Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Tanggal Berdiri | : | 1 September 2006 |
Koordinator Program Studi | : | Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang adaptif, inovatif, dan tangguh melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Nilai_dasar
Program Studi S1 PGSD FIP UNESA memiliki nilai dasar yang dikenal dengan istilah PGSD KITA (Kreatif, Inovatif, Tangguh, dan Adaptif). Nilai-nilai ini mencerminkan komitmen program studi PGSD dalam membentuk calon pendidik yang mampu berpikir kritis, menciptakan solusi baru, memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan dinamika dunia pendidikan.Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif
- Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Edupreneur
Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620602161
PSIKOLOGI UMUM
2.00
8620603169
SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN
3.00
8620603052
LANDASAN KEPENDIDIKAN
3.00
8620602010
BAHASA INGGRIS I
2.00
8620603026
KAJIAN KEBAHASAN
3.00
8620603042
KONSEP DASAR IPS
3.00
8620602027
KAJIAN KEBASAAN
2.00
8620602028
KAJIAN KESASTRAAN
2.00
8620603047
KONSEP DASAR PKN 1
3.00
8620603043
KONSEP DASAR IPS 1
3.00
8620602060
MATEMATIKA I
2.00
8620604122
PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN
4.00
8620602149
PERKEMB. DAN BELAJAR PESERTA DIDIK
2.00
8620602124
PENGANTAR KOMPUTER
2.00
8620603154
PPKN
3.00
1000002003
BAHASA INDONESIA
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8620604035
KONSEP DASAR IPA 1
4.00
8620602061
MATEMATIKA II
2.00
8620603048
KONSEP DASAR PKN 2
3.00
8620602011
BAHASA INGGRIS II
2.00
8620602005
APLIKASI KOMPUTER
2.00
8620603044
KONSEP DASAR IPS 2
3.00
8620603096
PENDIDIKAN BHS. DAN SASTRA IND. KLS AWAL SD
3.00
8620602174
STRATEGI PEMBELAJARAN
2.00
8620603198
KONSEP DASAR IPA
3.00
8620606164
SKRIPSI
6.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000003040
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
3.00
8620602064
MEDIA PEMBELAJARAN DI SD
2.00
8620602062
MATEMATIKA III
2.00
8620602058
MANAJEMEN PENDIDIKAN
2.00
8620602017
EVALUASI PEMBELAJARAN
2.00
8620604036
KONSEP DASAR IPA 2
4.00
8620603092
PEND.BHS&SASTRA IND KLS TINGGI SD
3.00
8620603157
PPKN SD KLS AWAL
3.00
8620602177
TEORI PEMBELAJARAN
2.00
8620602165
SOS. ANTROPOLOGI PENDIDIKAN
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620602037
KONSEP DASAR IPA 3
2.00
8620603018
EVALUASI PENDIDIKAN
3.00
8620602013
BIMBINGAN DI SD
2.00
8620603109
PENDIDIKAN MATEMATIKA 1
3.00
8620602120
PENDIDIKAN SENI TARI DAN DRAMA
2.00
8620603156
PPKN KELAS LANJUT
3.00
8620602116
PENDIDIKAN SENI MUSIK 1
2.00
8620603104
PENDIDIKAN IPS SD
3.00
8620603171
STATISTIK
3.00
8620603083
PEMBELAJARAN PKN SD
3.00
8620602121
PENGANTAR FILSAFAT PENDIDIKAN
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620602178
TOEFL PREPARATION
2.00
8620602007
BAHASA DAERAH
2.00
8620604065
METODOLOGI PENELITIAN
4.00
8620602069
MODEL PEMBELAJARAN IPA
2.00
8620604099
PENDIDIKAN IPA SD
4.00
8620603110
PENDIDIKAN MATEMATIKA 2
3.00
8620602118
PENDIDIKAN SENI RUPA
2.00
8620603102
PENDIDIKAN IPS KELAS AWAL
3.00
8620603081
PEMBELAJARAN IPS SD
3.00
8620602072
ORTOPEDAGOGIK
2.00
8620602150
PERNCANAAN PEMBELAJARAN
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620602067
MICROTEACHING
2.00
8620602108
PENDIDIKAN KETERAMPILAN KERAJINAN
2.00
8620602068
MODEL PEMBELAJARAN BHS. IND. DI SD
2.00
8620603103
PENDIDIKAN IPS KELAS LANJUT
3.00
8620602086
PEMBELAJARAN TERPADU
2.00
8620602097
PENDIDIKAN INKLUSIF
2.00
8620603160
PROGRAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
3.00
8620602151
PERSPEKTIF GLOBAL
2.00
8620602106
PENDIDIKAN KERAJINAN TANGAN
2.00
8620603111
PENDIDIKAN MATEMATIKA 3
3.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620602022
ILMU KEALAMAN DASAR
2.00
8620602180
FILSAFAT ILMU
2.00
8620602031
KETERAMPILAN BERSASTRA
2.00
8620602003
ANSAMBEL MUSIK
2.00
8620602029
KAPITA SELEKTA AGAMA
2.00
8620603186
PEND.BHS&SASTRA IND KLS LANJUT SD
3.00
8620602159
PPL II
2.00
8620602126
PENGEMBANGAN DRAMA DI SD
2.00
8620604204
PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN
4.00
1000002176
KEWIRAUSAHAAN
2.00
1000002177
BAHASA INGGRIS
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620603183
KULIAH KERJA NYATA (KKN)
3.00
1000002033
KEWARGANEGARAAN
2.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602161 | PSIKOLOGI UMUM | 2.00 | |
8620603169 | SOSIOLOGI ANTROPOLOGI PENDIDIKAN | 3.00 | |
8620603052 | LANDASAN KEPENDIDIKAN | 3.00 | |
8620602010 | BAHASA INGGRIS I | 2.00 | |
8620603026 | KAJIAN KEBAHASAN | 3.00 | |
8620603042 | KONSEP DASAR IPS | 3.00 | |
8620602027 | KAJIAN KEBASAAN | 2.00 | |
8620602028 | KAJIAN KESASTRAAN | 2.00 | |
8620603047 | KONSEP DASAR PKN 1 | 3.00 | |
8620603043 | KONSEP DASAR IPS 1 | 3.00 | |
8620602060 | MATEMATIKA I | 2.00 | |
8620604122 | PENGANTAR ILMU PENDIDIKAN | 4.00 | |
8620602149 | PERKEMB. DAN BELAJAR PESERTA DIDIK | 2.00 | |
8620602124 | PENGANTAR KOMPUTER | 2.00 | |
8620603154 | PPKN | 3.00 | |
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8620604035 | KONSEP DASAR IPA 1 | 4.00 | |
8620602061 | MATEMATIKA II | 2.00 | |
8620603048 | KONSEP DASAR PKN 2 | 3.00 | |
8620602011 | BAHASA INGGRIS II | 2.00 | |
8620602005 | APLIKASI KOMPUTER | 2.00 | |
8620603044 | KONSEP DASAR IPS 2 | 3.00 | |
8620603096 | PENDIDIKAN BHS. DAN SASTRA IND. KLS AWAL SD | 3.00 | |
8620602174 | STRATEGI PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8620603198 | KONSEP DASAR IPA | 3.00 | |
8620606164 | SKRIPSI | 6.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000003040 | PSIKOLOGI PENDIDIKAN | 3.00 | |
8620602064 | MEDIA PEMBELAJARAN DI SD | 2.00 | |
8620602062 | MATEMATIKA III | 2.00 | |
8620602058 | MANAJEMEN PENDIDIKAN | 2.00 | |
8620602017 | EVALUASI PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8620604036 | KONSEP DASAR IPA 2 | 4.00 | |
8620603092 | PEND.BHS&SASTRA IND KLS TINGGI SD | 3.00 | |
8620603157 | PPKN SD KLS AWAL | 3.00 | |
8620602177 | TEORI PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8620602165 | SOS. ANTROPOLOGI PENDIDIKAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602037 | KONSEP DASAR IPA 3 | 2.00 | |
8620603018 | EVALUASI PENDIDIKAN | 3.00 | |
8620602013 | BIMBINGAN DI SD | 2.00 | |
8620603109 | PENDIDIKAN MATEMATIKA 1 | 3.00 | |
8620602120 | PENDIDIKAN SENI TARI DAN DRAMA | 2.00 | |
8620603156 | PPKN KELAS LANJUT | 3.00 | |
8620602116 | PENDIDIKAN SENI MUSIK 1 | 2.00 | |
8620603104 | PENDIDIKAN IPS SD | 3.00 | |
8620603171 | STATISTIK | 3.00 | |
8620603083 | PEMBELAJARAN PKN SD | 3.00 | |
8620602121 | PENGANTAR FILSAFAT PENDIDIKAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602178 | TOEFL PREPARATION | 2.00 | |
8620602007 | BAHASA DAERAH | 2.00 | |
8620604065 | METODOLOGI PENELITIAN | 4.00 | |
8620602069 | MODEL PEMBELAJARAN IPA | 2.00 | |
8620604099 | PENDIDIKAN IPA SD | 4.00 | |
8620603110 | PENDIDIKAN MATEMATIKA 2 | 3.00 | |
8620602118 | PENDIDIKAN SENI RUPA | 2.00 | |
8620603102 | PENDIDIKAN IPS KELAS AWAL | 3.00 | |
8620603081 | PEMBELAJARAN IPS SD | 3.00 | |
8620602072 | ORTOPEDAGOGIK | 2.00 | |
8620602150 | PERNCANAAN PEMBELAJARAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602067 | MICROTEACHING | 2.00 | |
8620602108 | PENDIDIKAN KETERAMPILAN KERAJINAN | 2.00 | |
8620602068 | MODEL PEMBELAJARAN BHS. IND. DI SD | 2.00 | |
8620603103 | PENDIDIKAN IPS KELAS LANJUT | 3.00 | |
8620602086 | PEMBELAJARAN TERPADU | 2.00 | |
8620602097 | PENDIDIKAN INKLUSIF | 2.00 | |
8620603160 | PROGRAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN | 3.00 | |
8620602151 | PERSPEKTIF GLOBAL | 2.00 | |
8620602106 | PENDIDIKAN KERAJINAN TANGAN | 2.00 | |
8620603111 | PENDIDIKAN MATEMATIKA 3 | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602022 | ILMU KEALAMAN DASAR | 2.00 | |
8620602180 | FILSAFAT ILMU | 2.00 | |
8620602031 | KETERAMPILAN BERSASTRA | 2.00 | |
8620602003 | ANSAMBEL MUSIK | 2.00 | |
8620602029 | KAPITA SELEKTA AGAMA | 2.00 | |
8620603186 | PEND.BHS&SASTRA IND KLS LANJUT SD | 3.00 | |
8620602159 | PPL II | 2.00 | |
8620602126 | PENGEMBANGAN DRAMA DI SD | 2.00 | |
8620604204 | PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN | 4.00 | |
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620603183 | KULIAH KERJA NYATA (KKN) | 3.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan, Program Studi S1 PGSD FIP UNESA secara rutin melakukan evaluasi kurikulum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, serta mitra dunia kerja. Evaluasi ini bertujuan untuk menyesuaikan capaian pembelajaran dengan perkembangan kebutuhan di lapangan dan dinamika kebijakan pendidikan dasar. Selain itu, pelaksanaan tracer study dilakukan secara periodik untuk memperoleh umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan, guna memastikan kesesuaian kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja serta mendukung penyusunan kebijakan pengembangan kurikulum yang lebih tepat sasaran dan berbasis kebutuhan nyata.
Berdasarkan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan melibatkan alumni, mahasiswa, dan para stakeholder Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), ditemukan kesamaan pandangan terkait kebutuhan pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan tantangan pendidikan dasar saat ini. Berikut adalah kesimpulan umum dari FGD yang telah dilakukan:
- Penguatan Kompetensi Sosial, Emosional, dan Kepemimpinan Guru
Baik alumni, mahasiswa, maupun stakeholder menekankan pentingnya mata kuliah yang mengembangkan keterampilan sosial dan emosional calon guru, seperti Etika Profesi, Komunikasi Efektif, Kepemimpinan, Public Speaking, dan Etos Kerja. Hal ini untuk membentuk guru yang profesional, percaya diri, dan mampu berinteraksi secara efektif di lingkungan sekolah. - Urgensi Pendidikan Inklusif dan Psikologi Anak
Mengingat semua sekolah dasar, khususnya di Surabaya, diarahkan menjadi sekolah inklusi, maka kemampuan dalam Pembelajaran Inklusif dan pemahaman terhadap Psikologi Perkembangan Anak menjadi sangat penting. Kedua FGD sepakat bahwa mata kuliah ini harus diikuti dengan praktik nyata agar guru mampu menangani keberagaman kebutuhan peserta didik secara optimal. - Tanggapan Terhadap Isu Sosial dan Lingkungan Sekolah
Meningkatnya kasus perundungan (bullying) serta permasalahan lingkungan hidup menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, diperlukan mata kuliah khusus untuk menangani isu-isu tersebut secara preventif dan edukatif, serta dapat diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal dan studi lapangan. - Pentingnya Literasi Keuangan dan Edupreneurship
FGD alumni-mahasiswa mendorong hadirnya mata kuliah Literasi Finansial sebagai bekal calon guru dalam mengajarkan pengelolaan keuangan sederhana kepada siswa, serta membangun jiwa kewirausahaan (edupreneur) melalui keterampilan menulis dan pengembangan bahan ajar. - Penguatan Literasi, Numerasi, dan Kurikulum Tematik IPAS
Keduanya menekankan bahwa literasi dan numerasi harus menjadi pondasi utama, khususnya di kelas rendah, agar siswa lebih siap menghadapi materi di jenjang lebih tinggi. Selain itu, penyesuaian kurikulum dengan pendekatan integratif seperti IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) perlu diakomodasi dalam kurikulum PGSD. - Keseimbangan Antara Teori dan Praktik
Seluruh peserta FGD menekankan pentingnya kurikulum yang tidak hanya menekankan teori, tetapi juga memperkuat praktik lapangan. Mahasiswa perlu lebih banyak terlibat langsung dalam pengalaman nyata di sekolah, baik melalui PLP, studi kasus, observasi, hingga aksi nyata yang dapat dikembangkan dalam laporan reflektif.
Selain evaluasi kurikulum melalui FGD, program studi PGSD juga melakukan pemantauan tracer study, berikut hasil kegiatan yang dilakukan tim tracer study PGSD:
1. Rata-rata Lulusan
Pada pengisian tracer study kali ini link usernamesudah dibagikan kepadaseluruh peserta tracer untuk digunakan mengakses laman https://tracerstudy.unesa.ac.id/
Partisipasi alumni PGSD dalam tracer studytahun 2024 sejumlah 200 dengan perolehan 100 % rensponrate. Hal tersebut menunjukkan bahwa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki ketercapaian prodi yang sangat baik.
2. Gold Standart
Berdasarkan gold standar alumni mencapai 91,2 %. Alumni yang melanjutkan sebagai wiraswasta 1 % atau sejumlah 2 alumni . Melanjutkan pendidikan 72% atau sejumlah 144 alumni dan alumni yang berhasil bekerja sebesar 18.2% atau sejumlah 43 alumni.
3. Masa tunggu alumni
Mayoritas lulusan mendapatkan pekerjaan pertama dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan sebanyak 40 alumni , masa tunggu 6 hingga 12 bulan sebanyak 3 alumni
4. Jenis Lembaga Tempat Alumni Bekerja
Jenis Lembaga tempat alumni bekerja sejumlah 22,6 % di instansi pemerintahan, Lembaga swadaya Masyarakat 6,98 %, Perusahaan swasta 25,5%, wiraswasta perusaahaan sendiri 4,65%, organisasi multilateral4,65%, lainnya 34,48%
5. Jenis Tempat Kerja Alumni
Jenis tempat kerja alumni bekerja sejumlah 55,81 % tidak berbadan hukum, 41,36 % wiraswasta berbadan hukum, multinasional2, 23%
Berdasarkan hasil Focus Group Discusiion (FGD) dan data tracer study tersebut maka kurikulum PGSD perlu disusun secara adaptif, integratif, dan aplikatif, dengan menyeimbangkan antara pembentukan kompetensi akademik, sosial, dan profesional calon guru. Masukan dari alumni, mahasiswa, dan stakeholder menegaskan bahwa keberhasilan lulusan ditentukan oleh sejauh mana kurikulum mampu menjawab kebutuhan nyata di lapangan pendidikan dasar.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
Bahasa Daerah | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
STATISTIK | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Kajian Kebasaan | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic English | 2 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Konsep Dasar IPA | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Bilangan dan Pengolahan Data | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pendidikan seni rupa dan Prakarya | 3 | 18.18% | 18.18% | 27.27% | 36.36% | 99.99 % | |||||||
Listening and Speaking for Primary School | 3 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Pengembangan bahasa inggris untuk anak* | 4 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD | 4 | 60% | 40% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Seni Musik | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Kewirausahaan | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Bimbingan Di Sd | 2 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | ||||||||
Pendidikan Inklusif | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Apresiasi sastra | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Pembelajaran Ppkn Sd | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Kurikulum Sekolah Dasar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pendidikan STEAM di SD | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Literasi Berimbang | 3 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | |||||||
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Konsep Dasar IPS SD | 3 | 8.33% | 91.67% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Karakter | 2 | 54.55% | 18.18% | 27.27% | 100 % | ||||||||
Kajian Kebahasaan | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Pengembangan Dimensi IPS SD | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Pembelajaran Matematika di SD | 3 | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia | 3 | 14.29% | 21.43% | 28.57% | 35.71% | 100 % | |||||||
Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Inovasi Pembelajaran IPS SD | 3 | 14.29% | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 100 % | |||||||
Pengembangan seni musik untuk anak | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
RME Berbasis Etnomatematika di SD | 3 | 16.67% | 25% | 25% | 33.33% | 100 % | |||||||
Pengembangan seni rupa untuk anak | 3 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pembelajaran IPA SD | 3 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||
Evaluasi Pembelajaran | 2 | 37.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Reading, Writing and Dictation for Primary School | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Etnosains di SD | 3 | 66.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Inovasi Media Pembelajaran di SD | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Keterampilan Berpikir Matematis | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi S1 PGSD saat ini adalah kurikulum transformasi yang dikembangkan dengan mengacu pada Outcome-Based Education. Landasan hukum pengembangan kurikulum program studi S1 PGSD adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
3. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
5. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
7. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
8. Peraturan Rektor Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
9. Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2024;
10. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
11. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
12. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved