CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
CPL-6 Terampil memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran bahasa Indonesia dan BIPA, serta permasalahan kebahasaan dan kesastraan melalui pengembangan desain penelitian, metode, dan penyimpulan secara efektif.
CPL-7 Terampil mendesiminasikan hasil penelitian/kajian pendidikan bahasa Indonesia dan BIPA, serta bahasa dan sastra Indonesia dengan pendekatan interdispliner/ multidisipliner yang diakui secara nasional/internasional
CPL-9 terampil mengembangkan kajian kebahasaan dan kesastraan dengan mengaplikasikan teori dan konsep dengan pendekatan interdisipliner/multidisipliner, serta memanfaatkan Ipteks sehingga dapat menghasilkan inovasi dalam bidang kebahasaan dan kesastraan.
CPMK
CPMK-1 Mahasiswa mampu menganalisis ilmu metode penelitian pendidikan bahasa Indonesia secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).
CPMK-2 CPMK 2 Mahasiswa mampu mengevaluasi metode penelitian pendidikan bahasa Indonesia secara komprehensif (ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi).
CPMK-3 CPMK 3 Mahasiswa mampu membuat kajian prinsip dari metode penelitian pendidikan bahasa Indonesia.
CPMK-4 CPMK 4 Mahasiswa mampu menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran metode penelitian pendidikan bahasa Indonesia (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
CPMK-5 CPMK 5 Mahasiswa mampu mengevaluasi dasar metode penelitian pendidikan bahasa Indonesia.
CPMK-6 CPMK 6 Mahasiswa mampu membuat kajian pemikiran para tokoh metode penelitian pendidikan bahasa Indonesia
CPMK-7 CPMK 7 Mahasiswa mampu menganalisis bukti keterkaitan antara metode penelitian pendidikan bahasa Indonesia, teknologi, dan masyarakat.