CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
CPL-7 Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan
CPL-8 Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
CPL-10 Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus
CPMK
CPMK-1 mahasiswa terampil merancang dan melakukan asesmen pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
CPMK-2 Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan membedakan taksonomi hasil belajar dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotor secara sistematis.
CPMK-3 Mahasiswa mampu merancang dan mengembangkan berbagai bentuk strategi dan instrumen asesmen, termasuk asesmen berbasis kertas dan pensil serta asesmen alternatif, disertai penyusunan rubrik yang tepat.
CPMK-4 Mahasiswa mampu menganalisis dan menginterpretasikan hasil asesmen, serta menerapkan asesmen berbasis kelas untuk menilai keterampilan proses sains dan sikap ilmiah, termasuk penguatan karakter peserta didik.