CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Mampu mewujudkan kecakapan afektif, sosial, akademik, dan lifeskill secara bertanggung jawab dan profesional melalui penerapan konsep/keilmuan, hasil penelitian/inovasi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta dalam bidang keilmuan bahasa dan sastra.
CPL-7 Mampu mengidentifikasi masalah bidang pendidikan bahasa dan sastra, serta bidang kebahasaan dan kesastraan sebagai objek penelitian dan memposisikannya ke dalam peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
CPL-10 Menguasai konsep-konsep teoretis bahasa dan sastra dan penerapannya yang berbasis pada filsafat pendidikan, filsafat bahasa, dan filsafat sastra
CPL-11 Menguasai konsep teoretis keterampilan berbahasa dan bersastra secara integratif
CPL-12 Menguasai konsep metodologi penelitian pendidikan bahasa dan sastra untuk pengembangan bahasa, sastra dan pembelajarannya;
CPMK
CPMK-1 Menerapkan konsep-konsep teoretis bahasa dan sastra dalam merancang kurikulum pendidikan bahasa dan sastra yang inovatif dan kontekstual (C3)
CPMK-2 Menganalisis dan mengevaluasi kurikulum yang ada untuk mengidentifikasi kebutuhan perubahan berdasarkan teori dan praktik terkini dalam pendidikan bahasa dan sastra (C4, C5)
CPMK-3 Mengembangkan materi ajar yang integratif dan interdisipliner yang mendukung pengajaran bahasa dan sastra secara efektif (C6)
CPMK-4 Merancang dan menerapkan penelitian untuk menguji efektivitas kurikulum bahasa dan sastra yang telah diperbaharui (C3, C5)
CPMK-5 Menganalisis dampak sosial dan akademik dari penerapan kurikulum bahasa dan sastra baru dalam konteks pendidikan saat ini (C4)
CPMK-6 Mengevaluasi dan menyempurnakan strategi pengajaran bahasa dan sastra berdasarkan umpan balik dari praktik pendidikan dan hasil penelitian terkait (C5)
CPMK-7 Menciptakan metode pengajaran yang inovatif untuk meningkatkan keterampilan berbahasa dan bersastra siswa (C6)
CPMK-8 Menerapkan pendekatan multidisiplin dalam pengembangan kurikulum untuk memastikan relevansi dan aplikabilitas lintas disiplin ilmu (C3)
CPMK-9 Menganalisis dan mengintegrasikan nilai-nilai filsafat pendidikan, bahasa, dan sastra dalam pengembangan kurikulum (C4)
CPMK-10 Menciptakan alat evaluasi yang efektif untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa dalam bahasa dan sastra (C6)