Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Tata Boga |
Tanggal Berdiri | : | 1 Agustus 2011 |
Koordinator Program Studi | : | SRI HANDAJANI |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
Misi
- Menghasilkan sarjana pendidikan bidang boga yang berkarakter dan profesional sehingga mampu berkompetisi dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, maksimal lama studi 10 semester sebanyak 100%.
- Meningkatkan keilmuan pendidikan Tata Boga melalui penelitian yang relevan dengan perkembangan ipteks minimal 5 penelitian per tahun.
- Meningkatkan kepedulian kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian, minimal sepuluh pengabdian per tahun
- Meningkatkan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi guna meningkatkan relevansi dan kualitas lulusan, minimal tiga perjanjian kerjasama per tiga tahun
- Meningkatkan kuantitas dan/ kualitas sarana dan prasarana pembelajaran per lima tahun
- Memperluas aksesibilitas informasi semua jenis data Prodi seiring dengan perkembangan di Fakultas dan Universitas
- Melaksanakan tatapamong diprodi yang sehat, efisien, efektif, produktif, transparan, akuntabel, dan sejahtera.
Tujuan
- Menguasai dan menerapkan kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial dalam ilmu dan teknologi pendidikan Tata Boga bercirikan kearifan lokal (keguruan).
- Menguasai metode ilmiah untuk memecahkan masalah ilmu kependidikan dan penerapan keterampilan Tata Boga (knowledge and understanding).
- Memiliki keterampilan dalam menerapkan keilmuan di bidang pendidikan Tata Boga secara formal dan non formal sepanjang hayat dengan mengedepankan kearifan lokal.
- Memiliki kemampuan dalam mentransfer ilmu pengetahuan dan keterampilan Tata Boga (transferable skills).
Visi
PRODI YANG TANGGUH, ADAPTIF, KOLABORATIF DAN INOVATIF DALAM KEILMUAN DAN PENDIDIKAN TATA BOGA YANG BERORIENTASI KEWIRAUSAHAANNilai_dasar
1. Keprofesionalan (Mempersiapkan lulusan yang profesional di bidang pendidikan dan keterampilan tata boga, berorientasi pada pengembangan kompetensi pedagogik dan keterampilan kuliner). 2. Keahlian dalam bidang tata boga/kuliner (memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis tata boga). 3. Pendidikan dan pedagogik (kemampuan mengajar di bidang tata boga, menyusun perangkat pembelajaran dan mengelola pembelajaran secara efektif). 4. Kreatif dan inovatif. 5. Memiliki etika dan moral. 6. Memiliki jiwa wirausaha.Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM 2023 MBKM
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8321102115
ILMU BAHAN MAKANAN
2.00
8321102024
ILMU KESEJAHTERAAN KELUARGA
2.00
1000002020
PANCASILA EDUCATION
2.00
1000002047
PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN
2.00
8321102117
SANITASI HIGIENE DAN K3
2.00
1000002003
BAHASA INDONESIA
2.00
8321102138
DASAR BOGA
2.00
1000002048
DASAR -DASAR KEPENDIDIKAN
2.00
8321102026
KIMIA TERAPAN
2.00
8321102036
MATEMATIKA TERAPAN
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8321102116
ILMU GIZI
2.00
1000002033
KEWARGANEGARAAN
2.00
8321102131
KURIKULUM SEKOLAH
2.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
8321102030
MANAJEMEN
2.00
8321102139
MANAJEMEN DAPUR
2.00
8321102140
SENI KULINER
2.00
8321102129
TEORI BELAJAR
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
2.00
✔
8321102141
MAKANAN INDONESIA
2.00
8321102133
MAKANAN WESTERN
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8321102144
APLIKASI KOMPUTER
2.00
8321102135
MAKANAN ASIA
2.00
8321102040
OLAHAN COKLAT DAN GULA*)
2.00
8321102130
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
2.00
8321102143
TATA HIDANG
2.00
8321102145
BAHASA INGGRIS PROFESI
2.00
8321102132
BAKERY
2.00
8321102119
ETIKA PROFESI DAN ESTETIKA
2.00
8321102134
EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
2.00
8321102136
KUE DAN MINUMAN INDONESIA
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8321103038
METODOLOGI PENELITIAN
3.00
8321102053
PENGELOLAAN LAB BIDANG STUDI
2.00
8321102142
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
2.00
8321102084
SOSIO BUDAYA MAKANAN*)
2.00
8321102095
STATISTIKA
2.00
8321102096
TEKNOLOGI PANGAN
2.00
8321102082
CAKE DAN PASTRY
2.00
8321102174
HALAL FOOD
2.00
8321103032
MANAJEMEN USAHA BOGA
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8321104007
CIPTA KARYA BOGA
4.00
8321102146
KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO
2.00
8321103177
PENGELOLAAN KUE DAN MINUMAN KHAS JAWA TIMUR
3.00
8321103176
PENGELOLAAN MAKANAN KHAS JAWA TIMUR
3.00
8321102100
SEMINAR
2.00
8321102015
DIVERSIFIKASI PANGANLOKAL
2.00
8321102173
EVALUASI SENSORI
2.00
8321102085
FUSION FOOD*)
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000003060
MPK-DESAIN PROGRAM
3.00
1000003058
MPK-KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
3.00
1000002059
MPK-MANAJEMEN OPERASIONAL
2.00
1000002063
MPK-PENDESIMINASIAN PROGRAM
2.00
1000002057
MPK-PERENCANAAN
2.00
1000004061
MPK-PELAKSANAAN PROGRAM
4.00
1000002064
MPK-PELAPORAN PROGRAM
2.00
1000002062
MPK-PENILAIAN PROGRAM
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002051
PLP-ANALISIS KURIKULUM
2.00
1000002055
PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN
2.00
1000002049
PLP-MANAJEMEN SEKOLAH
2.00
1000002054
PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
2.00
1000002050
PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH
2.00
1000003052
PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
3.00
1000004056
PLP-PRAKTIK MENGAJAR
4.00
1000003053
PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004105
TUGAS AKHIR
4.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321102115 | ILMU BAHAN MAKANAN | 2.00 | |
8321102024 | ILMU KESEJAHTERAAN KELUARGA | 2.00 | |
1000002020 | PANCASILA EDUCATION | 2.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
8321102117 | SANITASI HIGIENE DAN K3 | 2.00 | |
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
8321102138 | DASAR BOGA | 2.00 | |
1000002048 | DASAR -DASAR KEPENDIDIKAN | 2.00 | |
8321102026 | KIMIA TERAPAN | 2.00 | |
8321102036 | MATEMATIKA TERAPAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321102116 | ILMU GIZI | 2.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
8321102131 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
8321102030 | MANAJEMEN | 2.00 | |
8321102139 | MANAJEMEN DAPUR | 2.00 | |
8321102140 | SENI KULINER | 2.00 | |
8321102129 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam |
2.00 | ✔ |
8321102141 | MAKANAN INDONESIA | 2.00 | |
8321102133 | MAKANAN WESTERN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321102144 | APLIKASI KOMPUTER | 2.00 | |
8321102135 | MAKANAN ASIA | 2.00 | |
8321102040 | OLAHAN COKLAT DAN GULA*) | 2.00 | |
8321102130 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 2.00 | |
8321102143 | TATA HIDANG | 2.00 | |
8321102145 | BAHASA INGGRIS PROFESI | 2.00 | |
8321102132 | BAKERY | 2.00 | |
8321102119 | ETIKA PROFESI DAN ESTETIKA | 2.00 | |
8321102134 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8321102136 | KUE DAN MINUMAN INDONESIA | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321103038 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
8321102053 | PENGELOLAAN LAB BIDANG STUDI | 2.00 | |
8321102142 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8321102084 | SOSIO BUDAYA MAKANAN*) | 2.00 | |
8321102095 | STATISTIKA | 2.00 | |
8321102096 | TEKNOLOGI PANGAN | 2.00 | |
8321102082 | CAKE DAN PASTRY | 2.00 | |
8321102174 | HALAL FOOD | 2.00 | |
8321103032 | MANAJEMEN USAHA BOGA | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8321104007 | CIPTA KARYA BOGA | 4.00 | |
8321102146 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO | 2.00 | |
8321103177 | PENGELOLAAN KUE DAN MINUMAN KHAS JAWA TIMUR | 3.00 | |
8321103176 | PENGELOLAAN MAKANAN KHAS JAWA TIMUR | 3.00 | |
8321102100 | SEMINAR | 2.00 | |
8321102015 | DIVERSIFIKASI PANGANLOKAL | 2.00 | |
8321102173 | EVALUASI SENSORI | 2.00 | |
8321102085 | FUSION FOOD*) | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000003060 | MPK-DESAIN PROGRAM | 3.00 | |
1000003058 | MPK-KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA | 3.00 | |
1000002059 | MPK-MANAJEMEN OPERASIONAL | 2.00 | |
1000002063 | MPK-PENDESIMINASIAN PROGRAM | 2.00 | |
1000002057 | MPK-PERENCANAAN | 2.00 | |
1000004061 | MPK-PELAKSANAAN PROGRAM | 4.00 | |
1000002064 | MPK-PELAPORAN PROGRAM | 2.00 | |
1000002062 | MPK-PENILAIAN PROGRAM | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002051 | PLP-ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
1000002055 | PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002049 | PLP-MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000002054 | PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002050 | PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
1000003052 | PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
1000004056 | PLP-PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 | |
1000003053 | PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
Sejak tahun 2014 Prodi di Unesa secara bertahap telah mengembangkan dan mengimplementasikan Kurikulum Prodi berbasis KKNI dan SNPT. Pada tahun 2016, prodi S1 Pendidikan Tata Boga melaksanakan Kurikulum KKNI yang disusun sesuai dengan standar pendidikan nasional (Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015). Pelaksanaan Kurikulum KKNI di UNESA sesuai dengan berdasarkan SK Rektor Unesa Nomor 896/UN38/HK/KR/2019, Prodi melakukan revisi kurikulum berdasarkan Pedoman Asesmen ketercapaian Capaian Pembelajaran pada Kurikulum Program Studi di Universitas negeri Surabaya. Pada tahun 2020 hingga sekarang di berlakukan kurikulum MBKM, yang di implementasikan ke Prodi selingkung UNESA berdasarkan Pedoman Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Evaluasi Kurikulum tahun 2020, yaitu kurikulum MBKM dilakukan dengan membandingkan capaian kinerja mutu unsur yang dievaluasi terhadap standar yang telah ditetapkan. Kesenjangan antara kinerja mutu terhadap standar menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan modifikasi. Modifikasi dilakukan terhadap kinerja yang tidak sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, atau dapat juga standar yang dimodifikasi jika kinerja telah melampauinya. Selanjutnya diputuskan apakah dilakukan perbaikan terhadap kinerja mutu atau standar, atau kinerja mutu tersebut dianggap selesai dalam proses evaluasi. Evaluasi terhadap kurikulum telah dilakukan setiap 2 tahun sekali, terakhir dilakukan pada tahun 2022, dilanjutkan dengan kegiatan restrukturisasi kurikulum dengan menghadirkan narasumber dari praktisi boga dan pendidikan. Hasil yang diperoleh adalah masukan terhadap konten atau isi materi perkuliahan agar lebih tepat dan sesuai dengan kebutuhan DU/DI.
Alumni sebagai subjek tracer study menilai bahwa sebesar 84% kurikulum yang telah dikembangkan oleh Prodi S1 Pendidikan Tata Boga telah sesuai dan erat hubungannya dengan bidang pekerjaannya sekarang. Mendiskripsikan kesesuaian bidang kerja lulusan juga menjadi salah satu yang teramat penting dalam tracer study. Secara umum keselarasan antara bidang pekerjaan alumni saat ini dengan bidang ilmu yang ditempuh ketika di bangku kuliah, hal ini sebagai salah satu indicator penting untuk melihat apakah proses perkuliahan dengan berbagai kurikulum, mata kuliah, dan pengajarannya menjadi bukti apakah selaras dengan kebutuhan dunia dunia kerja atau tidak. Juga bisa memiliki makna bahwa para alumni yang sudah atau sedang berkiprah di dunia kerja apakah sudah sesuai dengan keilmuan atau kompetensinya. Hal ini menjadi penting untuk mengukur kualitas pembelajaran dengan kebutuhan di dunia kerja (link and match), sehingga penting sekali mengetahui terkait keselarasan horizontal. Secara beturut-turut pada tahun 2021, 2022, dan 2023 bidang pekerjaan alumni memiliki kesesuaian dengn profil Program studi dan kurikulum adalah sebesar 69%; 80,78%; dan 80%. Walaupun pada tahun 2022 kesesuain mengalami peningkatan, namum nyatanya nilai kesesuain masih belum sempurna. Hal ini diduga karena para alumni telah mengalami perkembangan teknologi terkait materi yang yang selama ini diajarkan, sehingga perlu adanya perbaikan serta penyesuaian dengan perkembangan ilmu yang selama ini terjadi. Perlu menambahkan mata kuliah baru pada kurikulum PS S1 Pendidikan Tata Boga FT Unesa sesuai degan kurikulum di SMK dan industri, seperti gastronomi molekuler, pengelolaan IT bisnis kuliner, analisis sensori, dan lain sebagainya.
Terkait dengan aspek pembelajaran, aspek tersebut menjadi salah satu feedback yang penting bagi kemajuan dan peningkatan kualitas pembelajaran S1 Pendidikan Tata Boga. Aspek pembelajaran yang dimaksud adalah 1) Perkuliahan; 2) Demonstrasi; 3) Partisipasi dalam Proyek (Riset); 4) Magang; 5) Praktikum; 6) Kerja Lapangan, dan 7) Diskusi. Berdasarkan hasil tracer study pendekatan diskusi dan magang menunjukan respon yang positif, yaitu masing-masing berada pada poin 3,30 dan 3,00 dari skor maximum 4,00. Pada aspek praktikum dan perkuliahan terlihat paling rendah, yaitu 2,35 dan 2,25. Hal ini dapat terjadi dikarenakan alumni mengalami pembelajaran daring dikarenaka Covid 19. Sehingga pembalajaran beralih menjadi luring. Keterlibatan alumni dalam praktikum pun menjadi sangat minim, karena alumni harus belajar dirumah. Pengembangan aspek pembelajaran sangat penting untuk membekali mahasiswa dengan kompetensi-kompetensi yang nantinya diperlukan di DU/DI.
Kemampuan alumni S1 Pendidikan Tata Boga tidak hanya dinilai dari hard skill saja namun juga dinilai dari soft skill. Kedua kemampuan tersebut selayaknya terus diasah selama masa studi di perguruan tinggi. Dalam survey ini alumni diminta memberikan umpan balik atau penilaian terhadap penguasaan kompetensi yang mereka miliki. Berdasarkan hasil penelusuran dari 29 kompetensi yang dibutuhkan oleh industri, alumni memiliki lima kopetensi yang sangat unggul, yaitu 1) etika, 2) keahlian bidang studi, 3) kerjasama, 4) toleransi, dan 5) integritas, dimana kompetensi tersebut memiliki skor ≥4,00 dengan skor maksimum adalah 5,00. Sedangkan kompetensi terendah adalah kemampuan bahasa inggis dengan skor 2,88. Artinya kurikulum perlu lebih mendukung mahasiswanya dalam berbahasa inggis dalam pembelajaran.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | |||
Cake dan Pastry | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||
Dasar Kependidikan | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Ilmu Bahan Makanan | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Cipta Karya Boga | 4 | 20% | 26.67% | 40% | 13.33% | 100 % | |||||
Tata Hidang | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||
Bakery | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
HALAL FOOD | 2 | 25% | 37.5% | 25% | 12.5% | 100 % | |||||
FUSHION FOOD | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | |||||
EVALUASI SENSORI | 2 | 18.18% | 36.36% | 27.27% | 18.18% | 99.99 % | |||||
Statistika | 2 | 22.73% | 27.27% | 40.91% | 9.09% | 100 % | |||||
Seminar | 1 | 21.43% | 35.71% | 21.43% | 21.43% | 100 % | |||||
Metodologi Penelitian | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||
Pengetahuan Bahan Makanan | 3 | 22.5% | 30% | 10% | 37.5% | 100 % | |||||
Pengelolaan Lab Bidang Studi | 2 | 26.09% | 43.48% | 4.35% | 26.09% | 100 % | |||||
Ilmu Kesejahteraan Keluarga | 2 | 20% | 10% | 20% | 50% | 100 % | |||||
ilmu Gizi | 2 | 20% | 15% | 20% | 15% | 30% | 100 % | ||||
Olahan Coklat dan Gula*) | 2 | 10% | 43.33% | 26.67% | 20% | 100 % | |||||
Manajemen Usaha Boga | 3 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | |||||
Teori Belajar | 2 | 12.5% | 25% | 25% | 37.5% | 100 % | |||||
Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | |||||
Perencanaan Pembelajaran | 2 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | |||||
Makanan Asia | 2 | 33.33% | 28.57% | 14.29% | 23.81% | 100 % | |||||
Aplikasi Komputer | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Manajemen Dapur | 2 | 7.14% | 50% | 35.71% | 7.14% | 99.99 % | |||||
Makanan Western | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Kue dan Minuman Indonesia | 2 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | |||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||
Seni Kuliner | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 2 | 14.29% | 42.86% | 28.57% | 14.29% | 100 % | |||||
Makanan Indonesia | 2 | 31.43% | 31.43% | 20% | 17.14% | 100 % | |||||
Teknologi Pangan | 2 | 14.29% | 42.86% | 42.86% | 100 % | ||||||
Sosio Budaya Makanan*) | 2 | 11.11% | 33.33% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||
Etika Profesi dan estetika | 2 | 37.5% | 31.25% | 31.25% | 100 % | ||||||
Bahasa Inggris II | 2 | 45.45% | 18.18% | 27.27% | 9.09% | 99.99 % | |||||
Seni Kuliner | 3 | 28.95% | 36.84% | 34.21% | 100 % | ||||||
Kimia Pangan | 2 | 11.11% | 33.33% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||
Sanitasi Higiene dan K3 | 2 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | ||||||
Dasar Boga | 3 | 6.25% | 12.5% | 81.25% | 100 % | ||||||
Matematika Kuliner | 2 | 16.13% | 38.71% | 25.81% | 19.35% | 100 % | |||||
Makanan Western | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Makanan Indonesia | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Seminar Proposal | 1 | 20% | 30% | 20% | 30% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
Universitas Negeri Surabaya
Landasan filosofis :
Bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas hidupnya secara individu maupun di masyarakat.
Landasan sosiologis :
Mahasiswa diharapkan mampu memiliki karakter sebagai seorang pendidik dan memiliki kecakapan hidup yang bisa diaplikasikan di dalam masyarakat.
Landasan psikologis :
Pengembangan kurikulum mampu mendorong secara terus-menerus keingintahuan dan dapat memotivasi belajar sepanjang hayat
Landasan historis :
Kurikulum yang mampu memfasilitasi peserta didik belajar sesuai zamannya.
Landasan Yuridis:
- UU RI nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen
- UU RI nomor 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi
- Peraturan Presiden RI nomor 8 tahun 2012 tentang kerangka kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
- Permendikbud RI Nomor 73 tahun 2013 tentang penerapan kkni bidang perguruan tinggi
- Permenristekdikti nomor 62 tahun 2016 tentang sistem penjaminan mutu pendidikan tinggi
- Permendikbud RI nomor 3 tahun 2020 tentang standar nasional pendidikan tinggi
- Permendikbud RI Nomor 5 tahun 2020 tentang akreditasi program studi dan perguruan tinggi
- Permendikbud RI nomor 22 tahun 2020 tentang rencana strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved