganalisis data dan informasi yang relevan untuk mendukung argumen saintifik dalam tesis (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi efektivitas solusi yang diusulkan dalam penelitian terhadap masalah yang ada di bidang pendidikan bahasa dan sastra (C5)
CPMK-4 Menciptakan kerangka teoritis yang inovatif berdasarkan review literatur yang ekstensif (C6)
CPMK-5 Menerapkan prinsip etika akademik dalam pengumpulan dan analisis data (C3)
CPMK-6 Menganalisis dan mengintegrasikan berbagai perspektif interdisiplin dalam penelitian tesis (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi keterkaitan antara temuan penelitian dengan teori dan praktik yang ada (C5)
CPMK-8 Menciptakan pendekatan baru dalam penelitian yang memperkaya bidang pendidikan bahasa dan sastra (C6)
CPMK-9 Menerapkan konsep-konsep kritis dan sistematis dalam pengembangan argumen tesis (C3)
CPMK-10 Menganalisis implikasi praktis dari hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa dan sastra (C4)