•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Unesa

 
Program Studi  :  S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Tanggal Berdiri  :  11 Juli 1996
Koordinator Program Studi  :  RESDIANTO PERMATA RAHARJO
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, profesional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan
  2. Menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan
  3. Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan yang berbasis kewirausahaan dengan memperhatikan keunggulan Unesa (seni budaya, olahraga, dan disabilitas)
  4. Mewujudkan tata kelola Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan;
  5. Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan lembaga internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis kewirausahaan

Visi
Menjadi program studi yang unggul pada bidang pendidikan dan pengembangan keilmuan bahasa dan sastra Indonesia yang tangguh, adaptif, dan inovatif, berbasis kewirausahaan dan berdaya saing regional dan internasional
Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang unggul dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, dengan penguatan kompetensi profesional sebagai pendidik bahasa Indonesia, guru BIPA, dan pembelajaran bahasa bagi ABK
  2. Mengembangkan riset inovatif dan berkelanjutan di bidang pendidikan, bahasa, dan sastra yang adaptif terhadap kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil riset yang relevan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks multikultural dan inklusif
  4. Menginternalisasi jiwa kewirausahaan dan kemandirian profesional kepada mahasiswa melalui pengembangan produk inovatif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia
  5. Menyelenggarakan tata kelola prodi PBSI yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel, yang menjamin mutu secara berkelanjutan
  6. Memperluas jejaring kerja sama nasional dan internasional yang produktif untuk menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam ilmu bahasa, sastra, seni, dan desain berbasis kewirausahaan pada bidang kependidikan dan nonkependidikan

Capaian Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
CPL-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

CPL-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

CPL-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

CPL-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

CPL-5 Berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa, dan negara serta kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila

CPL-6 Menjadi warga negara yang bangga dan cinta tanah air, menghargai keragaman budaya, bekerja sama, dan memiliki kepekaan diri, sosial, dan lingkungan yang tinggi

CPL-7 Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan

CPL-8 Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Dibebankan pada matakuliah:

CPL-10 Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus

CPL-11 Mampu berbicara dan menulis tentang bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks sehari-hari/umum, akademik, dan kerja; dan mampu menggunakan salah satu dari beberapa bahasa daerah

Profil Lulusan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Bahasa Indonesia

    Guru yang telah menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia disertai dengan kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian

  • Guru BIPA

    Guru yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang toleran, disiplin, bertanggung jawab, inovatif, peduli, dan solutif dan merasakan pandangan global

  • Terapis ABK dengan masalah keterampilan bahasa

    Terapis yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter sabar, penyayang, inspiratif, peduli, bijaksana, demokratis, dan solutif

  • Peneliti bahasa dan sastra

    Peneliti yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang teliti, obyektif, jujur, dan bertanggung jawab

  • Pengusaha dalam bidang bahasa

    Pengusaha yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter kreatif, inovatif, komunikatif, mandiri, dan tangguh


Struktur Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum S1 Pend Bahasa Dan Sastra Indonesia 2024-2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820102043 FONOLOGI 2.00
8820102055 KETERAMPILAN BERBICARA 2.00
8820102058 KETERAMPILAN MEMBACA 2.00
8820102237 PENYUNTINGAN BAHASA INDONESIA 2.00
8820102165 TEORI SASTRA 2.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00 ✔
1000002005 DASAR-DASAR PENDIDIKAN 2.00
8820102060 KETERAMPILAN MENYIMAK 2.00
8820102076 LINGUISTIK UMUM 2.00
1000002046 LITERASI DIGITAL 2.00
8820102141 SEJARAH SASTRA 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820102015 APRESIASI PUISI 2.00
1000002018 PANCASILA 2.00
1000002003 BAHASA INDONESIA 2.00
8820102089 MORFOLOGI 2.00
1000002047 PENDIDIKAN JASMANI DAN KEBUGARAN 2.00
8820102131 PSIKOLINGUISTIK 2.00
8820102045 PSIKOLOGI SASTRA 2.00
8820102227 STRATEGI BELAJAR MENGAJAR 2.00
8820102182 TEORI BELAJAR 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820102010 APRESIASI DRAMA 2.00
8820102187 PEMBELAJARAN BIPA DASAR 2.00
8820102186 PERENCANAAN PEMBELAJARAN 2.00
8820102128 PRAGMATIK 2.00
1000002033 KEWARGANEGARAAN 2.00
8820102067 KRITIK SASTRA 2.00
8820102184 KURIKULUM SEKOLAH 2.00
8820104147 SINTAKSIS 4.00
8820102151 STATISTIKA 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820102005 ANALISIS WACANA 2.00
8820103185 KETERAMPILAN MENULIS 3.00
8820102228 APRESIASI SASTRA 2.00
8820102198 EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN 2.00
1000002176 KEWIRAUSAHAAN 2.00
8820103200 METODE PENELITIAN 3.00
8820102196 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR 2.00
8820102139 SASTRA LISAN *** 2.00
8820102143 SEMANTIK 2.00
8820102149 SOSIOLINGUISTIK 2.00
8820102150 SOSIOLOGI SASTRA 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820102207 KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO 2.00
MBKM0037 PROYEK DESA EVALUASI PROGRAM 2.00
MBKM0038 PROYEK DESA PERENCANAAN PROGRAM 2.00
MBKM0013 PROYEK DI DESA EVALUASI PROGRAM 3.00
MBKM0014 PROYEK DI DESA PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
MBKM0015 PROYEK DI DESA PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
MBKM0016 PROYEK DI DESA PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
MBKM0017 PROYEK DI DESA PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
MBKM0018 PROYEK DI DESA PERANCANGAN PROGRAM 3.00
MBKM0039 PROYEK KEMANUSIAAN EVALUASI PROGRAM 2.00
MBKM0026 PROYEK KEMANUSIAAN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
MBKM0042 STUDI INDEPENDEN PERENCANAAN PROGRAM 2.00
MBKM0033 ASISTENSI MENGAJAR EVALUASI PROGRAM 2.00
MBKM0002 ASISTENSI MENGAJAR MENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
MBKM0003 ASISTENSI MENGAJAR PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
MBKM0004 ASISTENSI MENGAJAR PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
MBKM0005 ASISTENSI MENGAJAR PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
MBKM0006 ASISTENSI MENGAJAR PERANCANGAN PROGRAM 3.00
MBKM0027 PROYEK KEMANUSIAAN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
MBKM0028 PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
MBKM0029 PROYEK KEMANUSIAAN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
MBKM0030 PROYEK KEMANUSIAAN PERANCANGAN PROGRAM 3.00
MBKM0040 PROYEK KEMANUSIAAN PERENCANAAN PROGRAM 2.00
MBKM0041 STUDI INDEPENDEN EVALUASI PROGRAM 2.00
MBKM0020 STUDI INDEPENDEN PELAKSANAAN PROGRAM 4.00
MBKM0021 STUDI INDEPENDEN PENDESIMINASIAN PROGRAM 3.00
MBKM0022 STUDI INDEPENDEN PENGEMBANGAN LAPORAN 3.00
MBKM0023 STUDI INDEPENDEN PENGEMBANGAN PERANGKAT 4.00
MBKM0024 STUDI INDEPENDEN PERANCANGAN PROGRAM 3.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820120220 PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP) 20.00
1000002104 SEMINAR PROPOSAL TUGAS AKHIR 2.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah SKS Wajib?
8820104213 PENULISAN JURNALISTIK 4.00
8820104211 PENULISAN KARYA ILMIAH 4.00
8820104114 PENULISAN KREATIF 4.00
8820104212 PENYUNTINGAN 4.00
8820104214 KORESPONDENSI 4.00
8820104229 SKRIPSI 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNESA dilakukan dengan tujuan untuk menilai efektivitas kurikulum yang ada, serta menyesuaikannya dengan kebutuhan pemangku kepentingan, termasuk mahasiswa, dosen, alumni, dan dunia industri. Proses evaluasi dilakukan melalui audit kurikulum dan pembelajaran, pengumpulan data dari berbagai sumber, antara lain survei kepada mahasiswa, wawancara dengan dosen, serta tracer study alumni. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk menemukan kelebihan dan kekurangan kurikulum yang diterapkan.
Evaluasi kurikulum dilakukan melalui beberapa tahap, dimulai dengan audit kurikulum, pengumpulan data dari mahasiswa, dosen, dan alumni. Audit kurikulum dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk mengetahui kualitas kurikulum dan pembaruan matakuliah, RPS, referensi, serta keterkaitan dengan kebutuhan masyarakat. Mahasiswa memberikan umpan balik terkait relevansi materi, metode pengajaran, dan pengembangan keterampilan yang diperoleh. Dosen diminta untuk mengevaluasi kesesuaian kurikulum dengan standar pengajaran dan tantangan yang dihadapi selama proses pembelajaran. Tracer study alumni berfokus pada relevansi kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja dan kompetensi yang dimiliki oleh alumni setelah lulus. Selain itu, diskusi dengan praktisi di bidang bahasa dan sastra juga dilakukan untuk mendapatkan masukan terkait perkembangan terkini yang perlu diintegrasikan dalam kurikulum. Hasil evaluasi kemudian disusun dalam bentuk laporan yang berisi temuan dan rekomendasi perbaikan.
Hasil tracer study, ditemukan beberapa kebutuhan yang perlu dipenuhi dalam kurikulum, antara lain alumni menyarankan agar kurikulum dapat mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan praktis yang lebih aplikatif di dunia kerja, seperti penulisan kreatif, komunikasi profesional, dan penggunaan teknologi dalam pendidikan. Dunia industri menginginkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan industri. Oleh karena itu, penting untuk mengintegrasikan lebih banyak pelatihan terkait kewirausahaan dan keterampilan yang dapat diterapkan langsung di lapangan. Alumni mengharapkan kurikulum lebih mengakomodasi pembelajaran mengenai sastra daerah dan budaya lokal untuk memberikan wawasan yang lebih kaya mengenai keberagaman budaya Indonesia.

Rekap CPL Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Capaian Lulusan (CPL) Total
CPL1CPL2CPL3CPL4CPL5CPL6CPL7CPL8CPL10CPL11
Sastra Anak 2 7.69% 7.69% 7.69% 7.69% 15.38% 15.38% 7.69% 7.69% 15.38% 7.69% 99.97 %
Psikolinguistik 2 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
Sosiologi Sastra 2 25% 50% 25% 100 %
Semantik 2 20% 20% 20% 40% 100 %
Psikologi Sastra*** 2 50% 50% 100 %
Sosiolinguistik 2 27.27% 27.27% 18.18% 27.27% 99.99 %
Sintaksis 4 50% 50% 100 %
Sintaksis 2 50% 50% 100 %
Bahasa Inggris 2 50% 50% 100 %
Dasar Kependidikan 2 20% 20% 40% 20% 100 %
Apresiasi Prosa 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Pengantar Linguistik 2 50% 50% 100 %
Media Pembelajaran 2 50% 50% 100 %
Metodologi Penelitian Pendidikan 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pembelajaran Inovatif I 3 100% 100 %
Evaluasi Belajar dan Pembelajaran 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Micro 2 50% 50% 100 %
Pembelajaran BIPA Dasar 2 50% 25% 25% 100 %
Apresiasi Puisi 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Keterampilan Menyimak 2 100% 100 %
Sejarah Sastra 2 50% 50% 100 %
Keterampilan Berbicara 2 100% 100 %
micro teaching 2 50% 50% 100 %
Penelitian Filologi 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Kritik Sastra 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Supervisi Pembelajaran 2 50% 50% 100 %
Asesmen Proses dan Hasil Belajar 3 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Keterampilan Membaca 2 50% 50% 100 %
Apresiasi Drama 2 13.64% 18.18% 36.36% 31.82% 100 %
Keterampilan Menulis 4 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Fonologi 2 50% 50% 100 %
Morfologi 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Teori Sastra 2 50% 50% 100 %
Teori Belajar 2 33.33% 16.67% 33.33% 16.67% 100 %
Perencanaan Pembelajaran 2 100% 100 %
Kurikulum Sekolah 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Penulisan Karya Ilmiah 4 20% 40% 33.33% 6.67% 100 %
Korespondensi 4 66.67% 33.33% 100 %
Penyuntingan 4 100% 100 %
Penulisan Jurnalistik 4 50% 50% 100 %
Pengembangan Bahan Ajar 2 16.67% 66.67% 16.67% 100 %
Metode Penelitian 3 28.57% 42.86% 14.29% 14.29% 100 %
Pembelajaran BIPA Tingkat Lanjut 2 40% 20% 20% 20% 100 %
Penulisan Kreatif 4 50% 50% 100 %
Filsafat Ilmu 2 50% 50% 100 %
Sastra Lisan *** 2 25% 25% 25% 25% 100 %
BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DASAR 2 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TINGKAT LANJUT 2 60% 40% 100 %
Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro 2 50% 50% 100 %
Antropologi Sastra*** 2 18.75% 25% 43.75% 12.5% 100 %
Grafologi** 2 50% 50% 100 %
Analisis Wacana 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Jurnalistik 2 22.22% 11.11% 33.33% 33.33% 99.99 %
Pengantar Filologi 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Bahasa Sanskerta 3 11.11% 22.22% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Kepewaraan** 2 100% 100 %
Psikologi Sastra 2 33.33% 16.67% 33.33% 16.67% 100 %
Korespondensi 2 50% 50% 100 %
PRAGMATIK 2 21.43% 28.57% 14.29% 35.71% 100 %
Korespondensi Bahasa Indonesia 2 11.76% 17.65% 29.41% 41.18% 100 %
Strategi Pembelajaran Bsi 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Penulisan Kreatif 2 50% 50% 100 %
Seminar Proposal 2 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 11.11% 99.99 %
PLP 4 25% 25% 25% 25% 100 %
Keterampilan Menulis 2 25% 25% 8.33% 25% 16.67% 100 %
Apresiasi Sastra 2 100% 100 %
Strategi Belajar Mengajar 2 13.33% 6.67% 46.67% 33.33% 100 %
Sastra Digital 2 78.57% 21.43% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum  Prodi Pendidikan  Bahasa  dan Sastra  Indonesia  dikembangkan berdasarkan landasan filosofis, sosiologis, psikologis, dan yuridis. 

  1. Kurikulum ini menggunakan (1) filsafat Pancasila sebagai landasan filosofis utama yang berakar pada pandangan tentang manusia dan pendidikan. Pendidikan memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Landasan utamanya sejalan dengan Pembukaan UUD 1945,yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa dan mencerdaskan negeri, memajukan kesejahteraan umum, serta turut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Filsafat Pancasila memberikan relevansi kurikulum dengan kesadaran akan jati diri bahwa pendidikan yang hakiki adalah  pendidikan  yang kurikulumnya  mengarah  pada pembangunan  Indonesia  menjadi bangsa yang maju, modern, bermoral, dan berdisiplin, mempunyai etos kerja yang tinggi. , menguasai kemampuan teknis dan profesional, mempunyai sikap rasional dan kemampuan intelektual, bersifat demokratis serta bertanggung jawab dan sejahtera; 
  2. Filosofi eksistensial menunjukkan bahwa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia memperkuat eksistensi peran dan fungsi peserta didik bahasa dan sastra di tengah perkembangan Indonesia; (3) Filsafat konstruktivis menjadi landasan bahwa program studi bahasa dan sastra Indonesia senantiasa mendorong  peserta didik  untuk  mengembangkan,  membangun, dan  menciptakan  produk- produk  bahasa dan  sastra  Indonesia secara  kreatif  dan inovatif. 
  3. Landasan  sosiologi digunakan untuk memperkuat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Program sebagai lembaga sosial yang penting bagi terciptanya demokrasi kehidupan masyarakat melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Secara sosiologis, kurikulum Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dirancang untuk memecahkan permasalahan terkait rekonstruksi sosial dengan segala permasalahan sosial yang timbul seperti disintegrasi sosial, konflik antaretnis, dan kekerasan. Selain itu, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi kesenjangan sosial ekonomi yang semakin meningkat akibat perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat. Terlebih lagi untuk menguatkan jati diri seseorang di era komunikasi tanpa batas tanpa mengucilkan  diri dari  persoalan  informasi dan  komunikasi  melalui pendidikan  bahasa  dan sastra Indonesia. 
  4. Landasan psikologis digunakan untuk meningkatkan peran PBSI dalam proses peningkatan dan pengembangan inspirasi dan budaya nilai-nilai akademik dan praktis. Nilai-nilai tersebut berorientasi pada nilai-nilai dasar berupa keimanan dan ketakwaan, kemandirian, kebangsaan, keseimbangan pengembangan kepribadian dan kecerdasan peserta didik, kebudayaan, kemandirian, serta kemanusiaan dan kekeluargaan melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 
  5. Landasan yuridis kurikulum ini menggunakan peraturan yang berlaku saat ini. UUD 1945 merupakan landasan yuridis yang menunjukkan bahwa pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang progresif dalam tatanan kehidupan nasional. Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Pendidikan Tinggi dijadikan pedoman dasar pengembangan kurikulum PBSI agar mempunyai kesesuaian fungsional dan keterpaduan sebagai kesatuan bangsa dan Negara Indonesia.