•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Musik Unesa

 
Program Studi  :  S1 Musik
Tanggal Berdiri  :  9 Juni 2023
Koordinator Program Studi  :  Agus Suwahyono, S.Sn., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Musik
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Unggul dalam Bidang Musik, Kukuh dalam Keilmuan Musik.


Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan sarjana seni musik yang berkompeten secara profesional serta tanggap terhadap perubahan ipteks, dengan rentang waktu 8 semester.
  2. Menghasilkan produk-produk penelitian baik ditingkat lembaga, kerja sama, maupun DP2M.
  3. Terbentuknya pusat pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat berbasis multi kultural (Jawa Timur pada umumnya, Surabaya pada khususnya) untuk menghasilkan sumber daya manusia unggul, mandiri, dan berwawasan siap kerja, atau mampu membuat peluang kerja di bidang musik.
  4. Memiliki kemampuan mencipta dan mengekspresikan beragam gagasan ke dalam bentuk karya seni musik.
  5. Memiliki kemampuan mengkaji dan menganalisa beragam fenomena musik dan budaya.
  6. Memiliki kemampuan menyajikan karya musik secara kreatif, inovatif, dan professional
  7. Memiliki kemampuan mengelola kegiatan seni dan budaya yang berkaitan dengan seni musik. Pemberian kompetensi tambahan untuk mewujudkan sarjana plus seperti: Manajemen Produksi, Pengelolaan studio rekaman, Pengelolaan lembaga kursus dan lain-lain.

Capaian Lulusan Program Studi S1 Musik
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Mampu menguasai teori dan praktik instrumen/vokal untuk merancang metode pembelajaran, pengembangan, pementasan, penciptaan, dan pengkajian musik

CPL-6 Mampu mengaplikasikan aspek teori dan praktik dalam bermusik, yang hasilnya ditampilkan dalam bentuk pertunjukan individual dan instrumental/vokal (resital)

CPL-7 Mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, mengambil keputusan yang tepat dalam penciptaan, penyajian, pendidikan, dan pengkajian musik berdasarkan informasi dan analisis data yang akurat, serta memberikan alternatif solusi terhadap berbagai permasalahan dalam bidang musik di masyarakat
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu berkreasi, berkolaborasi, dan mengekspresikan berbagai macam ide atau gagasan kreatif dengan menciptakan komposisi musik dengan memanfaatkan gagasan baru dan idiom-idiom tradisional
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Musik
Universitas Negeri Surabaya
  • Profesional
    praktisi Musik (Pemain Musik, Arranger, Komposer).
  • Instruktur Musik
    (Pendidik Non Formal/Guru Les).
  • Wirausaha 
    (Studio Recording, Lembaga Pelatihan Musik, Manajemen Seni Pertunjukan).
  • Teknologi Musik/Industri Musik 
    (Musik Animasi, Musik Sinema, Musik Film, Mixing)

Struktur Kurikulum S1 Musik
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum 2020 Merber musik

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00 ✔
1000002177 BAHASA INGGRIS 2.00
9122302006 BAND 2.00
1000002010 ILMU ALAMIAH DASAR (IAD) 2.00
9122302028 INSTRUMEN PIANO WAJIB 2.00
9122303029 INSTRUMEN POKOK GESEK TINGKAT INDRIA 3.00
9122303035 INSTRUMEN POKOK GITAR TINGKAT INDRIA 3.00
9122303040 INSTRUMEN POKOK PERKUSI TINGKAT INDRIA 3.00
9122303046 INSTRUMEN POKOK PIANO TINGKAT INDRIA 3.00
8720703098 KOMUNIKASI BISNIS 3.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
9122302123 LITERASI MUSIK 2.00
9122302113 METODE KELAS MUSIK 2.00
9122302078 METODE KELAS PIANO 2.00
8720703035 METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN 3.00
1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
1000002018 PANCASILA 2.00
9122302095 PENGANTAR PENGETAHUAN MUSIK 2.00
9122303124 PENGANTAR PRAKTEK DASAR INSTRUMEN 3.00
9122302097 PSIKOLOGI MUSIK 2.00
9122302114 SEJARAH MUSIK 2.00
9122302099 SEJARAH MUSIK KLASIK 2.00
8720703072 SEMINAR TATA NIAGA 3.00
9122302117 SOLFEGIO 2.00
9122302104 SOLFEGIO DASAR 2.00
9122302122 TEORI MUSIK 2.00
9122302108 TEORI MUSIK DASAR 2.00
9122303052 INSTRUMEN POKOK TIUP TINGKAT INDRIA 3.00
9122303058 INSTRUMEN POKOK VOKAL TINGKAT INDRIA 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
9122302001 AKUSTIK ORGANOLOGI 2.00
9122302126 HARMONI 2.00
9122302127 ILMU BENTUK MUSIK 2.00
9122302027 INSTRUMEN PIANO LANJUTAN 2.00
9122303033 INSTRUMEN POKOK GESEK TINGKAT PRA MUDA 3.00
9122303038 INSTRUMEN POKOK GITAR TINGKAT PRA MUDA 3.00
9122303044 INSTRUMEN POKOK PERKUSI TINGKAT PRA MUDA 3.00
9122303050 INSTRUMEN POKOK PIANO TINGKAT PRA MUDA 3.00
9122303119 INSTRUMEN POKOK TINGKAT INDRIA 3.00
9122303057 INSTRUMEN POKOK TIUP TINGKAT PRA MUDA 3.00
9122303062 INSTRUMEN POKOK VOKAL TINGKAT PRA MUDA 3.00
9122302070 KONTRAPUNG DASAR 2.00
9122302128 MANAJEMEN SENI PERTUNJUKAN 2.00
9122302076 METODE KELAS GITAR 2.00
1000002047 PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN 2.00
9122302100 SEJARAH MUSIK MODERN 2.00
9122302105 SOLFEGIO LANJUTAN 2.00
9122303129 STATISTIK 3.00
9122302109 TEORI MUSIK LANJUTAN 2.00
9122302065 KAJIAN PEDAGOGIK MUSIK 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
9122302118 ARANSEMEN 2.00
9122302008 ESTETIKA MUSIK 2.00
9122302009 HARMONI DASAR 2.00
9122302023 INSTRUMEN PENDAMPING TIUP TINGKAT INDRIA 2.00
9122302025 INSTRUMEN PENDAMPING VOKAL TINGKAT INDRIA 2.00
9122303031 INSTRUMEN POKOK GESEK TINGKAT MUDA 3.00
9122303064 INSTRUMEN POKOK GITAR TINGKAT MUDA 3.00
9122303042 INSTRUMEN POKOK PERKUSI TINGKAT MUDA 3.00
9122303048 INSTRUMEN POKOK PIANO TINGKAT MUDA 3.00
9122303125 INSTRUMEN POKOK TINGKAT MUDA 3.00
9122302115 KRITIK MUSIK 2.00
9122302075 METODE KELAS GESEK 2.00
9122302079 METODE KELAS TIUP 2.00
9122304121 METODE PENELITIAN 4.00
9122302085 MUSIK KOLINTANG & ANGKLUNG 2.00
9122302087 MUSIK MELAYU (DANGDUT) 2.00
9122302147 PRODUKSI MUSIK 2.00
9122302107 TEMBANG 2.00
9122303060 INSTRUMEN POKOK VOKAL TINGKAT MUDA 3.00
9122302013 ILMU BENTUK MUSIK (LAGU) 2.00
9122302015 INSTRUMEN PENDAMPING GESEK TINGKAT INDRIA 2.00
9122302017 INSTRUMEN PENDAMPING GITAR TINGKAT INDRIA 2.00
9122302019 INSTRUMEN PENDAMPING PERKUSI TINGKAT INDRIA 2.00
9122302021 INSTRUMEN PENDAMPING PIANO TINGKAT INDRIA 2.00
9122303054 INSTRUMEN POKOK TIUP TINGKAT MUDA 3.00
9122302067 KERONCONG 2.00
9122302088 MUSIK REBANA 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
9122302003 ARANSEMEN MUSIK ANAK 2.00
9122302007 DIREKSI 2.00
9122302145 ETNOMUSIKOLOGI 2.00
9122302010 HARMONI LANJUTAN 2.00
9122302022 INSTRUMEN PENDAMPING PIANO TINGKAT PRA MUDA 2.00
9122302024 INSTRUMEN PENDAMPING TIUP TINGKAT PRA MUDA 2.00
9122302026 INSTRUMEN PENDAMPING VOKAL TINGKAT PRA MUDA 2.00
9122303032 INSTRUMEN POKOK GESEK TINGKAT PRA MADYA 3.00
9122303037 INSTRUMEN POKOK GITAR TINGKAT PRA MADYA 3.00
9122303043 INSTRUMEN POKOK PERKUSI TINGKAT PRA MADYA 3.00
9122303049 INSTRUMEN POKOK PIANO TINGKAT PRA MADYA 3.00
9122303120 INSTRUMEN POKOK TINGKAT MADYA 4.00
9122303061 INSTRUMEN POKOK VOKAL TINGKAT PRA MADYA 3.00
9122302130 KOMPOSISI MUSIK 2.00
9122302148 KONTEN MUSIK KREATIF 2.00
9122302077 METODE KELAS PERKUSI 2.00
9122302080 METODE KELAS VOKAL 2.00
9122302084 MUSIK GAMBUS 2.00
9122302146 MUSIK POP DAN JAZZ 2.00
9122302101 SEMINAR 2.00
9122302106 TALEMPONG 2.00
9122302012 ILMU BENTUK MUSIK (INSTRUMEN) 2.00
9122302016 INSTRUMEN PENDAMPING GESEK TINGKAT PRA MUDA 2.00
9122302018 INSTRUMEN PENDAMPING GITAR TINGKAT PRA MUDA 2.00
9122302020 INSTRUMEN PENDAMPING PERKUSI TINGKAT PRA MUDA 2.00
9122303055 INSTRUMEN POKOK TIUP TINGKAT PRA MADYA 3.00
9122302091 ORKESTRASI 2.00
9122302131 PADUAN SUARA /ANSAMBEL /ORKESTRA 2.00
1000002176 KEWIRAUSAHAAN 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
9122302002 ANALISIS & KRITIK MUSIK 2.00
9122302139 ANSAMBEL 2.00
9122302004 ARANSEMEN MUSIK REMAJA 2.00
9122302142 GITAR POP 2.00
9122303030 INSTRUMEN POKOK GESEK TINGKAT MADYA 3.00
9122303036 INSTRUMEN POKOK GITAR TINGKAT MADYA 3.00
9122303041 INSTRUMEN POKOK PERKUSI TINGKAT MADYA 3.00
9122303047 INSTRUMEN POKOK PIANO TINGKAT MADYA 3.00
9122304132 INSTRUMEN POKOK TINGKAT UTAMA 4.00
9122302068 KOMPOSISI MUSIK DASAR 2.00
9122302136 KONTRAPUNG 2.00
9122302073 MANAJEMEN PERTUNJUKAN 2.00
9122302074 MARCHINGBAND 2.00
9122302140 MENCIPTA LAGU 2.00
9122302081 METODOLOGI PENELITIAN KUANTITATIF-KUALITATIF 2.00
9122302083 MUSIK FILM, DRAMA, DAN TELEVISI 2.00
9122303134 MUSIK FILM, TELEVISI, DAN, ANIMASI 3.00
9122302086 MUSIK KONTEMPORER 2.00
9122302138 MUSIK NUSANTARA 2.00
9122303135 PENULISAN ARTIKEL JURNAL MUSIK 3.00
9122304141 PRAKTEK MUSIK (GESEK, TIUP, PERKUSI) 4.00
9122302103 SOFTWARE NOTASI MUSIK 2.00
9122302137 VOCAL GROUP 2.00
9122302011 HARMONI MANUAL 2.00
9122302014 IMPROVISASI (POP +JAZZ) 2.00
9122304133 INSTRUMEN PENDAMPING 4.00
9122303053 INSTRUMEN POKOK TIUP TINGKAT MADYA 3.00
9122303059 INSTRUMEN POKOK VOKAL TINGKAT MADYA 3.00
9122302143 KEYBOARD 2.00
9122302089 ORKESTRA /PADUAN SUARA /ANSAMBEL DASAR 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
9122303034 INSTRUMEN POKOK GESEK TINGKAT UTAMA 3.00
9122303039 INSTRUMEN POKOK GITAR TINGKAT UTAMA 3.00
9122303045 INSTRUMEN POKOK PERKUSI TINGKAT UTAMA 3.00
9122303051 INSTRUMEN POKOK PIANO TINGKAT UTAMA 3.00
9122303056 INSTRUMEN POKOK TIUP TINGKAT UTAMA 3.00
9122303063 INSTRUMEN POKOK VOKAL TINGKAT UTAMA 3.00
1000003069 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003070 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003065 KKN ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003092 KKN KEWIRAUSAHAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004091 KKN KEWIRAUSAHAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003093 KKN KEWIRAUSAHAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003094 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004090 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003089 KKN KEWIRAUSAHAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003074 KKN PROYEK DESA EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004073 KKN PROYEK DESA PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003075 KKN PROYEK DESA PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003076 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004072 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003071 KKN PROYEK DESA PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003080 KKN PROYEK INDPENDEN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004079 KKN PROYEK INDPENDEN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003081 KKN PROYEK INDPENDEN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003082 KKN PROYEK INDPENDEN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003077 KKN PROYEK INDPENDEN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003086 KKN PROYEK KEMANUSIAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004085 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003087 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003088 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004084 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003083 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000020101 KKNT 20.00
9122303071 KULIAH KERJA NYATA 3.00
1000020103 MAGANG 20.00
1000004098 MAGANG RISET-PENGANALISISAN DATA 4.00
9122302082 METODOLOGI PENELITIAN MUSIK 2.00
1000003060 MPK-DESAIN PROGRAM 3.00
1000003058 MPK-KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA 3.00
1000002059 MPK-MANAJEMEN OPERASIONAL 2.00
1000004061 MPK-PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000002064 MPK-PELAPORAN PROGRAM 2.00
1000002063 MPK-PENDESIMINASIAN PROGRAM 2.00
1000002062 MPK-PENILAIAN PROGRAM 2.00
1000002057 MPK-PERENCANAAN 2.00
1000002051 PLP-ANALISIS KURIKULUM 2.00
1000002055 PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN 2.00
1000002049 PLP-MANAJEMEN SEKOLAH 2.00
1000003053 PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 3.00
1000002054 PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 2.00
1000002050 PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH 2.00
1000003052 PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN 3.00
1000004056 PLP-PRAKTIK MENGAJAR 4.00
9122302098 RECORDING 2.00
9122302066 KARAWITAN JAWA TIMUR 2.00
1000003068 KKN ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004066 KKN ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004067 KKN ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000004078 KKN PROYEK INDPENDEN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004096 MAGANG RISET-PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN 4.00
1000003095 MAGANG RISET-PENGEMBANGAN RENCANA PENELITIAN 3.00
1000004097 MAGANG RISET-PENGUMPULAN DATA 4.00
1000002099 MAGANG RISET-PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN 2.00
1000003100 MAGANG RISET-PUBLIKASI 3.00
9122302090 ORKESTRA /PADUAN SUARA /ANSAMBEL LANJUTAN 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
9122302111 FILSAFAT SENI 2.00
9122302069 KOMPOSISI MUSIK LANJUTAN 2.00
9122302094 PENGANTAR ETNOMUSIKOLOGI 2.00
9122302096 PENGETAHUAN HAKI 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
9122303112 PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) 3.00
1000002104 SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR 2.00
9122306102 SKRIPSI 6.00
1000004105 TUGAS AKHIR 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Musik
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum meliputi evaluasi berbagai komponen unsur pembelajaran yang mendukung kurikulum yang dilaksanakan untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Terdapat dua proses yang berpengaruh pada keberhasilan penyelenggaraan kurikulum yaitu proses internal dan proses eksternal.

 

Faktor Proses Internal 

Unsur-unsur yang menyatakan keberhasilan pada proses internal antara lain: 

a. Angka evaluasi edukasi 

b. Rata-rata IPK lulusan 

c. Rata-rata masa studi 

d. Persentase lulusan tepat waktu 

e. Rerata skor TEP.

Dari angka-angka prestasi yang diperoleh pada unsur-unsur di atas selanjutnya dapat dievaluasi unsur-unsur lain yang mendukung penyelengaraan program pendidikan, meliputi unsur-unsur dalam kelompok input internal, dan unsur-unsur dalam kelornpok proses internal. Dalam proses penyelenggaraan pendidikan maupun pengajaran kedua kelompok unsur di atas akan selalu dipengaruhi secara natural oleh unsur-unsur pada kelompok output internal. 

Pada sisi input internal terdapat berbagai unsur yang berpengaruh pada keberhasilan kurikulum maupun program pendidikan, antara lain: 

a. Kualitas dan kesiapan mahasiswa untuk mengikuti program pendidikan yang dirumuskan dalam kurikulum 

b. Kualitas dan ketrampilan dosen dalam menyelenggarakan pengajaran 

c. Kualitas dan ketrampilan tenaga laboran/teknisi/programmer dalam menyelenggarakan praktik kerja 

d. Kualitas dan dukungan sarana dan prasarana laboratorium/studio serta program yang disusun untuk penggunaannya 

e. Ketersediaan dan kualitas sumber pustaka 

f. Kesiapan dan kecukupan infrastruktur pendidikan dan pengajaran 

g. Perangkat manajemen dan organisasi, khususnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran

Pada sisi proses internal terdapat unsur yang sangat berpengaruh pada output (prestasi) sistem penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, antara lain: 

a. Kurikulum yang dirumuskan (kompetensi/capaian pembelajaran, isi/materi pembelajaran, perangkat mata kuliah, dan RPS) 

b. Proses pembelajaran, yaitu implementasi kurikulum yang telah dirancang 

c. Sistem penilaian menggunakan standar penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa dalam rangka pemenuhan capaian pembelajaran lulusan 

d. Penciptaan suasana pembelajaran yang kondusif (hubungan/interaksi dalam pembelajaran antara dosen dan mahasiswa, antar dosen, dan antar mahasiswa) 

e. Penyelenggaraan manajemen dan organisasi tri dharma perguruan tinggi 

f. Penyelenggaraan pendidikan berbasis riset 

g. Penciptaan suasana akademik di lingkungan kampus 

h. Pengembangan dan pembinaan tenaga kependidikan.

Faktor Proses Eksternal

Pada dasarnya prestasi proses internal belum cukup menggambarkan prestasi sebenarnya dari kurikulum maupun penyelenggarakan suatu program pendidikan. Banyak faktor eksternal yang berpengaruh di luar sistem perguruan tinggi yang bersangkutan. Namun faktor-faktor eksternal tersebut tidak dapat secara langsung dipengaruhi oleh unsur-unsur yang menciptakan prestasi proses internal pada perguruan tinggi yang bersangkutan. Unsur-unsur yang menyatakan keberhasilan sebenarnya dari suatu sistem pendidikan (termasuk kurikulum) adalah unsur-unsur pada output proses eksternal, yang antara lain meliputi:

a. Rerata waktu tunggu sebagai ukuran daya saing lulusan mendapatkan pekerjaan pertama 

b. Rerata gaji lulusan sebagai pengakuan atas kompetensi, prestasi, tanggung jawab yang diterima oleh lulusan pada pekerjaan pertama 

c. Kesesuaian pekerjaan sebagai pengakuan kompetensi dalam bidang ilmu lulusan.

 

Evaluasi kurikulum mencakup tiga tahap, yakni tahap 1: evaluasi tujuan, tahap 2: evaluasi sistem, dan tahap 3: evaluasi khusus (esoteric evaluation). Pada evaluasi tujuan, hal-hal yang dievaluasi adalah: (a) apakah tujuan bermakna, (b) apakah tujuan feasible dan dapat dicapai, (c) apakah tujuan sudah didefiniskan dengan baik atau jelas tentang tujuan yang akan dicapai, dan (d) apakah tujuan sesuai dengan kebutuhan. 

Tahap 2 adalah evaluasi sistem: kurikulum diimplementasikan dalam suatu sistem yang terdiri dari input, proses, lingkungan sekitar, dan output. Input mencakup minat dan sikap peserta didik, kualifikasi dan kompetensi dosen, ketersediaan kurikulum dan silabus, dan ketersediaan perpustakaan, buku-buku relevan, internet, dan lain sebagainya. Proses mencakup keterlibatan siswa dalam pembelajaran, integrasi teori dan praktik, ketepatan penggunan media, tipe-tipe pengalaman belajar yang diberikan ke peserta didik, dan ketepatan sistem asesmen untuk siswa. Produk mencakup: prestasi akademik dan perkembangan personaliti peserta didik, lama tunggu untuk memperoleh pekerjaan dan prestise pekerjaan yang diperoleh siswa, dan kepuasan dunia kerja atas kinerja lulusan. 

Tahap 3 adalah evaluasi khusus (esoteric evaluation) yang mencakup evaluasi terhadap kegiatan co-kurikuler, partnership dengan industri, usaha-usaha untuk mengurangi masa tunggu lulusan, melakukan penelitian dan pengembangan, meningkatkan kemampuan dosen dan tendik, meningkatan kualitas dan jumlah mesin dan peralatan.

 

  1. Tracer Study

Berdasarkan analisa data yang dilakukan pada hasil survey, diketahui bahwasannya metode pembelajaran yang dianggap responden paling bermanfaat serta berperan dalam kehidupan karier mereka saat ini adalah Metode Diskusi atau pembelajaran dengan Student Centered Learning. Sehingga kurikulum ini diharapkan mampu dalam memberikan pengalaman yang diperlukan mahasiswa.

 

Rekap CPL Program Studi S1 Musik
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8
Psikologi Musik 2 25% 25% 50% 100 %
Akustik Organologi 2 75% 25% 100 %
Teori Musik 2 50% 50% 100 %
Etnomusikologi 2 100% 100 %
Musik Pop Dan Jazz 2 50% 50% 100 %
Konten Musik Kreatif 2 25% 25% 50% 100 %
Paduan Suara / Ansambel / Orkestra 2 33.33% 66.67% 100 %
Instrumen Pokok Tingkat Muda 3 66.67% 33.33% 100 %
Marchingband 2 100% 100 %
Software Notasi Musik 2 50% 50% 100 %
Kajian Pedagogik Musik 2 100% 100 %
KEWIRAUSAHAAN 2 100% 100 %
Orkestrasi 2 50% 50% 100 %
Estetika Musik 2 100% 100 %
Direksi 2 50% 50% 100 %
Praktek Kerja Lapangan (PKL) 3 33.33% 66.67% 100 %
Instrumen Pokok Gesek Tingkat Utama 3 100% 100 %
Aransemen 2 50% 50% 100 %
Kritik Musik 2 100% 100 %
Metode Kelas Musik 2 100% 100 %
Instrumen Pokok Tingkat Madya 4 66.67% 33.33% 100 %
Band 2 40% 60% 100 %
Literasi Musik 2 100% 100 %
Pengantar Praktek Dasar Instrumen 3 100% 100 %
Harmoni 2 100% 100 %
Manajemen Seni Pertunjukan 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Komposisi Musik 2 75% 25% 100 %
Musik Nusantara 2 100% 100 %
Penulisan Artikel Jurnal Musik 3 100% 100 %
Ansambel 2 50% 50% 100 %
Gitar POP 2 50% 50% 100 %
Mencipta Lagu 2 100% 100 %
Praktek Musik (Gesek, Tiup, Perkusi) 4 100% 100 %
Musik Film, Televisi, Dan, Animasi 3 100% 100 %
Kuliah Kerja Nyata 3 50% 50% 100 %
Analisis & Kritik Musik 2 75% 25% 100 %
Ilmu Bentuk Musik (Instrumen) 2 50% 50% 100 %
Orkestra / Paduan Suara / Ansambel Dasar 2 33.33% 66.67% 100 %
Improvisasi (Pop +Jazz) 2 25% 75% 100 %
Aransemen Musik Remaja 2 100% 100 %
Metode Kelas Perkusi 2 100% 100 %
Instrumen Piano Lanjutan 2 100% 100 %
Metode Kelas Vokal 2 50% 50% 100 %
Aransemen Musik Anak 2 33.33% 66.67% 100 %
Produksi Musik 2 66.67% 33.33% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Musik
Universitas Negeri Surabaya

Orientasi pendidikan musik dapat dikembangkan dalam konteks nilai-nilai yang diinternalisasikan dalam berbagai aspek. Pendidikan musik juga berfungsi sebagai transmisi pengetahuan musik dan menjadikan seseorang terdidik secara musikal. Melalui pengetahuan musik ekosistem musik akan terbentuk sehingga mampu menumbuhkembangkan musik sebagai representasi dari kebudayaan

  1. Landasan Filosofi

Landasan filosofis kurikulum prodi seni musik sesuai dengan renstra FBS Unesa 2016-2020 adalah Pancasila dan UUD 1945

Dengan nilai-nilai utama sebagai berikut:

1. Unggul dalam proses pelaksanaan pendidikan

2. Unggul dalam penelitian dan pengabdian

3. Unggul dalam lulusan yang berdaya saing

4. Unggul dalam bidang keilmuan

5. Unggul dalam persaingan global

Landasan Sosiologis

  1. Landasan Sosilogis

Kurikulum Prodi Seni Musik berlandaskan pada kearifan lokal masyarakat surabaya yang berkembang sesuai dengan kondisi alam dan sosial budayanya. Masyarakat surabaya adalah masyarakat multi etnik dan bahasa karena banyak penduduk merantau mencari pekerjaan di surabaya, selain itu surabaya juga dekat sekali dengan madura sehinga percampuran bahasa percampuran budaya antara surabaya dengan madura menjadi ciri khas dari karakter kota surabaya.

  1. Landasan Historis

Kurikulum 2015-2019, kurikulum yang di gunakan di Universitas Negeri Surabaya adalah kurikulum berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) dengan menggunakan ukuran kemampuan yang wajib dimiliki mahasiswa yaitu kemampuan tentang pengetahuan yang dikuasai, kemampuan kerja, kemampuan manajerial, sikap dan tata nilai.

Pada kurikulum 2020, proses belajar mengajar berorientasi Student Centered Learning (SCL), sehingga pada kurikulum 2020 orientasinya dipertajam dengan konsep KKNI dan merdeka belajar.

  1. Landasan Hukum
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
  7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
  10. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;