Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Unesa
| Program Studi | : | S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia | 
| Tanggal Berdiri | : | 11 Juli 1996 | 
| Koordinator Program Studi | : | RESDIANTO PERMATA RAHARJO | 
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
			Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter, profesional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan
- Menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan yang berbasis kewirausahaan dengan memperhatikan keunggulan Unesa (seni budaya, olahraga, dan disabilitas)
- Mewujudkan tata kelola Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan;
- Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan lembaga internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis kewirausahaan
Visi
Menjadi program studi yang unggul pada bidang pendidikan dan pengembangan keilmuan bahasa dan sastra Indonesia yang tangguh, adaptif, dan inovatif, berbasis kewirausahaan dan berdaya saing regional dan internasionalMisi
- Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, dengan penguatan kompetensi profesional sebagai pendidik bahasa Indonesia, guru BIPA, dan pembelajaran bahasa bagi ABK
- Mengembangkan riset inovatif dan berkelanjutan di bidang pendidikan, bahasa, dan sastra yang adaptif terhadap kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset yang relevan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks multikultural dan inklusif
- Menginternalisasi jiwa kewirausahaan dan kemandirian profesional kepada mahasiswa melalui pengembangan produk inovatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia
- Menyelenggarakan tata kelola prodi PBSI yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, yang menjamin mutu secara berkelanjutan
- Memperluas jejaring kerja sama nasional dan internasional yang produktif untuk menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain berbasis kewirausahaan pada bidang kependidikan dan nonkependidikan
Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
			Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 
Universitas Negeri Surabaya
			- Pendidik Bahasa IndonesiaGuru yang telah menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia disertai dengan kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian 
- Guru BIPAGuru yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang toleran, disiplin, bertanggung jawab, inovatif, peduli, dan solutif dan merasakan pandangan global 
- Terapis ABK dengan masalah keterampilan bahasaTerapis yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter sabar, penyayang, inspiratif, peduli, bijaksana, demokratis, dan solutif 
- Peneliti bahasa dan sastraPeneliti yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang teliti, obyektif, jujur, dan bertanggung jawab 
- Pengusaha dalam bidang bahasaPengusaha yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter kreatif, inovatif, komunikatif, mandiri, dan tangguh 
Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
			Kurikulum 2025
				Semester ke 1
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					100000202x 
					Pendidikan Agama  (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan 
					2.00 
					✔ 
					 
					8820102233 
					BAHASA INGGRIS PBSI 
					2.00 
					 
					8820102189 
					DASAR KEPENDIDIKAN 
					2.00 
					 
					8820102043 
					FONOLOGI 
					2.00 
					 
					8820102055 
					KETERAMPILAN BERBICARA 
					2.00 
					 
					8820102060 
					KETERAMPILAN MENYIMAK 
					2.00 
					 
					8820102103 
					PENGANTAR LINGUISTIK 
					2.00 
					 
					8820102141 
					SEJARAH SASTRA 
					2.00 
					 
					8820102165 
					TEORI SASTRA 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 2
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					8820102012 
					APRESIASI PROSA 
					2.00 
					 
					8820102015 
					APRESIASI PUISI 
					2.00 
					 
					1000002003 
					BAHASA INDONESIA 
					2.00 
					 
					8820102058 
					KETERAMPILAN MEMBACA 
					2.00 
					 
					8820102089 
					MORFOLOGI 
					2.00 
					 
					1000002018 
					PANCASILA 
					2.00 
					 
					1000002047 
					PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN 
					2.00 
					 
					8820102131 
					PSIKOLINGUISTIK 
					2.00 
					 
					8820102154 
					STRATEGI PEMBELAJARAN 
					2.00 
					 
					8820102182 
					TEORI BELAJAR 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 3
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					8820102010 
					APRESIASI DRAMA 
					2.00 
					 
					8820102024 
					BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS 
					2.00 
					 
					1000002033 
					KEWARGANEGARAAN 
					2.00 
					 
					8820102067 
					KRITIK SASTRA 
					2.00 
					 
					8820102184 
					KURIKULUM SEKOLAH 
					2.00 
					 
					8820102235 
					PEMBELAJARAN BIPA 
					2.00 
					 
					8820102045 
					PSIKOLOGI SASTRA 
					2.00 
					 
					8820102137 
					SASTRA ANAK 
					2.00 
					 
					8820102143 
					SEMANTIK 
					2.00 
					 
					8820103234 
					SINTAKSIS 
					3.00 
					 
					8820102151 
					STATISTIKA 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 4
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					8820102005 
					ANALISIS WACANA 
					2.00 
					 
