•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Tanggal Berdiri  :  1 September 2006
Koordinator Program Studi  :  Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang adaptif, inovatif, dan tangguh melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.
Misi
  1. Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Tujuan
  1. Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
  2. Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.

Nilai_dasar
Program Studi S1 PGSD FIP UNESA memiliki nilai dasar yang dikenal dengan istilah PGSD KITA (Kreatif, Inovatif, Tangguh, dan Adaptif). Nilai-nilai ini mencerminkan komitmen program studi PGSD dalam membentuk calon pendidik yang mampu berpikir kritis, menciptakan solusi baru, memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan dinamika dunia pendidikan.
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Menganalisis penerapan keilmuan kependidikan dasar dengan mengedepankan pendidikan inklusi berbasis teknologi dan kearifan lokal.

CPL-6 Mampu mengembangkan, memelihara jaringan kerja serta menjalin komunikasi secara efektif dengan civitas akademika untuk menunjang belajar sepanjang hayat.

CPL-7 Membedakan karakteristik jenis penelitian dan menerapkannya dalam merancang, melaksanakan, dan melaporkan hasil penelitian melalui publikasi artikel sebagai pengembangan ilmu pengetahuan ke SD an.

CPL-8 Menerapkan konsep pengetahuan keterampilan dasar dan mendemonstrasikan keterpaduan dalam pengetahuan dasar bidang studi (matematika, Bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Memecahkan masalah pengetahuan dan keterampilan dasar terpadu bidang studi (matematika, bahasa, IPA, IPS, PKn, seni, olahraga).
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Menunjukkan pengetahuan dan keterampilan pedagogik terkait merancang, melaksanakan, mengevaluasi pembelajaran di SD dengan memanfaatkan TIK, kearifan lokal, dan hasil penelitian.

CPL-11 Menunjukkan kemampuan pemecahan pembelajaran melalui penelitian.
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik

    Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif

  • Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti

    Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.

  • Edupreneur

    Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh

     


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602005 APLIKASI KOMPUTER 2.00
1000002177 BAHASA INGGRIS 2.00
8620603012 BILANGAN DAN PENGOLAHAN DATA 3.00
8620602015 DASAR-DASAR MANAJEMEN PENDIDIKAN 2.00
8620603248 ETNOSAINS DI SD 3.00
8620602205 GEOMETRI DAN PENGUKURAN 2.00
8620603025 KAJIAN KEBAHASA AN 3.00
8620603042 KONSEP DASAR IPS 3.00
8620603195 KONSEP DASAR IPS SD 3.00
1000002039 PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2.00
8620602163 SASTRA ANAK 2.00
8620603166 SOSIO-ANTROPOLOGI PENDIDIKAN 3.00
8620603049 KONSEP DASAR PPKN 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620602006 APRESIASI SASTRA 2.00
8620602007 BAHASA DAERAH 2.00
8620602013 BIMBINGAN DI SD 2.00
8620602202 EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2.00
8620603198 KONSEP DASAR IPA 3.00
8620603247 LITERASI BERIMBANG 3.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
8620602097 PENDIDIKAN INKLUSIF 2.00
8620603199 PENDIDIKAN SENI RUPA DAN PRAKARYA 3.00
8620602201 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 2.00
8620602173 STATISTIK 2.00
1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
8620602086 PEMBELAJARAN TERPADU 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620603187 DASAR-DASAR PERENCANAAN PEMBELAJARAN DI SD 3.00
8620602020 FILSAFAT PENDIDIKAN 2.00
8620603063 MEDIA PEMBELAJARAN DI SD 3.00
8620602076 PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA KELAS LANJUT 2.00
8620602078 PEMBELAJARAN DIKJAS DI SD 2.00
8620604099 PENDIDIKAN IPA SD 4.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8620603238 PENGEMBANGAN SENI DRAMA UNTUK ANAK 3.00

Semester ke 7

Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan, Program Studi S1 PGSD FIP UNESA secara rutin melakukan evaluasi kurikulum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, serta mitra dunia kerja. Evaluasi ini bertujuan untuk menyesuaikan capaian pembelajaran dengan perkembangan kebutuhan di lapangan dan dinamika kebijakan pendidikan dasar. Selain itu, pelaksanaan tracer study dilakukan secara periodik untuk memperoleh umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan, guna memastikan kesesuaian kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja serta mendukung penyusunan kebijakan pengembangan kurikulum yang lebih tepat sasaran dan berbasis kebutuhan nyata.

Berdasarkan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan melibatkan alumni, mahasiswa, dan para stakeholder Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), ditemukan kesamaan pandangan terkait kebutuhan pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan tantangan pendidikan dasar saat ini. Berikut adalah kesimpulan umum dari FGD yang telah dilakukan:

  1. Penguatan Kompetensi Sosial, Emosional, dan Kepemimpinan Guru
    Baik alumni, mahasiswa, maupun stakeholder menekankan pentingnya mata kuliah yang mengembangkan keterampilan sosial dan emosional calon guru, seperti Etika Profesi, Komunikasi Efektif, Kepemimpinan, Public Speaking, dan Etos Kerja. Hal ini untuk membentuk guru yang profesional, percaya diri, dan mampu berinteraksi secara efektif di lingkungan sekolah.
  2. Urgensi Pendidikan Inklusif dan Psikologi Anak
    Mengingat semua sekolah dasar, khususnya di Surabaya, diarahkan menjadi sekolah inklusi, maka kemampuan dalam Pembelajaran Inklusif dan pemahaman terhadap Psikologi Perkembangan Anak menjadi sangat penting. Kedua FGD sepakat bahwa mata kuliah ini harus diikuti dengan praktik nyata agar guru mampu menangani keberagaman kebutuhan peserta didik secara optimal.
  3. Tanggapan Terhadap Isu Sosial dan Lingkungan Sekolah
    Meningkatnya kasus perundungan (bullying) serta permasalahan lingkungan hidup menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, diperlukan mata kuliah khusus untuk menangani isu-isu tersebut secara preventif dan edukatif, serta dapat diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal dan studi lapangan.
  4. Pentingnya Literasi Keuangan dan Edupreneurship
    FGD alumni-mahasiswa mendorong hadirnya mata kuliah Literasi Finansial sebagai bekal calon guru dalam mengajarkan pengelolaan keuangan sederhana kepada siswa, serta membangun jiwa kewirausahaan (edupreneur) melalui keterampilan menulis dan pengembangan bahan ajar.
  5. Penguatan Literasi, Numerasi, dan Kurikulum Tematik IPAS
    Keduanya menekankan bahwa literasi dan numerasi harus menjadi pondasi utama, khususnya di kelas rendah, agar siswa lebih siap menghadapi materi di jenjang lebih tinggi. Selain itu, penyesuaian kurikulum dengan pendekatan integratif seperti IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) perlu diakomodasi dalam kurikulum PGSD.
  6. Keseimbangan Antara Teori dan Praktik
    Seluruh peserta FGD menekankan pentingnya kurikulum yang tidak hanya menekankan teori, tetapi juga memperkuat praktik lapangan. Mahasiswa perlu lebih banyak terlibat langsung dalam pengalaman nyata di sekolah, baik melalui PLP, studi kasus, observasi, hingga aksi nyata yang dapat dikembangkan dalam laporan reflektif.

Selain evaluasi kurikulum melalui FGD, program studi PGSD juga melakukan pemantauan tracer study, berikut hasil kegiatan yang dilakukan tim tracer study PGSD:
1. Rata-rata Lulusan

Pada pengisian tracer study kali  ini link usernamesudah dibagikan kepadaseluruh peserta tracer untuk digunakan mengakses laman https://tracerstudy.unesa.ac.id/

Partisipasi alumni PGSD dalam tracer studytahun 2024 sejumlah 200 dengan perolehan 100 % rensponrate. Hal tersebut menunjukkan bahwa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki  ketercapaian prodi yang sangat baik. 

2. Gold Standart

Berdasarkan gold standar alumni mencapai 91,2 %. Alumni yang melanjutkan sebagai wiraswasta 1 % atau sejumlah 2 alumni . Melanjutkan pendidikan  72% atau sejumlah 144 alumni dan alumni yang berhasil bekerja sebesar 18.2% atau sejumlah 43 alumni. 

3. Masa tunggu alumni

Mayoritas lulusan mendapatkan pekerjaan pertama dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan sebanyak  40 alumni , masa tunggu 6 hingga 12 bulan sebanyak 3 alumni

4. Jenis Lembaga Tempat Alumni Bekerja

Jenis Lembaga tempat alumni bekerja sejumlah 22,6 % di instansi pemerintahan, Lembaga swadaya Masyarakat  6,98 %, Perusahaan swasta 25,5%, wiraswasta perusaahaan sendiri 4,65%, organisasi multilateral4,65%,  lainnya 34,48% 

5. Jenis Tempat Kerja Alumni

Jenis tempat kerja alumni bekerja sejumlah 55,81 % tidak berbadan hukum, 41,36 % wiraswasta berbadan hukum, multinasional2, 23% 

Berdasarkan hasil Focus Group Discusiion (FGD) dan data tracer study tersebut maka kurikulum PGSD perlu disusun secara adaptif, integratif, dan aplikatif, dengan menyeimbangkan antara pembentukan kompetensi akademik, sosial, dan profesional calon guru. Masukan dari alumni, mahasiswa, dan stakeholder menegaskan bahwa keberhasilan lulusan ditentukan oleh sejauh mana kurikulum mampu menjawab kebutuhan nyata di lapangan pendidikan dasar.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11
Bahasa Daerah 2 25% 25% 25% 25% 100 %
STATISTIK 2 16.67% 33.33% 16.67% 33.33% 100 %
Kajian Kebasaan 2 25% 50% 25% 100 %
Basic English 2 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Konsep Dasar IPA 3 50% 33.33% 16.67% 100 %
Bilangan dan Pengolahan Data 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2 50% 50% 100 %
Pendidikan seni rupa dan Prakarya 3 18.18% 18.18% 27.27% 36.36% 99.99 %
Listening and Speaking for Primary School 3 40% 20% 20% 20% 100 %
Pengembangan bahasa inggris untuk anak* 4 18.18% 18.18% 18.18% 18.18% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD 4 60% 40% 100 %
Pendidikan Seni Musik 2 100% 100 %
Kewirausahaan 2 50% 50% 100 %
Bimbingan Di Sd 2 33.33% 44.44% 22.22% 99.99 %
Pendidikan Inklusif 2 75% 25% 100 %
Apresiasi sastra 2 33.33% 66.67% 100 %
Pembelajaran Ppkn Sd 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Kurikulum Sekolah Dasar 2 50% 50% 100 %
Pendidikan STEAM di SD 3 100% 100 %
Literasi Berimbang 3 27.27% 27.27% 18.18% 27.27% 99.99 %
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Konsep Dasar IPS SD 3 8.33% 91.67% 100 %
Pendidikan Karakter 2 54.55% 18.18% 27.27% 100 %
Kajian Kebahasaan 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Geometri dan Pengukuran 2 33.33% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Pengembangan Dimensi IPS SD 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Metodologi Penelitian 3 33.33% 16.67% 50% 100 %
Pembelajaran Matematika di SD 3 22.22% 22.22% 33.33% 22.22% 99.99 %
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2 100% 100 %
Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia 3 14.29% 21.43% 28.57% 35.71% 100 %
Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD 2 100% 100 %
Inovasi Pembelajaran IPS SD 3 14.29% 28.57% 42.86% 14.29% 100 %
Pengembangan seni musik untuk anak 3 100% 100 %
RME Berbasis Etnomatematika di SD 3 16.67% 25% 25% 33.33% 100 %
Pengembangan seni rupa untuk anak 3 11.11% 22.22% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran IPA SD 3 25% 33.33% 41.67% 100 %
Evaluasi Pembelajaran 2 37.5% 25% 37.5% 100 %
Reading, Writing and Dictation for Primary School 3 66.67% 33.33% 100 %
Etnosains di SD 3 66.67% 16.67% 16.67% 100 %
Inovasi Media Pembelajaran di SD 2 16.67% 50% 33.33% 100 %
Keterampilan Berpikir Matematis 2 16.67% 33.33% 33.33% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Program Studi S1 PGSD saat ini adalah kurikulum transformasi yang dikembangkan dengan mengacu pada Outcome-Based Education. Landasan hukum pengembangan kurikulum program studi S1 PGSD adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
3. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
5. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
7. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
8. Peraturan Rektor Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
9. Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2024;
10. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
11. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
12. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA