CPL-8 Merancang kurikulum dan program layanan pendidikan khusus
CPL-9 Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus bagi PDBK
CPL-10 Memanfaatkan media dan teknologi asistif dalam layanan pendidikan khusus
CPMK
CPMK-1 Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan bina diri anak tunagrahita (ATG) dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bina diri anak tunagrahita (ATG) sesuai prosedur
CPMK-2 Menguasai dasar-dasar perancangan, penerapan, penilaian bina diri anak tunagrahita (ATG) meliputi identifikasi kemampuan bina diri ATG yang urgen untuk dikembangkan, memilih dan menerapkan strategi, pendekatan, metode, media dan teknik pembelajaran bina diri bagi ATG maupun sistem evaluasi pembelajaran bina diri bagi peserta didik tunagrahita dalam konteks pembelajaran dan layanan ATG
CPMK-3 Menerapkan keilmuan Bina Diri berbasis teknologi dan kearifan lokal untuk memperoleh informasi/referensi terkait bina diri ATG dan mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bina diri ATG
CPMK-4 Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bina diri ATG untuk menyelesaikan permasalahan ATG, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ATG berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG
CPMK-5 Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran dan riset yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG