•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan) Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Tanggal Berdiri  :  3 Oktober 2023
Koordinator Program Studi  :  FUAD NOOR HEZA
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi kependidikan yang unggul, tangguh, adaptif, dan inovatif dalam pengembangan pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi berbasis kewirausahaan dan teknologi olahraga, guna melahirkan pendidik jasmani profesional, berkarakter, dan berdaya saing global.
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi yang tangguh, adaptif, dan inovatif berbasis kewirausahaan, untuk menghasilkan pendidik dan tenaga profesional yang unggul serta responsif terhadap keberagaman peserta didik.
  2. Melaksanakan penelitian yang aplikatif, kolaboratif, dan berorientasi pada pengembangan ilmu, teknologi, dan praktik pendidikan jasmani yang inklusif, serta memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals).
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara interdisipliner, kolaboratif, dan berkelanjutan, dengan fokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui aktivitas jasmani, olahraga rekreasi, sport tourism, dan promosi kesehatan berbasis potensi lokal.
  4. Mengembangkan tata kelola program studi yang efektif, efisien, transparan, dan akun tabel guna menjamin mutu pelaksanaan tridarma perguruan tinggi secara berkelanjutan serta mendukung sistem penjaminan mutu internal universitas
  5. Membangun jejaring kerja sama strategis di tingkat lokal, nasional, dan internasional untuk memperkuat pelaksanaan tridarma perguruan tinggi, pengembangan kewirausahaan olahraga, teknologi pendidikan jasmani, dan perluasan praktik pendidikan yang inklusif dan berkeadilan.

Tujuan
  1. 1. Menghasilkan lulusan yang tangguh, adaptif, inovatif, profesional, dan berkarakter dalam bidang pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi, yang memiliki jiwa kewirausahaan serta kompeten dalam menyelenggarakan pembelajaran yang inklusi, humanis, dan responsif terhadap keberagaman peserta didik.
  2. 2. Menghasilkan karya penelitian yang aplikatif, kolaboratif, dan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi olahraga, dan sport science, yang berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran serta mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) di tingkat lokal, nasional, dan global.
  3. 3. Meningkatkan peran pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan interdisipliner yang inovatif di bidang pendidikan jasmani, olahraga rekreasi, dan kesehatan masyarakat, dengan dampak nyata terhadap peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan, dan partisipasi masyarakat aktif.
  4. 4. Mewujudkan tata kelola program studi yang efektif, efisien, transparan, dan akun tabel, berlandaskan prinsip good governance dan sistem penjaminan mutu internal dan eksternal untuk mendukung keberlanjutan dan reputasi akademik program studi.
  5. 5. Memperluas jejaring dan kemitraan strategis dengan lembaga pendidikan, dunia usaha dan industri, asosiasi profesi, serta komunitas olahraga di tingkat lokal, nasional, dan internasional, dalam rangka penguatan tridarma perguruan tinggi, pengembangan kewirausahaan olahraga, inovasi teknologi pembelajaran jasmani, dan perluasan praktik pendidikan inklusif.

Nilai_dasar
  1. 1. Integritas Akademik – menjunjung tinggi kejujuran, tanggung jawab, dan etika akademik dalam setiap aktivitas tridarma.
  2. 2. Adaptif dan Inovatif – tanggap terhadap perubahan zaman dan berorientasi pada kreativitas serta pembaruan di bidang pendidikan jasmani dan olahraga.
  3. 3. Kewirausahaan Sosial – mendorong semangat kemandirian, kreativitas, dan kontribusi sosial melalui bidang olahraga, kesehatan, dan rekreasi.
  4. 4. Kolaboratif dan Inklusif – membangun kerja sama lintas sektor dan menjunjung tinggi keberagaman serta kesetaraan dalam pendidikan jasmani.
  5. 5. Profesionalisme – menunjukkan kompetensi, tanggung jawab, dan dedikasi tinggi dalam menjalankan tugas sebagai pendidik dan akademisi.
  6. 6. Kebangsaan dan Kearifan Lokal – mengintegrasikan nilai-nilai nasionalisme dan budaya lokal Magetan dalam pengembangan pendidikan jasmani dan sport tourism.
  7. 7. Keberlanjutan (Sustainability) – berorientasi pada pengembangan jangka panjang yang ramah lingkungan, beretika, dan mendukung pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-5 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara prosedural. (P1)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-6 Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif (P2)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-7 Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas (P3)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-8 Mampu menerapkan teknologi dalam pembelajaran pendidikan jasmani (P4)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-9 Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga (P5)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif (KK1)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-11 Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan (KK2)
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-12 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU1).
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-13 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU5)
Dibebankan pada matakuliah:

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
  • Guru PJOK

    Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan

  • Asisten Peneliti

    Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.

  • Praktisi

    Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.

  • Enterpreneur

    Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (PSDKU Kampus Unesa 5 di Magetan)

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00 ✔
1000002005 DASAR-DASAR PENDIDIKAN 2.00
8520803066 SEPAKBOLA 3.00
8520802005 ANATOMI 2.00
8520803064 ATLETIK 3.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
8520802004 PENCAK SILAT 2.00
8520802065 RENANG 2.00
8520802067 SENAM 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002018 PANCASILA 2.00
1000002003 BAHASA INDONESIA 2.00
8520802030 BIOMEKANIK OLAHRAGA 2.00
8520802068 BOLABASKET 3.00
8520802069 BOLAVOLI 3.00
8520802011 BULUTANGKIS 2.00
8520802008 FISIOLOGI OLAHRAGA 2.00
8520802012 SOFTBALL 2.00
8520802046 SOSIOLOGI OLAHRAGA 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000002177 BAHASA INGGRIS 2.00
8520802070 BELAJAR MOTORIK 2.00
8520802013 ILMU GIZI OLAHRAGA 2.00
1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
8520802023 KURIKULUM SEKOLAH 2.00
8520802026 PENCEGAHAN DAN PERAWATAN CIDERA OLAHRAGA 2.00
8520803077 PENJASOR ADAPTIF 2.00
8520802071 PERMAINAN KECIL 2.00
8520802035 TENIS LAPANGAN 2.00
8520802007 TENIS MEJA 2.00
8520802015 TEORI BELAJAR 2.00
8520802061 TES DAN PENGUKURAN PENDIDIKAN JASMANI 2.00

Semester ke 4

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000004066 KKN ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003082 KKN PROYEK INDPENDEN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003077 KKN PROYEK INDPENDEN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003088 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004084 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000004098 MAGANG RISET-PENGANALISISAN DATA 4.00
1000004096 MAGANG RISET-PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENELITIAN 4.00
8520802087 KEWIRAUSAHAAN OLAHRAGA 2.00
1000003068 KKN ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004067 KKN ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003069 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003070 KKN ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000003065 KKN ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003092 KKN KEWIRAUSAHAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004091 KKN KEWIRAUSAHAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003093 KKN KEWIRAUSAHAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003094 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004090 KKN KEWIRAUSAHAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003089 KKN KEWIRAUSAHAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003074 KKN PROYEK DESA EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004073 KKN PROYEK DESA PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003075 KKN PROYEK DESA PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003076 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
1000004072 KKN PROYEK DESA PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003071 KKN PROYEK DESA PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003080 KKN PROYEK INDPENDEN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004079 KKN PROYEK INDPENDEN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003081 KKN PROYEK INDPENDEN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000004078 KKN PROYEK INDPENDEN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
1000003086 KKN PROYEK KEMANUSIAAN EVALUASI PROGRAM 3.00
1000004085 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
1000003087 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
1000003083 KKN PROYEK KEMANUSIAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
1000003095 MAGANG RISET-PENGEMBANGAN RENCANA PENELITIAN 3.00
1000004097 MAGANG RISET-PENGUMPULAN DATA 4.00
1000002099 MAGANG RISET-PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN 2.00
1000003100 MAGANG RISET-PUBLIKASI 3.00
8520802075 MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520802052 ADMINISTRASI DAN SISTEM PERTANDINGAN 2.00
1000002051 PLP-ANALISIS KURIKULUM 2.00
1000002055 PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN 2.00
1000002049 PLP-MANAJEMEN SEKOLAH 2.00
1000003053 PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 3.00
1000002054 PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 2.00
1000002050 PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH 2.00
1000003052 PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN 3.00
1000004056 PLP-PRAKTIK MENGAJAR 4.00
1000002104 SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8520802081 EKOWISATA OLAHRAGA DAN KEMANUSIAAN 2.00
8520802041 MUAIYTHAI 2.00
8520802040 PANAHAN 2.00
8520802085 AKTIVITAS FISIK PESERTA DIDIK DISABILITAS 2.00
8520802082 EKSPLORASI OLAHRAGA ALAM 2.00
8520802053 FITNESS DAN SPA THERAPI 2.00
8520802059 FLOORBALL 2.00
8520802039 FUTSAL 2.00
8520802038 HOKI 2.00
8520802048 JURNALISTIK OLAHRAGA 2.00
8520802043 KARATE 2.00
8520802083 KEPEMIMPINAN OLAHRAGA DAN MANAJEMEN KEGIATAN LUAR RUANG 2.00
8520802022 MASASE OLAHRAGA 2.00
8520802084 PENDIDIKAN JASMANI DAN ADAPTIF DI SEKOLAH INKLUSI 2.00
8520802021 PENDIDIKAN KESEHATAN SEKOLAH 2.00
8520802086 PENGELOLAAN KELAS DAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENJASOR ADAPTIF 2.00
8520802027 PENGEMBANGAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SEKOLAH 2.00
8520802063 PENTAQUE 2.00
8520802042 SEPAK TAKRAW 2.00
8520802080 WOODBALL 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
1000004105 TUGAS AKHIR 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL9CPL10CPL11CPL12CPL13
Pencak Silat 2 26.83% 14.63% 31.71% 26.83% 100 %
Ilmu Gizi Olahraga 2 25% 25% 50% 100 %
Kurikulum Sekolah 2 46.67% 53.33% 100 %
Bulutangkis 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pencegahan dan perawatan Cidera OR 2 25% 75% 100 %
Anatomi 2 27.78% 38.89% 33.33% 100 %
Tenis Meja 2 20% 20% 60% 100 %
Softball 2 100% 100 %
Sosiologi Olahraga 2 44.74% 26.32% 28.95% 100 %
Fisiologi Olahraga 2 46.67% 26.67% 13.33% 13.33% 100 %
Biomekanik Olahraga 2 45.45% 36.36% 18.18% 99.99 %
Atletik 3 25% 25% 50% 100 %
Sepakbola 3 22.22% 44.44% 33.33% 99.99 %
Renang 2 100% 100 %
Belajar Motorik 2 54.55% 45.45% 100 %
Senam 2 18.75% 28.13% 37.5% 15.63% 100 %
Permainan Kecil 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Bolavoli 3 62.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Bolabasket 3 100% 100 %
PENJASOR ADAPTIF 2 10% 30% 20% 40% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi (Kampus Kabupaten Magetan)
Universitas Negeri Surabaya

Landasan Filosofi 

Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat. 

 

Landasan Sosiologis 

Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga   pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa. 

 

Landasan Historis 

Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.

 

Landasan Hukum 

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586); 

2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); 

3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); 

4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi; 

5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; 

6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi; 

7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;