					8820102198 
					EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 
					2.00 
					 
					8820102223 
					KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MICRO 
					2.00 
					 
					8820103185 
					KETERAMPILAN MENULIS 
					3.00 
					 
					1000002176 
					KEWIRAUSAHAAN 
					2.00 
					 
					8820102066 
					KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA 
					2.00 
					 
					8820103200 
					METODE PENELITIAN 
					3.00 
					 
					8820102196 
					PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 
					2.00 
					 
					8820102236 
					PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN MEDIA 
					2.00 
					 
					8820102112 
					PENULISAN KARYA ILMIAH 
					2.00 
					 
					8820102186 
					PERENCANAAN PEMBELAJARAN 
					2.00 
					 
					8820102149 
					SOSIOLINGUISTIK 
					2.00 
					 
					8820102150 
					SOSIOLOGI SASTRA 
					2.00 
					 								
							
						
				Semester ke 7
						
							
								
									
										Kode 
										Mata Kuliah 
										SKS 
										Wajib? 
									 
								
								
									
					8820102238 
					LINGUISTIK FORENSIK 
					2.00 
					 
					8820102240 
					PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ABK 
					2.00 
					 
					8820102239 
					PENGEMBANGAN KURIKULUM BIPA 
					2.00 
					 								
							
						
						
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 100000202x | Pendidikan Agama  (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan | 2.00 | ✔ | 
| 8820102233 | BAHASA INGGRIS PBSI | 2.00 | |
| 8820102189 | DASAR KEPENDIDIKAN | 2.00 | |
| 8820102043 | FONOLOGI | 2.00 | |
| 8820102055 | KETERAMPILAN BERBICARA | 2.00 | |
| 8820102060 | KETERAMPILAN MENYIMAK | 2.00 | |
| 8820102103 | PENGANTAR LINGUISTIK | 2.00 | |
| 8820102141 | SEJARAH SASTRA | 2.00 | |
| 8820102165 | TEORI SASTRA | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 8820102012 | APRESIASI PROSA | 2.00 | |
| 8820102015 | APRESIASI PUISI | 2.00 | |
| 1000002003 | BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
| 8820102058 | KETERAMPILAN MEMBACA | 2.00 | |
| 8820102089 | MORFOLOGI | 2.00 | |
| 1000002018 | PANCASILA | 2.00 | |
| 1000002047 | PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN | 2.00 | |
| 8820102131 | PSIKOLINGUISTIK | 2.00 | |
| 8820102154 | STRATEGI PEMBELAJARAN | 2.00 | |
| 8820102182 | TEORI BELAJAR | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 8820102010 | APRESIASI DRAMA | 2.00 | |
| 8820102024 | BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS | 2.00 | |
| 1000002033 | KEWARGANEGARAAN | 2.00 | |
| 8820102067 | KRITIK SASTRA | 2.00 | |
| 8820102184 | KURIKULUM SEKOLAH | 2.00 | |
| 8820102235 | PEMBELAJARAN BIPA | 2.00 | |
| 8820102045 | PSIKOLOGI SASTRA | 2.00 | |
| 8820102137 | SASTRA ANAK | 2.00 | |
| 8820102143 | SEMANTIK | 2.00 | |
| 8820103234 | SINTAKSIS | 3.00 | |
| 8820102151 | STATISTIKA | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 8820102005 | ANALISIS WACANA | 2.00 | |
| 8820102198 | EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
| 8820102223 | KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MICRO | 2.00 | |
| 8820103185 | KETERAMPILAN MENULIS | 3.00 | |
| 1000002176 | KEWIRAUSAHAAN | 2.00 | |
| 8820102066 | KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA | 2.00 | |
| 8820103200 | METODE PENELITIAN | 3.00 | |
| 8820102196 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR | 2.00 | |
| 8820102236 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DAN MEDIA | 2.00 | |
| 8820102112 | PENULISAN KARYA ILMIAH | 2.00 | |
| 8820102186 | PERENCANAAN PEMBELAJARAN | 2.00 | |
| 8820102149 | SOSIOLINGUISTIK | 2.00 | |
| 8820102150 | SOSIOLOGI SASTRA | 2.00 | 
| Kode | Mata Kuliah | SKS | Wajib? | 
|---|---|---|---|
| 8820102238 | LINGUISTIK FORENSIK | 2.00 | |
| 8820102240 | PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ABK | 2.00 | |
| 8820102239 | PENGEMBANGAN KURIKULUM BIPA | 2.00 | 
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
			Evaluasi kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNESA dilakukan dengan tujuan untuk menilai efektivitas kurikulum yang ada, serta menyesuaikannya dengan kebutuhan pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa, dosen, alumni, dan dunia industri. Proses evaluasi dilakukan melalui audit kurikulum dan pembelajaran, pengumpulan data dari berbagai sumber, antara lain survei kepada mahasiswa, wawancara dengan dosen, serta tracer study alumni. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menemukan kelebihan dan kekurangan kurikulum yang diterapkan.
Evaluasi kurikulum dilakukan melalui beberapa tahap, dimulai dengan audit kurikulum, pengumpulan data dari mahasiswa, dosen, dan alumni. Audit kurikulum dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk mengetahui kualitas kurikulum dan pembaruan matakuliah, RPS, referensi, serta keterkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Mahasiswa memberikan umpan balik terkait relevansi materi, metode pengajaran, dan pengembangan keterampilan yang diperoleh. Dosen diminta untuk mengevaluasi kesesuaian kurikulum dengan standar pengajaran dan tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Tracer study alumni berfokus pada relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja dan kompetensi yang dimiliki oleh alumni setelah lulus. Selain itu, diskusi dengan praktisi di bidang bahasa dan sastra juga dilakukan untuk mendapatkan masukan terkait perkembangan terkini yang perlu diintegrasikan dalam kurikulum. Hasil evaluasi kemudian disusun dalam bentuk laporan yang berisi temuan dan rekomendasi perbaikan.
Hasil tracer study, ditemukan beberapa kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam kurikulum, antara lain alumni menyarankan agar kurikulum dapat mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan praktis yang lebih aplikatif di dunia kerja, seperti penulisan kreatif, komunikasi profesional, dan penggunaan teknologi dalam pendidikan. Dunia industri menginginkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan industri. Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan lebih banyak pelatihan terkait kewirausahaan dan keterampilan yang dapat diterapkan langsung di lapangan. Alumni mengharapkan kurikulum lebih mengakomodasi pembelajaran mengenai sastra daerah dan budaya lokal untuk memberikan wawasan yang lebih kaya mengenai keberagaman budaya Indonesia.
Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
			 | Nama Matakuliah | Sks | Capaian Lulusan (CPL) | Total | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| CPL1 | CPL2 | CPL3 | CPL4 | CPL5 | CPL6 | CPL7 | CPL8 | CPL10 | CPL11 | |||
| Sastra Anak | 2 | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 7.69% | 15.38% | 15.38% | 7.69% | 7.69% | 15.38% | 7.69% | 99.97 % | 
| Psikolinguistik | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||
| Sosiologi Sastra | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | |||||||
| Semantik | 2 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | ||||||
| Psikologi Sastra*** | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Sosiolinguistik | 2 | 27.27% | 27.27% | 18.18% | 27.27% | 99.99 % | ||||||
| Sintaksis | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Sintaksis | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Bahasa Inggris | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Dasar Kependidikan | 2 | 20% | 20% | 40% | 20% | 100 % | ||||||
| Apresiasi Prosa | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Pengantar Linguistik | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Media Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Metodologi Penelitian Pendidikan | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Pembelajaran Inovatif I | 3 | 100% | 100 % | |||||||||
| Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Micro | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Pembelajaran BIPA Dasar | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Apresiasi Puisi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Keterampilan Menyimak | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||
| Sejarah Sastra | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
| Keterampilan Berbicara | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| micro teaching | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Penelitian Filologi | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||
| Kritik Sastra | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Supervisi Pembelajaran | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Asesmen Proses dan Hasil Belajar | 3 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||
| Keterampilan Membaca | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Apresiasi Drama | 2 | 13.64% | 18.18% | 36.36% | 31.82% | 100 % | ||||||
| Keterampilan Menulis | 4 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||
| Fonologi | 2 | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 100 % | ||||||
| Morfologi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Teori Sastra | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Teori Belajar | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
| Perencanaan Pembelajaran | 2 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
| Kurikulum Sekolah | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Penulisan Karya Ilmiah | 4 | 20% | 40% | 33.33% | 6.67% | 100 % | ||||||
| Korespondensi | 4 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||
| Penyuntingan | 4 | 100% | 100 % | |||||||||
| Penulisan Jurnalistik | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||
| Metode Penelitian | 3 | 28.57% | 42.86% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||||
| Pembelajaran BIPA Tingkat Lanjut | 2 | 40% | 20% | 20% | 20% | 100 % | ||||||
| Penulisan Kreatif | 4 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Filsafat Ilmu | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Sastra Lisan *** | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DASAR | 2 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | |||
| BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TINGKAT LANJUT | 2 | 60% | 40% | 100 % | ||||||||
| Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Antropologi Sastra*** | 2 | 18.75% | 25% | 43.75% | 12.5% | 100 % | ||||||
| Grafologi** | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Analisis Wacana | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Jurnalistik | 2 | 22.22% | 11.11% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||
| Pengantar Filologi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Bahasa Sanskerta | 3 | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||
| Kepewaraan** | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
| Psikologi Sastra | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | ||||||
| Korespondensi | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| PRAGMATIK | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Korespondensi Bahasa Indonesia | 2 | 11.76% | 17.65% | 29.41% | 41.18% | 100 % | ||||||
| Strategi Pembelajaran Bsi | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Penulisan Kreatif | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
| Seminar Proposal | 2 | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 99.99 % | |
| PLP | 4 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||
| Keterampilan Menulis | 2 | 25% | 25% | 8.33% | 25% | 16.67% | 100 % | |||||
| Apresiasi Sastra | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
| Strategi Belajar Mengajar | 2 | 13.33% | 6.67% | 46.67% | 33.33% | 100 % | ||||||
| Sastra Digital | 2 | 78.57% | 21.43% | 100 % | ||||||||
| Pengembangan Kurikulum BIPA | 2 | 33.33% | 66.67% | 100 % | ||||||||
| Linguistik Forensik | 2 | 14.29% | 35.71% | 28.57% | 7.14% | 14.29% | 100 % | |||||
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
			Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikembangkan berdasarkan landasan filosofis, sosiologis, psikologis, dan yuridis.
- Kurikulum ini menggunakan (1) filsafat Pancasila sebagai landasan filosofis utama yang berakar pada pandangan tentang manusia dan pendidikan. Pendidikan memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Landasan utamanya sejalan dengan Pembukaan UUD 1945,yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa dan mencerdaskan negeri, memajukan kesejahteraan umum, serta turut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Filsafat Pancasila memberikan relevansi kurikulum dengan kesadaran akan jati diri bahwa pendidikan yang hakiki adalah pendidikan yang kurikulumnya mengarah pada pembangunan Indonesia menjadi bangsa yang maju, modern, bermoral, dan berdisiplin, mempunyai etos kerja yang tinggi. , menguasai kemampuan teknis dan profesional, mempunyai sikap rasional dan kemampuan intelektual, bersifat demokratis serta bertanggung jawab dan sejahtera;
- Filosofi eksistensial menunjukkan bahwa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia memperkuat eksistensi peran dan fungsi peserta didik bahasa dan sastra di tengah perkembangan Indonesia; (3) Filsafat konstruktivis menjadi landasan bahwa program studi bahasa dan sastra Indonesia senantiasa mendorong peserta didik untuk mengembangkan, membangun, dan menciptakan produk- produk bahasa dan sastra Indonesia secara kreatif dan inovatif.
- Landasan sosiologi digunakan untuk memperkuat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Program sebagai lembaga sosial yang penting bagi terciptanya demokrasi kehidupan masyarakat melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Secara sosiologis, kurikulum Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dirancang untuk memecahkan permasalahan terkait rekonstruksi sosial dengan segala permasalahan sosial yang timbul seperti disintegrasi sosial, konflik antaretnis, dan kekerasan. Selain itu, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi kesenjangan sosial ekonomi yang semakin meningkat akibat perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat. Terlebih lagi untuk menguatkan jati diri seseorang di era komunikasi tanpa batas tanpa mengucilkan diri dari persoalan informasi dan komunikasi melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Landasan psikologis digunakan untuk meningkatkan peran PBSI dalam proses peningkatan dan pengembangan inspirasi dan budaya nilai-nilai akademik dan praktis. Nilai-nilai tersebut berorientasi pada nilai-nilai dasar berupa keimanan dan ketakwaan, kemandirian, kebangsaan, keseimbangan pengembangan kepribadian dan kecerdasan peserta didik, kebudayaan, kemandirian, serta kemanusiaan dan kekeluargaan melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
- Landasan yuridis kurikulum ini menggunakan peraturan yang berlaku saat ini. UUD 1945 merupakan landasan yuridis yang menunjukkan bahwa pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang progresif dalam tatanan kehidupan nasional. Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Pendidikan Tinggi dijadikan pedoman dasar pengembangan kurikulum PBSI agar mempunyai kesesuaian fungsional dan keterpaduan sebagai kesatuan bangsa dan Negara Indonesia.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved



 
 
			 
 
			 
 
			 
 
			