CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Menerapkan konsep dan teori PAUD serta ragam metode penelitian terkini tentang anak usia dini, mengembangkan lembaga PAUD dan model-model pembelajaran anak usia dini dengan berbagai sumber belajar multi moda, sesuai prinsip tangguh dengan menyesuaikan berbagai situasi, tantangan dalam pengembangan diri untuk meningkatkan layanan PAUD; (Keterampilan Umum) (profile 1, 2 dan 3);
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep dan teori terkini dalam penelitian PAUD untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah praktis di lapangan (C3)
CPMK-2 Menganalisis berbagai metode penelitian terkini dalam PAUD untuk memahami kelebihan dan keterbatasan masing-masing metode dalam konteks yang berbeda (C4)
CPMK-3 Mengevaluasi hasil penelitian dalam PAUD berdasarkan kriteria ilmiah dan praktis untuk meningkatkan kualitas intervensi pendidikan (C5)
CPMK-4 Menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan mengintegrasikan berbagai teori dan metode penelitian terkini dalam PAUD (C6)
CPMK-5 Menerapkan keterampilan penulisan ilmiah untuk menyusun laporan penelitian yang sistematis dan memenuhi standar publikasi ilmiah (C3)
CPMK-6 Menganalisis data penelitian menggunakan metode statistik dan interpretasi yang tepat untuk memperoleh kesimpulan yang valid (C4)
CPMK-7 Mengevaluasi efektivitas model pembelajaran yang diterapkan dalam PAUD berdasarkan hasil penelitian dan teori yang relevan (C5)
CPMK-8 Menciptakan karya tulis ilmiah yang mengintegrasikan penelitian terkini dan aplikasi praktis untuk memajukan praktik pendidikan PAUD (C6)
CPMK-9 Menerapkan prinsip-prinsip etika penelitian dalam merancang dan melaksanakan studi tentang PAUD (C3)
CPMK-10 Menganalisis implikasi dari temuan penelitian terhadap pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan anak usia dini (C4)