Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa
| Program Studi | : | S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan) |
| Tanggal Berdiri | : | 3 Oktober 2023 |
| Koordinator Program Studi | : | FUAD NOOR HEZA |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi kependidikan yang unggul, tangguh, adaptif, dan inovatif dalam pengembangan pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi berbasis kewirausahaan dan teknologi olahraga, guna melahirkan pendidik jasmani profesional, berkarakter, dan berdaya saing global.Misi
- Menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi yang tangguh, adaptif, dan inovatif berbasis kewirausahaan, untuk menghasilkan pendidik dan tenaga profesional yang unggul serta responsif terhadap keberagaman peserta didik.
- Melaksanakan penelitian yang aplikatif, kolaboratif, dan berorientasi pada pengembangan ilmu, teknologi, dan praktik pendidikan jasmani yang inklusif, serta memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara interdisipliner, kolaboratif, dan berkelanjutan, dengan fokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui aktivitas jasmani, olahraga rekreasi, sport tourism, dan promosi kesehatan berbasis potensi lokal.
- Mengembangkan tata kelola program studi yang efektif, efisien, transparan, dan akun tabel guna menjamin mutu pelaksanaan tridarma perguruan tinggi secara berkelanjutan serta mendukung sistem penjaminan mutu internal universitas
- Membangun jejaring kerja sama strategis di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk memperkuat pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, pengembangan kewirausahaan olahraga, teknologi pendidikan jasmani, dan perluasan praktik pendidikan yang inklusif dan berkeadilan.
Tujuan
- 1. Menghasilkan lulusan yang tangguh, adaptif, inovatif, profesional, dan berkarakter dalam bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi, yang memiliki jiwa kewirausahaan serta kompeten dalam menyelenggarakan pembelajaran yang inklusi, humanis, dan responsif terhadap keberagaman peserta didik.
- 2. Menghasilkan karya penelitian yang aplikatif, kolaboratif, dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi olahraga, dan sport science, yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di tingkat lokal, nasional, dan global.
- 3. Meningkatkan peran pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan interdisipliner yang inovatif di bidang pendidikan jasmani, olahraga rekreasi, dan kesehatan masyarakat, dengan dampak nyata terhadap peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan, dan partisipasi masyarakat aktif.
- 4. Mewujudkan tata kelola program studi yang efektif, efisien, transparan, dan akun tabel, berlandaskan prinsip good governance dan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal untuk mendukung keberlanjutan dan reputasi akademik program studi.
- 5. Memperluas jejaring dan kemitraan strategis dengan lembaga pendidikan, dunia usaha dan industri, asosiasi profesi, serta komunitas olahraga di tingkat lokal, nasional, dan internasional, dalam rangka penguatan tridarma perguruan tinggi, pengembangan kewirausahaan olahraga, inovasi teknologi pembelajaran jasmani, dan perluasan praktik pendidikan inklusif.
Nilai_dasar
- 1. Integritas Akademik – menjunjung tinggi kejujuran, tanggung jawab, dan etika akademik dalam setiap aktivitas tridarma.
- 2. Adaptif dan Inovatif – tanggap terhadap perubahan zaman dan berorientasi pada kreativitas serta pembaruan di bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
- 3. Kewirausahaan Sosial – mendorong semangat kemandirian, kreativitas, dan kontribusi sosial melalui bidang olahraga, kesehatan, dan rekreasi.
- 4. Kolaboratif dan Inklusif – membangun kerja sama lintas sektor dan menjunjung tinggi keberagaman serta kesetaraan dalam pendidikan jasmani.
- 5. Profesionalisme – menunjukkan kompetensi, tanggung jawab, dan dedikasi tinggi dalam menjalankan tugas sebagai pendidik dan akademisi.
- 6. Kebangsaan dan Kearifan Lokal – mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme dan budaya lokal Magetan dalam pengembangan pendidikan jasmani dan sport tourism.
- 7. Keberlanjutan (Sustainability) – berorientasi pada pengembangan jangka panjang yang ramah lingkungan, beretika, dan mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs).
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
| CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-5 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-6 | Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif (P2)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-7 | Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas (P3)
Dibebankan pada matakuliah: |
| CPL-8 | Mampu menerapkan teknologi dalam pembelajaran pendidikan jasmani (P4)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-9 | Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga (P5)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-10 | Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-11 | Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan (KK2)
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-12 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
Dibebankan pada matakuliah:
|
| CPL-13 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
- Guru PJOK
Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan
- Asisten Peneliti
Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.
- Praktisi
Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.
- Enterpreneur
Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PSDKU Kampus Unesa 5 di Magetan)
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002005
DASAR-DASAR PENDIDIKAN
2.00
8520803066
SEPAKBOLA
3.00
8520802005
ANATOMI
2.00
8520803064
ATLETIK
3.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
8520802004
PENCAK SILAT
2.00
8520802065
RENANG
2.00
8520802067
SENAM
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002018
PANCASILA
2.00
1000002003
BAHASA INDONESIA
2.00
8520802030
BIOMEKANIK OLAHRAGA
2.00
8520802068
BOLABASKET
3.00
8520802069
BOLAVOLI
3.00
8520802011
BULUTANGKIS
2.00
8520802008
FISIOLOGI OLAHRAGA
2.00
8520802012
SOFTBALL
2.00
8520802046
SOSIOLOGI OLAHRAGA
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002177
BAHASA INGGRIS
2.00
8520802070
BELAJAR MOTORIK
2.00
8520802013
ILMU GIZI OLAHRAGA
2.00
1000002033
KEWARGANEGARAAN
2.00
8520802023
KURIKULUM SEKOLAH
2.00
8520802026
PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CIDERA OLAHRAGA
2.00
8520803077
PENJASOR ADAPTIF
2.00
8520802071
PERMAINAN KECIL
2.00
8520802035
TENIS LAPANGAN
2.00
8520802007
TENIS MEJA
2.00
8520802015
TEORI BELAJAR
2.00
8520802061
TES DAN PENGUKURAN PENDIDIKAN JASMANI
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520803018
METODOLOGI PENELITIAN
3.00
8520802078
PEMBELAJARAN AKUATIK
2.00
8520802033
EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
2.00
8520802028
INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
2.00
8520802034
KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKROTEACHING
2.00
8520802055
PEMBELAJARAN ATLETIK
2.00
8520802016
PEMBELAJARAN RENANG
2.00
8520802073
PEMBELAJARAN SENAM
2.00
8520802032
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN JASMANI
2.00
8520802072
PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
2.00
8520802031
STATISTIK
2.00
Semester ke 5
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520802052
ADMINISTRASI DAN SISTEM PERTANDINGAN
2.00
1000002051
PLP-ANALISIS KURIKULUM
2.00
1000002055
PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN
2.00
1000002049
PLP-MANAJEMEN SEKOLAH
2.00
1000003053
PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
3.00
1000002054
PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
2.00
1000002050
PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH
2.00
1000003052
PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
3.00
1000004056
PLP-PRAKTIK MENGAJAR
4.00
1000002104
SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8520802081
EKOWISATA OLAHRAGA DAN KEMANUSIAAN
2.00
8520802041
MUAIYTHAI
2.00
8520802040
PANAHAN
2.00
8520802085
AKTIVITAS FISIK PESERTA DIDIK DISABILITAS
2.00
8520802082
EKSPLORASI OLAHRAGA ALAM
2.00
8520802053
FITNESS DAN SPA THERAPI
2.00
8520802059
FLOORBALL
2.00
8520802039
FUTSAL
2.00
8520802038
HOKI
2.00
8520802048
JURNALISTIK OLAHRAGA
2.00
8520802043
KARATE
2.00
8520802083
KEPEMIMPINAN OLAHRAGA DAN MANAJEMEN KEGIATAN LUAR RUANG
2.00
8520802022
MASASE OLAHRAGA
2.00
8520802084
PENDIDIKAN JASMANI DAN ADAPTIF DI SEKOLAH INKLUSI
2.00
8520802021
PENDIDIKAN KESEHATAN SEKOLAH
2.00
8520802086
PENGELOLAAN KELAS DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENJASOR ADAPTIF
2.00
8520802027
PENGEMBANGAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKOLAH
2.00
8520802063
PENTAQUE
2.00
8520802042
SEPAK TAKRAW
2.00
8520802080
WOODBALL
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000004105
TUGAS AKHIR
4.00
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
| 1000002005 | DASAR-DASAR PENDIDIKAN | 2.00 | |
| 8520803066 | SEPAKBOLA | 3.00 | |
| 8520802005 | ANATOMI | 2.00 | |
| 8520803064 | ATLETIK | 3.00 | |
| 1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
| 8520802004 | PENCAK SILAT | 2.00 | |
| 8520802065 | RENANG | 2.00 | |
| 8520802067 | SENAM | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
| 1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
| 8520802030 | BIOMEKANIK OLAHRAGA | 2.00 | |
| 8520802068 | BOLABASKET | 3.00 | |
| 8520802069 | BOLAVOLI | 3.00 | |
| 8520802011 | BULUTANGKIS | 2.00 | |
| 8520802008 | FISIOLOGI OLAHRAGA | 2.00 | |
| 8520802012 | SOFTBALL | 2.00 | |
| 8520802046 | SOSIOLOGI OLAHRAGA | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
| 8520802070 | BELAJAR MOTORIK | 2.00 | |
| 8520802013 | ILMU GIZI OLAHRAGA | 2.00 | |
| 1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
| 8520802023 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
| 8520802026 | PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CIDERA OLAHRAGA | 2.00 | |
| 8520803077 | PENJASOR ADAPTIF | 2.00 | |
| 8520802071 | PERMAINAN KECIL | 2.00 | |
| 8520802035 | TENIS LAPANGAN | 2.00 | |
| 8520802007 | TENIS MEJA | 2.00 | |
| 8520802015 | TEORI BELAJAR | 2.00 | |
| 8520802061 | TES DAN PENGUKURAN PENDIDIKAN JASMANI | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8520803018 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
| 8520802078 | PEMBELAJARAN AKUATIK | 2.00 | |
| 8520802033 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI | 2.00 | |
| 8520802028 | INOVASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI | 2.00 | |
| 8520802034 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKROTEACHING | 2.00 | |
| 8520802055 | PEMBELAJARAN ATLETIK | 2.00 | |
| 8520802016 | PEMBELAJARAN RENANG | 2.00 | |
| 8520802073 | PEMBELAJARAN SENAM | 2.00 | |
| 8520802032 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN JASMANI | 2.00 | |
| 8520802072 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI | 2.00 | |
| 8520802031 | STATISTIK | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8520802052 | ADMINISTRASI DAN SISTEM PERTANDINGAN | 2.00 | |
| 1000002051 | PLP-ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
| 1000002055 | PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
| 1000002049 | PLP-MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
| 1000003053 | PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
| 1000002054 | PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
| 1000002050 | PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
| 1000003052 | PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
| 1000004056 | PLP-PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 | |
| 1000002104 | SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 8520802081 | EKOWISATA OLAHRAGA DAN KEMANUSIAAN | 2.00 | |
| 8520802041 | MUAIYTHAI | 2.00 | |
| 8520802040 | PANAHAN | 2.00 | |
| 8520802085 | AKTIVITAS FISIK PESERTA DIDIK DISABILITAS | 2.00 | |
| 8520802082 | EKSPLORASI OLAHRAGA ALAM | 2.00 | |
| 8520802053 | FITNESS DAN SPA THERAPI | 2.00 | |
| 8520802059 | FLOORBALL | 2.00 | |
| 8520802039 | FUTSAL | 2.00 | |
| 8520802038 | HOKI | 2.00 | |
| 8520802048 | JURNALISTIK OLAHRAGA | 2.00 | |
| 8520802043 | KARATE | 2.00 | |
| 8520802083 | KEPEMIMPINAN OLAHRAGA DAN MANAJEMEN KEGIATAN LUAR RUANG | 2.00 | |
| 8520802022 | MASASE OLAHRAGA | 2.00 | |
| 8520802084 | PENDIDIKAN JASMANI DAN ADAPTIF DI SEKOLAH INKLUSI | 2.00 | |
| 8520802021 | PENDIDIKAN KESEHATAN SEKOLAH | 2.00 | |
| 8520802086 | PENGELOLAAN KELAS DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENJASOR ADAPTIF | 2.00 | |
| 8520802027 | PENGEMBANGAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKOLAH | 2.00 | |
| 8520802063 | PENTAQUE | 2.00 | |
| 8520802042 | SEPAK TAKRAW | 2.00 | |
| 8520802080 | WOODBALL | 2.00 |
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
|---|---|---|---|
| 1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
| Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | |||
| Pencak Silat | 2 | 26.83% | 14.63% | 31.71% | 26.83% | 100 % | |||||||||
| Ilmu Gizi Olahraga | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||||
| Kurikulum Sekolah | 2 | 46.67% | 53.33% | 100 % | |||||||||||
| Bulutangkis | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
| Pencegahan dan perawatan Cidera OR | 2 | 25% | 75% | 100 % | |||||||||||
| Anatomi | 2 | 27.78% | 38.89% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
| Tenis Meja | 2 | 20% | 20% | 60% | 100 % | ||||||||||
| Softball | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||||
| Sosiologi Olahraga | 2 | 44.74% | 26.32% | 28.95% | 100 % | ||||||||||
| Fisiologi Olahraga | 2 | 46.67% | 26.67% | 13.33% | 13.33% | 100 % | |||||||||
| Biomekanik Olahraga | 2 | 45.45% | 36.36% | 18.18% | 99.99 % | ||||||||||
| Atletik | 3 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||||
| Sepakbola | 3 | 22.22% | 44.44% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||||
| Renang | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||||
| Belajar Motorik | 2 | 54.55% | 45.45% | 100 % | |||||||||||
| Senam | 2 | 18.75% | 28.13% | 37.5% | 15.63% | 100 % | |||||||||
| Permainan Kecil | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
| Bolavoli | 3 | 62.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | |||||||||
| Bolabasket | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||||
| PENJASOR ADAPTIF | 2 | 10% | 30% | 20% | 40% | 100 % | |||||||||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Filosofi
Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat.
Landasan Sosiologis
Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa.
Landasan Historis
Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.
Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved
