Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Unesa
Program Studi | : | S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia |
Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 |
Koordinator Program Studi | : | RESDIANTO PERMATA RAHARJO |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter, profesional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan
- Menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan yang berbasis kewirausahaan dengan memperhatikan keunggulan Unesa (seni budaya, olahraga, dan disabilitas)
- Mewujudkan tata kelola Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan;
- Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan lembaga internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis kewirausahaan
Visi
Menjadi program studi yang unggul pada bidang pendidikan dan pengembangan keilmuan bahasa dan sastra Indonesia yang tangguh, adaptif, dan inovatif, berbasis kewirausahaan dan berdaya saing regional dan internasionalMisi
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, dengan penguatan kompetensi profesional sebagai pendidik bahasa Indonesia, guru BIPA, dan pembelajaran bahasa bagi ABK
- Mengembangkan riset inovatif dan berkelanjutan di bidang pendidikan, bahasa, dan sastra yang adaptif terhadap kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset yang relevan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks multikultural dan inklusif
- Menginternalisasi jiwa kewirausahaan dan kemandirian profesional kepada mahasiswa melalui pengembangan produk inovatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia
- Menyelenggarakan tata kelola prodi PBSI yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, yang menjamin mutu secara berkelanjutan
- Memperluas jejaring kerja sama nasional dan internasional yang produktif untuk menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain berbasis kewirausahaan pada bidang kependidikan dan nonkependidikan
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Bahasa Indonesia
Guru yang telah menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia disertai dengan kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian
- Guru BIPA
Guru yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang toleran, disiplin, bertanggung jawab, inovatif, peduli, dan solutif dan merasakan pandangan global
- Terapis ABK dengan masalah keterampilan bahasa
Terapis yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter sabar, penyayang, inspiratif, peduli, bijaksana, demokratis, dan solutif
- Peneliti bahasa dan sastra
Peneliti yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang teliti, obyektif, jujur, dan bertanggung jawab
- Pengusaha dalam bidang bahasa
Pengusaha yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter kreatif, inovatif, komunikatif, mandiri, dan tangguh
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum MBKM Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2023
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820102043
FONOLOGI
2.00
8820102060
KETERAMPILAN MENYIMAK
2.00
1000002046
LITERASI DIGITAL
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
2.00
✔
1000002177
BAHASA INGGRIS
2.00
8820102189
DASAR KEPENDIDIKAN
2.00
8820102055
KETERAMPILAN BERBICARA
2.00
8820102058
KETERAMPILAN MEMBACA
2.00
8820102141
SEJARAH SASTRA
2.00
8820102165
TEORI SASTRA
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820102015
APRESIASI PUISI
2.00
1000002003
BAHASA INDONESIA
2.00
8820102089
MORFOLOGI
2.00
1000002018
PANCASILA
2.00
8820102012
APRESIASI PROSA
2.00
8820102173
PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAH RAGA
2.00
8820102131
PSIKOLINGUISTIK
2.00
8820102045
PSIKOLOGI SASTRA
2.00
8820102155
STRATEGI PEMBELAJARAN BSI
2.00
8820102182
TEORI BELAJAR
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
8820104059
KETERAMPILAN MENULIS
4.00
1000002033
KEWARGANEGARAAN
2.00
8820102010
APRESIASI DRAMA
2.00
8820102067
KRITIK SASTRA
2.00
8820102184
KURIKULUM SEKOLAH
2.00
8820102187
PEMBELAJARAN BIPA DASAR
2.00
8820102197
PEMBELAJARAN BIPA TINGKAT LANJUT
2.00
8820102186
PERENCANAAN PEMBELAJARAN
2.00
8820102128
PRAGMATIK
2.00
8820104147
SINTAKSIS
4.00
8820102151
STATISTIKA
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
SKS
Wajib?
1000002176
KEWIRAUSAHAAN
2.00
8820102149
SOSIOLINGUISTIK
2.00
8820102150
SOSIOLOGI SASTRA
2.00
8820102005
ANALISIS WACANA
2.00
8820102198
EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
2.00
8820103200
METODE PENELITIAN
3.00
8820102137
SASTRA ANAK
2.00
8820102143
SEMANTIK
2.00
Semester ke 5
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820102043 | FONOLOGI | 2.00 | |
8820102060 | KETERAMPILAN MENYIMAK | 2.00 | |
1000002046 | LITERASI DIGITAL | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam |
2.00 | ✔ |
1000002177 | BAHASA INGGRIS | 2.00 | |
8820102189 | DASAR KEPENDIDIKAN | 2.00 | |
8820102055 | KETERAMPILAN BERBICARA | 2.00 | |
8820102058 | KETERAMPILAN MEMBACA | 2.00 | |
8820102141 | SEJARAH SASTRA | 2.00 | |
8820102165 | TEORI SASTRA | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820102015 | APRESIASI PUISI | 2.00 | |
1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
8820102089 | MORFOLOGI | 2.00 | |
1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
8820102012 | APRESIASI PROSA | 2.00 | |
8820102173 | PENDIDIKAN JASMANI DAN OLAH RAGA | 2.00 | |
8820102131 | PSIKOLINGUISTIK | 2.00 | |
8820102045 | PSIKOLOGI SASTRA | 2.00 | |
8820102155 | STRATEGI PEMBELAJARAN BSI | 2.00 | |
8820102182 | TEORI BELAJAR | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
8820104059 | KETERAMPILAN MENULIS | 4.00 | |
1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
8820102010 | APRESIASI DRAMA | 2.00 | |
8820102067 | KRITIK SASTRA | 2.00 | |
8820102184 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
8820102187 | PEMBELAJARAN BIPA DASAR | 2.00 | |
8820102197 | PEMBELAJARAN BIPA TINGKAT LANJUT | 2.00 | |
8820102186 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8820102128 | PRAGMATIK | 2.00 | |
8820104147 | SINTAKSIS | 4.00 | |
8820102151 | STATISTIKA | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? |
---|---|---|---|
1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
8820102149 | SOSIOLINGUISTIK | 2.00 | |
8820102150 | SOSIOLOGI SASTRA | 2.00 | |
8820102005 | ANALISIS WACANA | 2.00 | |
8820102198 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
8820103200 | METODE PENELITIAN | 3.00 | |
8820102137 | SASTRA ANAK | 2.00 | |
8820102143 | SEMANTIK | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNESA dilakukan dengan tujuan untuk menilai efektivitas kurikulum yang ada, serta menyesuaikannya dengan kebutuhan pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa, dosen, alumni, dan dunia industri. Proses evaluasi dilakukan melalui audit kurikulum dan pembelajaran, pengumpulan data dari berbagai sumber, antara lain survei kepada mahasiswa, wawancara dengan dosen, serta tracer study alumni. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menemukan kelebihan dan kekurangan kurikulum yang diterapkan.
Evaluasi kurikulum dilakukan melalui beberapa tahap, dimulai dengan audit kurikulum, pengumpulan data dari mahasiswa, dosen, dan alumni. Audit kurikulum dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk mengetahui kualitas kurikulum dan pembaruan matakuliah, RPS, referensi, serta keterkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Mahasiswa memberikan umpan balik terkait relevansi materi, metode pengajaran, dan pengembangan keterampilan yang diperoleh. Dosen diminta untuk mengevaluasi kesesuaian kurikulum dengan standar pengajaran dan tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Tracer study alumni berfokus pada relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja dan kompetensi yang dimiliki oleh alumni setelah lulus. Selain itu, diskusi dengan praktisi di bidang bahasa dan sastra juga dilakukan untuk mendapatkan masukan terkait perkembangan terkini yang perlu diintegrasikan dalam kurikulum. Hasil evaluasi kemudian disusun dalam bentuk laporan yang berisi temuan dan rekomendasi perbaikan.
Hasil tracer study, ditemukan beberapa kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam kurikulum, antara lain alumni menyarankan agar kurikulum dapat mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan praktis yang lebih aplikatif di dunia kerja, seperti penulisan kreatif, komunikasi profesional, dan penggunaan teknologi dalam pendidikan. Dunia industri menginginkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan industri. Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan lebih banyak pelatihan terkait kewirausahaan dan keterampilan yang dapat diterapkan langsung di lapangan. Alumni mengharapkan kurikulum lebih mengakomodasi pembelajaran mengenai sastra daerah dan budaya lokal untuk memberikan wawasan yang lebih kaya mengenai keberagaman budaya Indonesia.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL10 | CPL11 | |||
Sastra Anak | 2 | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 15.38% | 15.38% | 7.69% | 7.69% | 15.38% | 7.69% | 99.97 % |
Psikolinguistik | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||
Sosiologi Sastra | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | |||||||
Semantik | 2 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | ||||||
Psikologi Sastra*** | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Sosiolinguistik | 2 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | ||||||
Sintaksis | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Sintaksis | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Bahasa Inggris | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Dasar Kependidikan | 2 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
Apresiasi Prosa | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Pengantar Linguistik | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Media Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Metodologi Penelitian Pendidikan | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Pembelajaran Inovatif I | 3 | 100% | 100 % | |||||||||
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Micro | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Pembelajaran BIPA Dasar | 2 | 50% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Apresiasi Puisi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Keterampilan Menyimak | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Sejarah Sastra | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Keterampilan Berbicara | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
micro teaching | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Penelitian Filologi | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
Kritik Sastra | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Supervisi Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Asesmen Proses dan Hasil Belajar | 3 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||
Keterampilan Membaca | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Apresiasi Drama | 2 | 13.64% | 18.18% | 36.36% | 31.82% | 100 % | ||||||
Keterampilan Menulis | 4 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
Fonologi | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Morfologi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Teori Sastra | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Teori Belajar | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
Perencanaan Pembelajaran | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Kurikulum Sekolah | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Penulisan Karya Ilmiah | 4 | 20% | 40% | 33.33% | 6.67% | 100 % | ||||||
Korespondensi | 4 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Penyuntingan | 4 | 100% | 100 % | |||||||||
Penulisan Jurnalistik | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
Metode Penelitian | 3 | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||||
Pembelajaran BIPA Tingkat Lanjut | 2 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
Penulisan Kreatif | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Filsafat Ilmu | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Sastra Lisan *** | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DASAR | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||
BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TINGKAT LANJUT | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Antropologi Sastra*** | 2 | 18.75% | 25% | 43.75% | 12.5% | 100 % | ||||||
Grafologi** | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Analisis Wacana | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Jurnalistik | 2 | 22.22% | 11.11% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
Pengantar Filologi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Bahasa Sanskerta | 3 | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||
Kepewaraan** | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Psikologi Sastra | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
Korespondensi | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
PRAGMATIK | 2 | 21.43% | 28.57% | 14.29% | 35.71% | 100 % | ||||||
Korespondensi Bahasa Indonesia | 2 | 11.76% | 17.65% | 29.41% | 41.18% | 100 % | ||||||
Strategi Pembelajaran Bsi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Penulisan Kreatif | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Seminar Proposal | 2 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | |
PLP | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
Keterampilan Menulis | 2 | 25% | 25% | 8.33% | 25% | 16.67% | 100 % | |||||
Apresiasi Sastra | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Strategi Belajar Mengajar | 2 | 13.33% | 6.67% | 46.67% | 33.33% | 100 % | ||||||
Sastra Digital | 2 | 78.57% | 21.43% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikembangkan berdasarkan landasan filosofis, sosiologis, psikologis, dan yuridis.
- Kurikulum ini menggunakan (1) filsafat Pancasila sebagai landasan filosofis utama yang berakar pada pandangan tentang manusia dan pendidikan. Pendidikan memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Landasan utamanya sejalan dengan Pembukaan UUD 1945,yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa dan mencerdaskan negeri, memajukan kesejahteraan umum, serta turut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Filsafat Pancasila memberikan relevansi kurikulum dengan kesadaran akan jati diri bahwa pendidikan yang hakiki adalah pendidikan yang kurikulumnya mengarah pada pembangunan Indonesia menjadi bangsa yang maju, modern, bermoral, dan berdisiplin, mempunyai etos kerja yang tinggi. , menguasai kemampuan teknis dan profesional, mempunyai sikap rasional dan kemampuan intelektual, bersifat demokratis serta bertanggung jawab dan sejahtera;
- Filosofi eksistensial menunjukkan bahwa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia memperkuat eksistensi peran dan fungsi peserta didik bahasa dan sastra di tengah perkembangan Indonesia; (3) Filsafat konstruktivis menjadi landasan bahwa program studi bahasa dan sastra Indonesia senantiasa mendorong peserta didik untuk mengembangkan, membangun, dan menciptakan produk- produk bahasa dan sastra Indonesia secara kreatif dan inovatif.
- Landasan sosiologi digunakan untuk memperkuat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Program sebagai lembaga sosial yang penting bagi terciptanya demokrasi kehidupan masyarakat melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Secara sosiologis, kurikulum Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dirancang untuk memecahkan permasalahan terkait rekonstruksi sosial dengan segala permasalahan sosial yang timbul seperti disintegrasi sosial, konflik antaretnis, dan kekerasan. Selain itu, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi kesenjangan sosial ekonomi yang semakin meningkat akibat perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat. Terlebih lagi untuk menguatkan jati diri seseorang di era komunikasi tanpa batas tanpa mengucilkan diri dari persoalan informasi dan komunikasi melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Landasan psikologis digunakan untuk meningkatkan peran PBSI dalam proses peningkatan dan pengembangan inspirasi dan budaya nilai-nilai akademik dan praktis. Nilai-nilai tersebut berorientasi pada nilai-nilai dasar berupa keimanan dan ketakwaan, kemandirian, kebangsaan, keseimbangan pengembangan kepribadian dan kecerdasan peserta didik, kebudayaan, kemandirian, serta kemanusiaan dan kekeluargaan melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Landasan yuridis kurikulum ini menggunakan peraturan yang berlaku saat ini. UUD 1945 merupakan landasan yuridis yang menunjukkan bahwa pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang progresif dalam tatanan kehidupan nasional. Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Pendidikan Tinggi dijadikan pedoman dasar pengembangan kurikulum PBSI agar mempunyai kesesuaian fungsional dan keterpaduan sebagai kesatuan bangsa dan Negara Indonesia.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved