Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Tanggal Berdiri | : | 5 Juni 2012 |
Koordinator Program Studi | : | Drs. Bambang Sujatmiko, M.T. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
- Visi Keilmuan Prodi S1 PTI adalah menjadi program studi pendidikan pada rumpun Teknik Informatika bertaraf nasional di tahun 2022 dan menghasilkan lulusan yang profesional, berkarakter, dan berjiwa wirausaha.
- Visi Keilmuan Prodi S1 PTI adalah menjadi Program Studi Pendidikan pada rumpun Teknik Informatika bertaraf Internasional di tahun 2026 dan menghasilkan lulusan yang profesional, berkarakter, dan berjiwa wirausaha.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang profesional, dan berkarakter IDAMAN JELITA dan berjiwa wirausaha
- Menghasilkan karya penelitian bidang Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) dan mengaplikasikan dalam pembelajaran
- Mengaplikasikan karya pengabdian kepada masyarakat bidang Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) dalam pembelajaran dan masyarakat.
- Mewujudkan kerjasama dengan sekolah dan DU/DI, dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja program studi Pendidikan Teknologi Informasi (PTI).
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-5 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-6 | Mampu mengambil keputusan berdasarkan data/informasi dan mampu menyelesaikan masalah di bidang teknologi informasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-7 | Menguasai konsep, model pembelajaran inovatif, dan program pengajaran di bidang teknologi informasi yang relevan dengan perkembangan teknologi terkini.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-8 | Menguasai konsep dan implementasi dalam mengembangkan rekayasa perangkat lunak, permainan, multimedia cerdas, dan teknik komputer jaringan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-9 | Menguasai konsep etika profesi guru dan etika profesi di bidang teknologi informasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
CPL-10 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya, menjunjung tinggi etika profesi, dan bersikap jujur dalam menjalankan tanggung jawab profesinya.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-11 | Memiliki karakter adaptif, berjiwa wirausaha, dan mampu bekerja dalam tim.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-12 | Mampu mengimplementasikan ilmu pengetahuan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) dan informatika ke dalam penelitian di bidang pendidikan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-13 | Mampu mengembangkan produk pendidikan atau sumber belajar yang inovatif dengan menggunakan strategi berbasis desain ilmiah untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan TIK.
Dibebankan pada matakuliah:
|
CPL-14 | Mampu mengembangkan program pengajaran di bidang teknologi informasi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
- Guru Pendidikan Teknologi Informasi
Memiliki kompetensi di bidang pembelajaran dalam bidang Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) yang relevan dengan kebutuhan pasar pada era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 dalam program keahlian Teknik Komputer Jaringan, multimedia cerdas dan Rekayasa Perangkat Lunak.
- Programmer Bidang Ilmu Komputer
Memiliki kompetensi dalam pengembangan modul-modul dan produk pembelajaran berbasis IT, aplikasi, tools berbasis android/web atau desktop untuk membantu pelaksanaan pembelajaran di era Revolusi Industri.null
- Wirausahawan (edu-media preneur)
Memiliki kemampuan mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis TI untuk menunjang kemampuan untuk berwirausaha dibidang sistem dan aplikasi berbasis android/web maupun desktop serta dipergunakan untuk mendukung program-program pembelajaran yang disesuaikan dengan kurikulum terkini.
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum MBKM S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320702112
MATEMATIKA
2.00
1000002003
BAHASA INDONESIA
2.00
1000002177
BAHASA INGGRIS
2.00
8320702110
DASAR PENDIDIKAN
2.00
1000002018
PANCASILA
2.00
8320703060
PEMROGRAMAN DASAR
3.00
1000002047
PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN
2.00
8320702086
SISTEM DIGITAL
2.00
8320702113
SISTEM OPERASI
2.00
8320702111
TEORI BELAJAR
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320702006
ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER
2.00
8320702115
E-LEARNING
2.00
1000002033
KEWARGANEGARAAN
2.00
8320702116
KURIKULUM SEKOLAH
2.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8320702114
MULTIMEDIA
2.00
8320702069
PENDIDIKAN VOKASI
2.00
8320702117
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320702121
EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
2.00
8320702123
GRAFIKA KOMPUTER
2.00
8320702049
MATEMATIKA DISKRIT
2.00
8320703012
BASIS DATA
3.00
8320702021
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
2.00
8320703062
PEMROGRAMAN MOBILE
3.00
8320703063
PEMROGRAMAN VISUAL
3.00
8320702124
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
2.00
8320702122
STRUKTUR DATA
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320703120
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
3.00
8320702011
BAHASA INGGRIS LANJUT
2.00
8320703024
JARINGAN KOMPUTER
3.00
8320703031
KECERDASAN BUATAN
3.00
8320702119
KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO
2.00
8320703065
PEMROGRAMAN WEB
3.00
8320703085
REKAYASA PERANGKAT LUNAK
3.00
8320702118
TEKNIK KOMPUTASI
2.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Riset (2 SKS)
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320703015
DATA MINING
3.00
8320703040
MANAJEMEN PROYEK
3.00
8320702143
GRAFIKA KOMPUTER LANJUT
3.00
8320703026
JARINGAN KOMPUTER LANJUT
3.00
8320703027
JARINGAN NIRKABEL
3.00
8320703030
KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER
3.00
8320703033
KOMPUTASI AWAN
3.00
8320703034
KOMPUTASI BERGERAK
3.00
8320703054
METODOLOGI PENELITIAN
3.00
8320703144
MULTIMEDIA LANJUT
3.00
8320703057
PEMROGRAMAN BASIS DATA *
3.00
8320703061
PEMROGRAMAN GAME
3.00
8320702136
PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
3.00
8320703088
SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI
3.00
8320703094
TEKNIK ANIMASI *
3.00
8320703098
VERIFIKASI DAN VALIDASI PERANGKAT LUNAK
3.00
8320703099
VISI KOMPUTER
3.00
Matakuliah Riset
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320702090
STATISTIKA
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000003060
MPK-DESAIN PROGRAM
3.00
1000003058
MPK-KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA
3.00
1000002059
MPK-MANAJEMEN OPERASIONAL
2.00
1000004061
MPK-PELAKSANAAN PROGRAM
4.00
1000002064
MPK-PELAPORAN PROGRAM
2.00
1000002063
MPK-PENDESIMINASIAN PROGRAM
2.00
1000002062
MPK-PENILAIAN PROGRAM
2.00
1000002057
MPK-PERENCANAAN
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
MBKM0032
PLP PERENCANAAN PROGRAM
2.00
1000003053
PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
3.00
1000002054
PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
2.00
1000002050
PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH
2.00
1000003052
PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN
3.00
1000004056
PLP-PRAKTIK MENGAJAR
4.00
1000002051
PLP-ANALISIS KURIKULUM
2.00
1000002055
PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN
2.00
MBKM0031
PLP EVALUASI PROGRAM
2.00
1000002049
PLP-MANAJEMEN SEKOLAH
2.00
1000002104
SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8320706089
SKRIPSI
6.00
1000004105
TUGAS AKHIR
4.00
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320702112 | MATEMATIKA | 2.00 | |
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
8320702110 | DASAR PENDIDIKAN | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
8320703060 | PEMROGRAMAN DASAR | 3.00 | |
1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
8320702086 | SISTEM DIGITAL | 2.00 | |
8320702113 | SISTEM OPERASI | 2.00 | |
8320702111 | TEORI BELAJAR | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320702006 | ARSITEKTUR DAN ORGANISASI KOMPUTER | 2.00 | |
8320702115 | E-LEARNING | 2.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
8320702116 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8320702114 | MULTIMEDIA | 2.00 | |
8320702069 | PENDIDIKAN VOKASI | 2.00 | |
8320702117 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320702121 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8320702123 | GRAFIKA KOMPUTER | 2.00 | |
8320702049 | MATEMATIKA DISKRIT | 2.00 | |
8320703012 | BASIS DATA | 3.00 | |
8320702021 | INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER | 2.00 | |
8320703062 | PEMROGRAMAN MOBILE | 3.00 | |
8320703063 | PEMROGRAMAN VISUAL | 3.00 | |
8320702124 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 2.00 | |
8320702122 | STRUKTUR DATA | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320703120 | ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM | 3.00 | |
8320702011 | BAHASA INGGRIS LANJUT | 2.00 | |
8320703024 | JARINGAN KOMPUTER | 3.00 | |
8320703031 | KECERDASAN BUATAN | 3.00 | |
8320702119 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO | 2.00 | |
8320703065 | PEMROGRAMAN WEB | 3.00 | |
8320703085 | REKAYASA PERANGKAT LUNAK | 3.00 | |
8320702118 | TEKNIK KOMPUTASI | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320703015 | DATA MINING | 3.00 | |
8320703040 | MANAJEMEN PROYEK | 3.00 | |
8320702143 | GRAFIKA KOMPUTER LANJUT | 3.00 | |
8320703026 | JARINGAN KOMPUTER LANJUT | 3.00 | |
8320703027 | JARINGAN NIRKABEL | 3.00 | |
8320703030 | KEAMANAN JARINGAN KOMPUTER | 3.00 | |
8320703033 | KOMPUTASI AWAN | 3.00 | |
8320703034 | KOMPUTASI BERGERAK | 3.00 | |
8320703054 | METODOLOGI PENELITIAN | 3.00 | |
8320703144 | MULTIMEDIA LANJUT | 3.00 | |
8320703057 | PEMROGRAMAN BASIS DATA * | 3.00 | |
8320703061 | PEMROGRAMAN GAME | 3.00 | |
8320702136 | PENGOLAHAN CITRA DIGITAL | 3.00 | |
8320703088 | SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI | 3.00 | |
8320703094 | TEKNIK ANIMASI * | 3.00 | |
8320703098 | VERIFIKASI DAN VALIDASI PERANGKAT LUNAK | 3.00 | |
8320703099 | VISI KOMPUTER | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320702090 | STATISTIKA | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000003060 | MPK-DESAIN PROGRAM | 3.00 | |
1000003058 | MPK-KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA | 3.00 | |
1000002059 | MPK-MANAJEMEN OPERASIONAL | 2.00 | |
1000004061 | MPK-PELAKSANAAN PROGRAM | 4.00 | |
1000002064 | MPK-PELAPORAN PROGRAM | 2.00 | |
1000002063 | MPK-PENDESIMINASIAN PROGRAM | 2.00 | |
1000002062 | MPK-PENILAIAN PROGRAM | 2.00 | |
1000002057 | MPK-PERENCANAAN | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
MBKM0032 | PLP PERENCANAAN PROGRAM | 2.00 | |
1000003053 | PLP-PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 3.00 | |
1000002054 | PLP-PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN | 2.00 | |
1000002050 | PLP-PENGEMBANGAN PROGRAM SEKOLAH | 2.00 | |
1000003052 | PLP-PENGEMBANGAN RENCANA PEMBELAJARAN | 3.00 | |
1000004056 | PLP-PRAKTIK MENGAJAR | 4.00 | |
1000002051 | PLP-ANALISIS KURIKULUM | 2.00 | |
1000002055 | PLP-ASESMEN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
MBKM0031 | PLP EVALUASI PROGRAM | 2.00 | |
1000002049 | PLP-MANAJEMEN SEKOLAH | 2.00 | |
1000002104 | SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8320706089 | SKRIPSI | 6.00 | |
1000004105 | TUGAS AKHIR | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
- Berdasarkan hasil evaluasi kurikulum tahun akademik 2022/2023 diperoleh hasil bahwa rata-rata ketercapaian Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi sebesar 99,40% (diatas ambang batas minimal 80%) dengan rincian rata-rata ketercapaian sebagai berikut: PLO 1 sebesar 99,38%, PLO 2 sebesar 100%, PLO 3 sebesar 98,50%, PLO 4 sebesar 99,02%, PLO 5 sebesar 99,49% dan PLO 6 sebesar 100%.
- Hasil tracer study pada alumni lulusan 2022 bahwa dari 19 lulusan yang ada diantaranya 15 alumni sudah mendapatkan pekerjaan, 2 berwiraswasta, dan sisanya tidak bekerja. Hasil itu menjadi ketercapaian IKU 1 (89,5%). Namun sayangnya dari 15 alumni yang sudah bekerja, yang menjadi guru hanya 4 alumni dan sisanya ada yang menjadi programer, teknisi, pegawai, dan lain-lain.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL9 | CPL10 | CPL11 | CPL12 | CPL13 | CPL14 | |||
Dasar Pendidikan | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | |||||||||||
Keamanan Jaringan Komputer | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Jaringan Komputer | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Analisis dan Perancangan Sistem | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Perencanaan Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Jaringan Nirkabel | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Kecerdasan Buatan | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||||
Jaringan Komputer Lanjut | 3 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
Metodologi Penelitian | 3 | 30% | 40% | 30% | 100 % | |||||||||||
Rekayasa Perangkat Lunak | 3 | 60% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||||
Pemrograman Berorientasi Obyek | 3 | 38.46% | 46.15% | 15.38% | 99.99 % | |||||||||||
Interaksi Manusia dan Komputer | 2 | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 7.14% | 99.96 % |
Basis Data | 3 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||||
Pemrograman Dasar | 3 | 20% | 20% | 60% | 100 % | |||||||||||
Matematika Diskrit | 3 | 57.14% | 42.86% | 100 % | ||||||||||||
Pemrograman Visual | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Pemrograman Web | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Bahasa Inggris Lanjut | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Data Mining | 3 | 80% | 20% | 100 % | ||||||||||||
Verifikasi dan Validasi Perangkat Lunak | 3 | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 22.22% | 22.22% | 11.11% | 99.99 % | ||||||||
Bahasa Inggris | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Pemrograman Mobile | 3 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
Struktur Data | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Sistem Operasi | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||||
Teori Belajar | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
E-Learning | 2 | 30% | 30% | 40% | 100 % | |||||||||||
Teknik Komputasi | 2 | 23.08% | 23.08% | 38.46% | 15.38% | 100 % | ||||||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 37.5% | 25% | 25% | 12.5% | 100 % | ||||||||||
Grafika Komputer | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Statistika | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||||
Arsitektur dan Organisasi Komputer | 2 | 44.44% | 55.56% | 100 % | ||||||||||||
Microteaching | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||||
Evaluasi Pembelajaran | 3 | 58.33% | 41.67% | 100 % | ||||||||||||
Matematika 1 | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Aljabar Linier dan Matrik | 2 | 30% | 40% | 30% | 100 % | |||||||||||
Multimedia | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Pemrograman Basis Obyek | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Kecerdasan Buatan | 3 | 5.71% | 54.29% | 40% | 100 % | |||||||||||
Mateatika I | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Analisis dan Perancangan Sistem | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 3 | 25% | 50% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Universitas Negeri Surabaya
- Pancasila dan UUD 1945
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved