CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-5 Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.
CPL-6 Menguasai konsep teoritis pedagogik sebagai landasan dalam praksis perencanaan, implementasi proses, pelaksanaan penilaian dan evaluasi pembelajaran IPS yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kurikulum sekolah.
CPL-8 Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global.
CPMK
CPMK-1 Mengidentifikasi konsep, prinsip, dan landasan perencanaan pembelajaran yang relevan dalam konteks pendidikan IPS.
CPMK-2 Menganalisis kompetensi dasar dan struktur kurikulum IPS untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang sesuai.
CPMK-3 Merancang perangkat pembelajaran IPS secara sistematis, meliputi pemilihan materi, metode, media, dan sumber belajar yang kontekstual.
CPMK-4 Menyusun RPP yang aplikatif sesuai berdasarkan kurikulum nasional