Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Tanggal Berdiri | : | 1 September 2006 |
Koordinator Program Studi | : | Putri Rachmadyanti, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mewujudkan keilmuan pendidikan guru Sekolah Dasar yang adaptif, inovatif, dan tangguh melalui paradigma reflektif kritis berdasarkan kearifan lokal dan wawasan global.Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan calon guru sekolah dasar yang berprinsip reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Memanfaatkan dan melaksanakan hasil penelitian di bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Tujuan
- Menghasilkan calon guru sekolah dasar yang menguasai substansi dan pembelajaran bidang studi yang reflektif kritis, responsif terhadap inovasi, perkembangan teknologi informasi, kearifan lokal dan wawasan global;
- Menghasilkan karya ilmiah pada bidang Pendidikan guru sekolah dasar dengan pendekatan multidisipliner dan interdisipliner;
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berdasarkan keahlian dan hasil penelitian dalam pendidikan guru sekolah dasar.
Nilai_dasar
Program Studi S1 PGSD FIP UNESA memiliki nilai dasar yang dikenal dengan istilah PGSD KITA (Kreatif, Inovatif, Tangguh, dan Adaptif). Nilai-nilai ini mencerminkan komitmen program studi PGSD dalam membentuk calon pendidik yang mampu berpikir kritis, menciptakan solusi baru, memiliki ketangguhan dalam menghadapi tantangan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman dan dinamika dunia pendidikan.Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik
Pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu secara kritis dan reflektif merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berbasis kearifan lokal dan berwawasan global dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi secara inovatif
- Peneliti Pemula/ Asisten Peneliti
Peneliti Pemula atau Asisten Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan mampu menghasilkan inovasi yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
- Edupreneur
Edupreneur yang mampu mengelola usaha di bidang pendidikan, memiliki sikap tanggung jawab, adaptif, inovatif dan tangguh
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Merdeka Belajar
Semester ke 1
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620604085
PEMBELAJARAN TERPADU
4.00
8620602022
ILMU KEALAMAN DASAR
2.00
8620603211
METODOLOGI PENELITIAN
3.00
8620602066
MICROTEACHING
2.00
8620603208
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD
3.00
8620602114
PENDIDIKAN PRAKARYA
2.00
8620602115
PENDIDIKAN SENI MUSIK
2.00
8620603207
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PPKN SD
3.00
8620603206
PENGEMBANGAN DIMENSI IPS SD
3.00
8620602188
SEMINAR
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620602007
BAHASA DAERAH
2.00
8620602013
BIMBINGAN DI SD
2.00
8620602202
EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
2.00
1000003068
KKN ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM
3.00
1000004066
KKN ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT
4.00
1000004067
KKN ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM
4.00
1000003069
KKN ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM
3.00
1000003070
KKN ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN
3.00
1000003065
KKN ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM
3.00
8620602173
STATISTIK
2.00
8620602006
APRESIASI SASTRA
2.00
8620603263
INOVASI PEMBELAJARAN IPS SD
3.00
1000002033
KEWARGANEGARAAN
2.00
8620603198
KONSEP DASAR IPA
3.00
8620603199
PENDIDIKAN SENI RUPA DAN PRAKARYA
3.00
8620602201
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002176
KEWIRAUSAHAAN
2.00
8620604215
PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS LANJUT SD
4.00
8620604141
PENGEMBANGAN SENI UNTUK ANAK 5* (MENDONGENG)
4.00
8620601057
MAGANG 3
1.00
8620602064
MEDIA PEMBELAJARAN DI SD
2.00
8620604125
PENGEMBANGAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK*
4.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620603084
PEMBELAJARAN PPKN SD
3.00
8620603234
PENGEMBANGAN SENI MUSIK UNTUK ANAK
3.00
8620603237
PENGEMBANGAN SENI RUPA UNTUK ANAK
3.00
8620603247
LITERASI BERIMBANG
3.00
8620603257
PEMBELAJARAN IPA SD
3.00
8620603260
PENDIDIKAN STEAM DI SD
3.00
8620603262
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD
3.00
8620603255
RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI SD
3.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620604140
PENGEMBANGAN SENI UNTUK ANAK 4* (RUPA)
4.00
8620604128
PENGEMBANGAN OLAHRAGA UNTUK ANAK 1* (AEROBIK)
4.00
8620604134
PENGEMBANGAN SENI UNTUK ANAK 1* (MUSIK)
4.00
8620604136
PENGEMBANGAN SENI UNTUK ANAK 2* (TARI)
4.00
8620604137
PENGEMBANGAN SENI UNTUK ANAK 3* (DRAMA)
4.00
8620604204
PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN
4.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8620603245
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS SD BERBASIS DIFERENSIASI
3.00
1000002104
SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR
2.00
8620604266
SKRIPSI
4.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620604085 | PEMBELAJARAN TERPADU | 4.00 | |
8620602022 | ILMU KEALAMAN DASAR | 2.00 | |
8620603211 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
8620602066 | MICROTEACHING | 2.00 | |
8620603208 | PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD | 3.00 | |
8620602114 | PENDIDIKAN PRAKARYA | 2.00 | |
8620602115 | PENDIDIKAN SENI MUSIK | 2.00 | |
8620603207 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PPKN SD | 3.00 | |
8620603206 | PENGEMBANGAN DIMENSI IPS SD | 3.00 | |
8620602188 | SEMINAR | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620602007 | BAHASA DAERAH | 2.00 | |
8620602013 | BIMBINGAN DI SD | 2.00 | |
8620602202 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000003068 | KKN ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM | 3.00 | |
1000004066 | KKN ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT | 4.00 | |
1000004067 | KKN ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM | 4.00 | |
1000003069 | KKN ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM | 3.00 | |
1000003070 | KKN ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN | 3.00 | |
1000003065 | KKN ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM | 3.00 | |
8620602173 | STATISTIK | 2.00 | |
8620602006 | APRESIASI SASTRA | 2.00 | |
8620603263 | INOVASI PEMBELAJARAN IPS SD | 3.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
8620603198 | KONSEP DASAR IPA | 3.00 | |
8620603199 | PENDIDIKAN SENI RUPA DAN PRAKARYA | 3.00 | |
8620602201 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
8620604215 | PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS LANJUT SD | 4.00 | |
8620604141 | PENGEMBANGAN SENI UNTUK ANAK 5* (MENDONGENG) | 4.00 | |
8620601057 | MAGANG 3 | 1.00 | |
8620602064 | MEDIA PEMBELAJARAN DI SD | 2.00 | |
8620604125 | PENGEMBANGAN BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK* | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620603084 | PEMBELAJARAN PPKN SD | 3.00 | |
8620603234 | PENGEMBANGAN SENI MUSIK UNTUK ANAK | 3.00 | |
8620603237 | PENGEMBANGAN SENI RUPA UNTUK ANAK | 3.00 | |
8620603247 | LITERASI BERIMBANG | 3.00 | |
8620603257 | PEMBELAJARAN IPA SD | 3.00 | |
8620603260 | PENDIDIKAN STEAM DI SD | 3.00 | |
8620603262 | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD | 3.00 | |
8620603255 | RME BERBASIS ETNOMATEMATIKA DI SD | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620604140 | PENGEMBANGAN SENI UNTUK ANAK 4* (RUPA) | 4.00 | |
8620604128 | PENGEMBANGAN OLAHRAGA UNTUK ANAK 1* (AEROBIK) | 4.00 | |
8620604134 | PENGEMBANGAN SENI UNTUK ANAK 1* (MUSIK) | 4.00 | |
8620604136 | PENGEMBANGAN SENI UNTUK ANAK 2* (TARI) | 4.00 | |
8620604137 | PENGEMBANGAN SENI UNTUK ANAK 3* (DRAMA) | 4.00 | |
8620604204 | PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8620603245 | PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS SD BERBASIS DIFERENSIASI | 3.00 | |
1000002104 | SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR | 2.00 | |
8620604266 | SKRIPSI | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjaga relevansi dan kualitas pendidikan, Program Studi S1 PGSD FIP UNESA secara rutin melakukan evaluasi kurikulum yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, pengguna lulusan, serta mitra dunia kerja. Evaluasi ini bertujuan untuk menyesuaikan capaian pembelajaran dengan perkembangan kebutuhan di lapangan dan dinamika kebijakan pendidikan dasar. Selain itu, pelaksanaan tracer study dilakukan secara periodik untuk memperoleh umpan balik dari alumni dan pengguna lulusan, guna memastikan kesesuaian kompetensi lulusan dengan tuntutan dunia kerja serta mendukung penyusunan kebijakan pengembangan kurikulum yang lebih tepat sasaran dan berbasis kebutuhan nyata.
Berdasarkan rangkaian Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan dengan melibatkan alumni, mahasiswa, dan para stakeholder Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), ditemukan kesamaan pandangan terkait kebutuhan pengembangan kurikulum yang lebih kontekstual, aplikatif, dan relevan dengan tantangan pendidikan dasar saat ini. Berikut adalah kesimpulan umum dari FGD yang telah dilakukan:
- Penguatan Kompetensi Sosial, Emosional, dan Kepemimpinan Guru
Baik alumni, mahasiswa, maupun stakeholder menekankan pentingnya mata kuliah yang mengembangkan keterampilan sosial dan emosional calon guru, seperti Etika Profesi, Komunikasi Efektif, Kepemimpinan, Public Speaking, dan Etos Kerja. Hal ini untuk membentuk guru yang profesional, percaya diri, dan mampu berinteraksi secara efektif di lingkungan sekolah. - Urgensi Pendidikan Inklusif dan Psikologi Anak
Mengingat semua sekolah dasar, khususnya di Surabaya, diarahkan menjadi sekolah inklusi, maka kemampuan dalam Pembelajaran Inklusif dan pemahaman terhadap Psikologi Perkembangan Anak menjadi sangat penting. Kedua FGD sepakat bahwa mata kuliah ini harus diikuti dengan praktik nyata agar guru mampu menangani keberagaman kebutuhan peserta didik secara optimal. - Tanggapan Terhadap Isu Sosial dan Lingkungan Sekolah
Meningkatnya kasus perundungan (bullying) serta permasalahan lingkungan hidup menjadi perhatian utama. Oleh karena itu, diperlukan mata kuliah khusus untuk menangani isu-isu tersebut secara preventif dan edukatif, serta dapat diintegrasikan dalam pembelajaran berbasis kearifan lokal dan studi lapangan. - Pentingnya Literasi Keuangan dan Edupreneurship
FGD alumni-mahasiswa mendorong hadirnya mata kuliah Literasi Finansial sebagai bekal calon guru dalam mengajarkan pengelolaan keuangan sederhana kepada siswa, serta membangun jiwa kewirausahaan (edupreneur) melalui keterampilan menulis dan pengembangan bahan ajar. - Penguatan Literasi, Numerasi, dan Kurikulum Tematik IPAS
Keduanya menekankan bahwa literasi dan numerasi harus menjadi pondasi utama, khususnya di kelas rendah, agar siswa lebih siap menghadapi materi di jenjang lebih tinggi. Selain itu, penyesuaian kurikulum dengan pendekatan integratif seperti IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) perlu diakomodasi dalam kurikulum PGSD. - Keseimbangan Antara Teori dan Praktik
Seluruh peserta FGD menekankan pentingnya kurikulum yang tidak hanya menekankan teori, tetapi juga memperkuat praktik lapangan. Mahasiswa perlu lebih banyak terlibat langsung dalam pengalaman nyata di sekolah, baik melalui PLP, studi kasus, observasi, hingga aksi nyata yang dapat dikembangkan dalam laporan reflektif.
Selain evaluasi kurikulum melalui FGD, program studi PGSD juga melakukan pemantauan tracer study, berikut hasil kegiatan yang dilakukan tim tracer study PGSD:
1. Rata-rata Lulusan
Pada pengisian tracer study kali ini link usernamesudah dibagikan kepadaseluruh peserta tracer untuk digunakan mengakses laman https://tracerstudy.unesa.ac.id/
Partisipasi alumni PGSD dalam tracer studytahun 2024 sejumlah 200 dengan perolehan 100 % rensponrate. Hal tersebut menunjukkan bahwa program studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar memiliki ketercapaian prodi yang sangat baik.
2. Gold Standart
Berdasarkan gold standar alumni mencapai 91,2 %. Alumni yang melanjutkan sebagai wiraswasta 1 % atau sejumlah 2 alumni . Melanjutkan pendidikan 72% atau sejumlah 144 alumni dan alumni yang berhasil bekerja sebesar 18.2% atau sejumlah 43 alumni.
3. Masa tunggu alumni
Mayoritas lulusan mendapatkan pekerjaan pertama dengan masa tunggu kurang dari 6 bulan sebanyak 40 alumni , masa tunggu 6 hingga 12 bulan sebanyak 3 alumni
4. Jenis Lembaga Tempat Alumni Bekerja
Jenis Lembaga tempat alumni bekerja sejumlah 22,6 % di instansi pemerintahan, Lembaga swadaya Masyarakat 6,98 %, Perusahaan swasta 25,5%, wiraswasta perusaahaan sendiri 4,65%, organisasi multilateral4,65%, lainnya 34,48%
5. Jenis Tempat Kerja Alumni
Jenis tempat kerja alumni bekerja sejumlah 55,81 % tidak berbadan hukum, 41,36 % wiraswasta berbadan hukum, multinasional2, 23%
Berdasarkan hasil Focus Group Discusiion (FGD) dan data tracer study tersebut maka kurikulum PGSD perlu disusun secara adaptif, integratif, dan aplikatif, dengan menyeimbangkan antara pembentukan kompetensi akademik, sosial, dan profesional calon guru. Masukan dari alumni, mahasiswa, dan stakeholder menegaskan bahwa keberhasilan lulusan ditentukan oleh sejauh mana kurikulum mampu menjawab kebutuhan nyata di lapangan pendidikan dasar.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | |||
Bahasa Daerah | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
STATISTIK | 2 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||
Kajian Kebasaan | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Basic English | 2 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Konsep Dasar IPA | 3 | 50% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Bilangan dan Pengolahan Data | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pendidikan seni rupa dan Prakarya | 3 | 18.18% | 18.18% | 27.27% | 36.36% | 99.99 % | |||||||
Listening and Speaking for Primary School | 3 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Pengembangan bahasa inggris untuk anak* | 4 | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 18.18% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 99.99 % | ||||
Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD | 4 | 60% | 40% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Seni Musik | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Kewirausahaan | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Bimbingan Di Sd | 2 | 33.33% | 44.44% | 22.22% | 99.99 % | ||||||||
Pendidikan Inklusif | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||
Apresiasi sastra | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Pembelajaran Ppkn Sd | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Kurikulum Sekolah Dasar | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Pendidikan STEAM di SD | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Literasi Berimbang | 3 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | |||||||
Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Konsep Dasar IPS SD | 3 | 8.33% | 91.67% | 100 % | |||||||||
Pendidikan Karakter | 2 | 54.55% | 18.18% | 27.27% | 100 % | ||||||||
Kajian Kebahasaan | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Geometri dan Pengukuran | 2 | 33.33% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Pengembangan Dimensi IPS SD | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | ||||||||
Pembelajaran Matematika di SD | 3 | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Peningkatan keterampilan berbahasa Indonesia | 3 | 14.29% | 21.43% | 28.57% | 35.71% | 100 % | |||||||
Perencanaan Pembelajaran Inovatif di SD | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Inovasi Pembelajaran IPS SD | 3 | 14.29% | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 100 % | |||||||
Pengembangan seni musik untuk anak | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
RME Berbasis Etnomatematika di SD | 3 | 16.67% | 25% | 25% | 33.33% | 100 % | |||||||
Pengembangan seni rupa untuk anak | 3 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pembelajaran IPA SD | 3 | 25% | 33.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||
Evaluasi Pembelajaran | 2 | 37.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Reading, Writing and Dictation for Primary School | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Etnosains di SD | 3 | 66.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Inovasi Media Pembelajaran di SD | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Keterampilan Berpikir Matematis | 2 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Program Studi S1 PGSD saat ini adalah kurikulum transformasi yang dikembangkan dengan mengacu pada Outcome-Based Education. Landasan hukum pengembangan kurikulum program studi S1 PGSD adalah sebagai berikut:
1. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
3. Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012, tentang Perguruan Tinggi;
4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
5. Peraturan Pemerintah Nomor 04 Tahun 2014, tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi;
6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
7. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
8. Peraturan Rektor Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
9. Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Tahun 2024;
10. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
11. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
12. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved